4 Manfaat Bersyukur yang Patut Kita Renungkan

Syukur adalah sebuah kata yang menggambarkan sikap yang luar biasa untuk mengalirkan makna yang tak terhingga. Dengan bersyukur menyadarkan kita akan luar biasa dahsyatnya nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Dengan bersyukur telah menyadarkan dan mengajarkan kita tentang kerendahan hati, bahwa usaha kita (baik dalam hal ibadah, bekerja, dll) tak sebanding dengan melimpah ruahnya nikmat Allah yang terus mengalir untuk kita nikmati.

Bahkan dengan bersyukur bisa menjadi jalan untuk mendapatkan nikmat Allah yang lebih, lebih dan lebih besar lagi. Tak percaya? Yuk kita simak Firman Allah subhanahu wa ta’ala berikut:

“Barangsiapa yang bersyukur kepada-Ku maka akan Aku tambah nikmat untuknya. Barangsiapa yang kufur, sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7)

Jika benar demikian, lantas mengapa kita enggan atau kadang lupa untuk bersyukur kepada-Nya? Bukankah segala apa yang kita punya saat ini, segala apa yang bisa kita rasakan saat ini adalah nikmat Allah?

“Seandainya bumi ini dijadikan kertas, pohon-pohon dijadikan pena dan air laut dijadikan tinta maka semua itu tidaklah cukup untuk menghitung nikmat Allah”

*Subhanallah :’).

Ada banyak manfaat dari bersyukur yang akan kita dapatkan, diantaranya:

Pahala yang akan Allah berikan

Bersyukur merupakan perintah Allah, ia merupakan sebuah kewajiban. Dan setiap kewajiban hendaknya ditunaikan karena akan ada pahala sebagai ganjarannya apabila dikerjakan dan dosa apabila ditinggalkan. Maka bersyukurlah!.

Mendapatkan tambahan nikmat dari Allah

Telah jelas sudah, di dalam surat Ibrahim ayat 7 bahwa Allah akan menambahkan nikmat bagi orang-orang yang senantiasa bersyukur. Dan janji Allah itu adalah sebuah kepastian. Maka bersyukurlah!

Memberikan ketenangan hati

Ya, hati orang-orang yang senantiasa bersyukur itu akan tenang. Kenapa? Karena dia merasa bahwa semuanya adalah nikmat dari Allah, kepunyaan Allah maka ia tak pernah risau dengan urusan dunia. Ia yakin bahwa Allah tak kan pernah mendzolimi hamba-hamba-Nya. Ikhtiar, do’a, lalu bertawakkal kepada-Nya.

syukur nikmat

500px.com

Bersyukur adalah sikap dan kebiasaan orang-orang sukses

Lalu akan muncul pertanyaan, “banyak tuh orang-orang sukses yg tak pernah bersyukur. Jangankan bersyukur, mendekatkan diri saja kepada Allah tidak pernah dilakukan”. Nah, satu bentuk kesalahan kita pada umumnya, menilai sukses adalah dengan melihat berdasarkan penilaian mata kita. Menilai sukses dari harta, jabatan, dan popularitas yang dimiliki seseorang.

Jika penilaian seperti itu, sungguh terlalu rendah dan terlalu kecil. Karena pribadi sukses yang sesungguhnya adalah pribadi yang mampu mensyukuri setiap nikmat yang didapatkannya dan mampu menjadi manfaat bagi orang lain. Bukankah Rasulullah telah mengingatkan bahwa, “orang yang paling mulia adalah orang yang bermafaat bagi orang lain”.

Orang yang sukses sesungguhnya adalah orang yang termuliakan karena mampu menjadi manfaat bagi orang lain. Harta kekayaan, jabatan atau popularitas hanya sebatas di tanggannya saja dan tak sampai dimasukkan ke dalam hati.

Mari kita lihat sejenak sahabat Rasulullah, Abdurrahman Bin ‘Auf. Seorang sahabat dengan kekayaan yang luar biasa, akan tetapi beliau tak pernah memuliakan harta. Sukses dengan berdagang tak menjadikannya menjadi seorang yang enggan untuk bersyukur. Bahkan sampai-sampai beliau menyedekahkan hartanya di jalan Allah. Itulah bentuk kesyukuran yang luar biasa. Menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Sungguh indah kehidupan dan pola hidup orang-orang yang senantiasa bersyukur. Ia indah, seindah mutiara. Kenikmatan yang berlebih diberikan Allah kepadanya tak pernah melalaikannya. Kenikmatan yang diberikan Allah justru semakin membuat dirinya banyak memuji Allah. Kenikmatan yang diberikan Allah digunakan untuk menegakkan agama Allah.

Semoga kita menjadi pribadi yang sukses dengan banyak bersyukur. Bukan hanya sukses di dunia akan tetapi juga sukses di akhirat. Karena sukses yang abadi adalah dengan kita dimasukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari api neraka. Semoga melalui jalan bersyukur menjadikan kita pribadi yang sukses dunia dan akhirat.. aamiin..

#YUKBERSYUKUR! ^_^

Leave a Reply