Bersihkan Udara Ruangan dari Debu dengan Tanaman Sansevieria

Tanaman hias Sansevieria sangat terkenal sebagai tanaman hias indoor. Kemampuan untuk beradaptasi dengan jumlah pencahayaan yang sedikit menjadikan tanaman sansevieria menjadi salah satu alternatif untuk dikoleksi. Sebagai tanaman indoor, sansevieria ternyata memiliki kelebihan lain yaitu mampu untuk mengurangi polusi pada udara.

Berikut ini merupakan ciri-ciri bahwa tanaman sansevieria mampu untuk mengurangi polusi pada udara.

1. Secara kinerja memang sulit untuk dideteksi namun perhatikan pada permukaan daun, jika diraba maka akan terdapat debu yang halus yang menempel pada permukaan daun tersebut. Debu-debu tersebut diikat dari udara yang melewati sekitar daun sansevieria tersebut.

2. Sansevieria memiliki permukaan daun yang berpori besar serta mempunyai enzim yang mampu mengikat debu. Debu-debu tersebut akan mengisi pori-pori permukaan daun. Maka sebaiknya dalam rentang waktu tertentu, bersihkan permukaan daun sansevieria dengan air agar debu yang menempel terlepas.

tanaman sansevieria

www.hgtv.com

3. Jika kondisi udara termasuk terpolusi yang parah, biasanya sebelum atau sesudah ditaruh tanaman sansevieria di ruangan tersebut maka akan terasa perbedaannya. Kondisi udara terasa lebih bersih.

Jika ingin mengoleksi tanaman hias jenis ini tidak harus yang berharga mahal, jika maksudnya untuk mengurangi polusi. Beli saja seperti pada gambar diatas, karena secara fungsi telah mencukupi. Tanaman sansevieria yang mahal biasanya dipertimbangkan dari waktu lambatnya pertumbuhannya dan kelangkaannya bukan atas kegunaannya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply