Ingin Punya Ayam Jago Tangguh dan Juara? Kenali Ciri-cirinya Berikut Ini

AYAM JAGO – Kalau kamu kepengin memelihara ayam jago, entah untuk ayam laga atau hanya sebagai ayam hias. Sebelum membelinya, kamu perlu pastikan lebih dulu kalau ayam jago itu benar-benar berkualitas. Karena tidak semua ayam jago layak untuk dijadikan ayam laga, ya paling-paling nanti cuma bisa dijadikan ayam hias saja.

Sebelum kita membahas ciri ayam jago yang berkualitas, ada baiknya kita bahas jenis ayam jago yang biasanya dijadikan ayam laga. Ada yang asli dari Indonesia seperti ayam ciparage dari karawang, ayam kinantan dari Sumatra Utara, ayam gundul dari Bali. Ada juga yang didatangkan dari negeri seberang seperti Myanmar, Bangkok, Brazil, Taiwan dan lainnya.

Meskipun sudah memiliki ayam laga asli nusantara, kebanyakan kolektor ayam laga lebih mengenal ayam laga dari negeri seberang seperti ayam bangkok, ayam saigon, ayam birma, ayam siam, ayam brazil, ayam shamo, ayam pilipina, ayam taiwan, ayam pama, ayam pakhoe dan masih banyak lagi. Mungkin ini disebabkan karena ayam laga dari Indonesia kurang ‘sangar’ ketika bertarung.

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis ayam laga yang terkenal dari berbagai negara? Kalau kamu penasaran dengan detil jenis ayam laga tersebut, kita akan bahas detilnya di artikel yang lain, ya. Di tulisan kali ini kita akan fokus membahas ciri ayam jago yang berkualitas, yang layak untuk dijadikan ayam laga.

Apa saja ciri ayam jago yang berkualias itu? Yuk kita simak ciri-cirinya berikut ini.

1. Lincah

ayam jago lincah.

via: funny.yo-yoo.co.il

Ayam jago berkualitas bakal banyak gerak, selalu terlihat lincah, tidak loyo dan tidak mudah sakit. Kondisinya yang prima memungkinkan untuk dijadikan laga tanpa persiapan terlalu lama. Ia juga susah berdiam diri, maunya bergerak sepanjang waktu.

2. Kepala Model Buah Pinang

via: ayamaduanayambangkok.blogspot.com

via: ayamaduanayambangkok.blogspot.com

Ciri utama ayam jago kualitas juara adalah kepalanya bentuk buah pinang. Yaitu lonjong atau memanjang kedepan, semakin kedepan bentuk kepalanya semakin kecil. Kepala bagian atasnya agak membulat atau melengkung, kepala yang sedikit melengkung menunjukkan tulang kepala atas lebih kokoh dan tahan pukul.

3. Paruh Panjang dan Tebal

paruh ayam jago yang bagus panjang dan tebal

via: jagotarungindonesia.blogspot.com

Salah satu kekuatan dari ayam jago yang cukup diandalkan ketika bertarung adalah dari paruhnya, semakin panjang dan tebal paruhnya maka ayam jago tersebut semakin kuat dan tangguh. Jika paruhnya beralur (mengkerut) menandakan paruh ayam jago itu tebal. Biasanya paruh yang tebal berwarna putih bercampur hitam, semakin dominan warna hitam, paruh ayam itu semakin tebal.

4. Leher Lurus dan Tebal

leher ayam jago

via: kayon-bae.blogspot.com

Jika mau memilih ayam jago, pilihlah ayam yang lehernya lurus, sebab leher yang lurus menandakan ayam itu hasil dari peranakan yang bagus dan tidak cacat. Selain lurus lehernya kita juga harus mempertimbangkan ketebalan leher ayam itu. Semakin tebal lehernya ayam itu semakin sehat dan enerjik.

5. Badan Panjang

badan ayam jago

via: soloraya.com

Seperti halnya manusia yang kelihatan lebih gagah jika mempuyai badan atletis dan kekar. Dalam dunia ayam laga, ayam jago akan dianggap tangguh bila mempunyai badan gagah. Nah, ciri ayam itu gagah yaitu mempunyai badan kekar dan panjang. Dengan memiliki badan gagah ayam itu sulit untuk dirubuhkan oleh lawan.

6. Dada Bidang

ayam jago berkualitas mempunyai dada bidang

via: ayamger.blogspot.com

Masih berkaitan dengan badan kekar ayam jago. Ayam jago yang bagus untuk laga mempunyai dada bidang. Kalau ayam jago mempunyai badan kekar dan gagah tentunya juga mempunyai badan bidang. Dada bidang tidak harus terlalu menonjol kedepan, ia akan jelas terlihat ketika didukung dengan badan ayam yang tegap dan kekar.

7. Bahu Kuncup

bahu ayam jago sedikit terangkat keatas

via: ayamlover.blogspot.com

Ayam jago yang mempunyai bahu kuncup (sedikit terangkat keatas) memang banyak diburu para kolektor ayam laga. Namun untuk mendapatkan ayam jago berbahu kuncup cukup sulit, kita harus benar-benar paham bentuk badan ayam jago sebelum memutuskan untuk membelinya.

Rekomendasi bacaan: 9 Ayam Laga Paling Populer di Dunia

8. Sayap Rapat dan Panjang

sayap ayam jago

via: ayamkondang.blogspot.com

Bulu di bagian sayap terlihat rapat dan rapi dengan jarak tiap pangkal bulu yang merata. Panjang bulu proporsinya pas dengan bentuk badan tegap dan gagah.

9. Bentuk Ekor Bagus

ekor ayam jago

via: supinakalabis.blogspot.com

Bentuk ekor ayam jago yang bagus adalah bulunya lebat, panjang dan mengarah ke bawah. Bentuk ekor seperti ini ditopang dengan pangkal ekor besar (tebal) dan kaku. Dengan bentuk ekor seperti ini ayam jadi lebih agresif dan lincah saat bergerak.

10. Paha Ayam Pipih dan Berotot

paha ayam jago

via: ayambangkok10.wordpress.com

Paha ayam jago besar berotot serta berbentuk pipih, artinya jika dilihat dari arah samping ia kelihatan mempunyai paha besar (lebar) sedangkan dari depan pahanya terlihat tidak begitu besar. Ini membuat ayam ini lincah dalam melompat dan bergerak, namun tetap memiliki pukulan yang sangat kuat.

11. Mata Ayam Jago Cekung

mata ayam jago

Mata ayam jago yang bagus cenderung cekung ke dalam. Selain itu, alisnya terlihat menonjol dan pada bagian retina mata terlihat bersih dan tidak ada bercak.

Memang tidaklah mudah untuk menemukan ayam yang memiliki ciri-ciri di atas secara lengkap, akan tetapi paling tidak kita menemukan beberapa ciri sudahlah sangat bagus.

Cukup segitu dulu tulisan kali ini, apakah kamu sudah punya gambaran mau membeli ayam kualitas super seperti apa? Yuk berbagi pengalaman, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar atau langsung mengirim pesan email ke admin.

One Response

  1. Choirul Huda Desember 17, 2015

Leave a Reply