8 Gerakan Terbaik untuk Membentuk otot Tubuh

Bagi kamu yang sedang menjalan program pembentukan otot, tentu ada beberapa gerakan yang direkomendasikan agar otot kamu cepat terbentuk. Gerakan-gerakan ini biasanya dilakukan di tempat fitnes, namun kalau kamu ingin mencobanya di rumah juga bisa kok.

Berikut gerakan-gerakan yang dapat mempercepat pembentukan otot tubuh.

1. Deadlift

Deadlift adalah gerakan terbaik untuk membentuk otot tubuh. Gerakan ini sangat bagus bagi pemula untuk melatih dan memperbesar otot punggung. Tak hanya itu saja, gerakan deadlift juga dapat mengaktifkan otot-otot posterior, bahkan hampir semua otot di tubuh.

2. Bench Press

Kalau kamu ingin memperbesar otot dada, gerakan bench press adalah solusinya. gerakan ini sudah terbukti sejak lama dalam membentuk otot dada. Beberapa atlet terkenal seperti Arnold Schwarzenegger, Ronnie Coleman, Doug Young dan atlet-atlet binaraga lainnya memulai latihan mereka dengan gerakan bench press.

Gerakan ini cukup efektif karena gerakan ini membuat kamu dapat menggunakan beban yang lebih berat dari latihan upper body lainnya, sehingga menghasilkan perkembangan tubuh bagian atas yang signifikan.

3. Olympic Squat

Gerakan olympic Squat merupakan gerakan yang dapat membentuk otot kaki lebih kuat dan besar. Gerakan ini dilakukan dengan posisi bar di atas trapezius dan posisi kaki lebih sempit. Posisi dalam gerakan ini akan memaksa lutut menekuk melebihi ujung kaki dan membuat torso tetap tegak, sehingga otot kuadriseps akan menjadi lebih dominan. Gerakan ini juga dapat melatih otot gluteus dan hamstring. Sangat baik untuk pembentukan seluruh otot bagian kaki dan paha.

4. Overhead Press

Salah satu gerakan paling baik dalam membentuk dan memperbesar otot deltroid adalah gerakan overhead press. Gerakan ini juga dapat melatih otot triseps.

Yang perlu diperhatikan, ketika melakukan gerakan overhead press, pastikan tidak melakukan push press, yaitu membengkokkan lutut dan mengangkat beban dengan eksplosif. Kalau kamu melakukan gerakan ini, kakimu justru lebih berperan dalam gerakan dibandingkan otot deltroid.

gerakan fitnes terbaik

www.weighttraining.guide

 

 

5. Barbell Curl

Gerakan barbell curl dilakukan untuk melatih dan membentuk otot biseps. Caranya genggam bar yang lurus dengan posisi supinated grip (telapak tangan berada di atas). Dengan posisi tangan seperti ini, maka otot supinator akan terus bekerja, sehingga menghasilkan biseps yang lebih besar dan kuat.

Baca juga: Suplemen fitness terbaik untuk penunjang latihan beban

6. Bent-over Row

Selain Deadlift, gerakan untuk melatih dan membentuk otot punggung adalah bent-over row. Kunci dalam melakukan gerakan ini, pastikan kamu menarik tulang belikat secara bersamaan pada puncak gerakan agar otot punggung dapat terbentuk dengan optimal.

7. Wide-Grip Pull-Up

Gerakan untuk melatih otot punggung selanjutnya adalah wide-grip pull-up. Kalau dibandingkan gerakan grip normal, melakukan gerakan grip yang lebar mampu melatih otot lat dengan intensif.

gerakan ini dilakukan dengan memposisikan tangan pada bar agar lebih lebar dari bahu, kemudian menurunkan tubuh dampai tangan terentang penuh pada setiap rep. Dengan gerakan ini otot lat akan bekerja saat menarik tubuh ke atas sampai bar berada di dekat dada.

8. Skull Crusher

Skull crusher kadang disebut juga dengan triseps extension. Gerakan ini untuk membentuk otot triseps agar lebih kuat. Para binaragawan pasti sudah sangat familiar dengan gerakan skull crusher untuk melatih otot triseps.

Lakukan gerakan ini dengan memposisikan kedua siku berdekatan dan mengarah ke atas. Kemudian menggerakkan bar turun menuju dahi untuk memaksimalkan otot triseps.

Itulah beberapa gerakan terbaik dalam membentuk otot tubuh. Semoga bermanfaat.

Tags:,

Leave a Reply