5 Jenis Burung yang Paling Aneh di Dunia

Burung Aneh – Hai kawan-kawan, ketemu lagi dengan blog santaisaja.net. Kali ini yang akan kita bahas adalah burung. Ya, Burung :3.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis dan spesies burung, sebagiannya sudah kita ketahui. Namun, yang belum kita tahu lebih banyak lagi, karena sebagian besar burung hidup di lingkungan hutan yang jauh dari pemukiman penduduk.

Dari spesies burung yang belum kita tahu tersebut, tentu saja banyak juga yang aneh, atau paling tidak aneh menurut kita sendiri. Kali ini kita akan membahas beberapa spesies yang aneh-aneh tersebut. Baiklah, mari kita simak bersama.

1. Helmeted Hornbill

Burung aneh ini berhabitat di wilayah Simenanjung Malaya, Sumatra dan borneo. Dari bentuk tubuh, sebagian besar dari titik berat, ada di kepalanya. Secara umum panjang burung Helmeted Hornbill sekitar 43 – 47 inci, tidak termasuk panjang bulu ekor. Panjang bulu ekor sendiri sekitar 20 inci.

Berat dari burung jantan sekitar 3.1 kg dan burung yang betina berkisar 2.7 kg. Makanan burung ini kebanyakan dari buah-buahan, meskipun terkadang juga memakan serangga.

2. Hoatzin

Hoatzin, atau dikenal juga dengan Hoactzin, Stinkbird, canje pheasant. Mempunyai habitat di wilayah tropis seperti di hutan Amazon dan di Oricho Delta Amerika Selatan.

Burung ini mempunyai panjang 65 cm dengan leher yang panjang tetapi berkepala kecil. Berwajah biru dan bermata Marun. Burung ini masuk ke binatang herbivora, memakan buah-buahan dan dedaunan.

3. Resplendent Quetzal

Burung ini ditemukan hidup di wilayah Mexico Selatan dan Panama Barat. Panjang dari burung ini berkisar antara 36 – 40 cm, ditambah 65 cm panjang ekor pada pejantannya.

Berat burung Resplendent Quetzal 210 gram, dengan bulu berwarna dominan hijau dan dada berwarna merah membuat burung ini nampak indah. Makanan utama burung ini juga buah-buahan, tetapi dia juga doyan makan serangga (semut, larva) katak bahkan kadal.

4. Hoopoe

Hoopoe ditemukan hidup di wilayah Afro Eurasia, Eropa, asia Sub Sahara Afrika dan Madagaskar. Burung ini berukuran kecil sekitar 25 – 32 cm dengan panjang sayap 44 – 48 cm. Makanan dari burung ini adalah serangga, reptil reptil kecil dan juga katak.

5. Sri Lanka Frogmouth

Seperti namanya, burung ini hidup di wilayah India Selatan dan Sri Lanka. Panjang burung ini 23 cm. Bisa dibilang burung ini tipe noctrunal, yaitu hewan yang aktifnya di malam hari untuk mencari makanan.

Warna burung ini hampir sama dengan lingkungannya, jadi seperti berkamuflase, jika tidak memperhatikan dengan teliti, mungkin akan terlewat dari penampakan burung ini

Tags:,

Leave a Reply