Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Membersihkan Karang Gigi – Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi memang harus dilakukan secara maksimal. Mempunyai Gigi yang bersih, putih dan sehat selain dapat menunjang penampilan, juga membuat seseorang menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain, baik dengan keluarga maupun rekan kerja.

Akan tetapi tidak sedikit orang yang mempunyai masalah pada giginya. Masalah yang sering timbul pada gigi adalah karang gigi/plak gigi.

Karang gigi (disebut juga plak gigi) merupakan kotoran yg menempel pada gigi yang timbul akibat adanya sisa-sisa makanan yg menggumpal atau bertumpuk pada sela-sela gigi. Hal ini terjadi karena kandungan garam pada air liur yang bersifat basa terkontaminasi oleh sisa-sisa makanan yg bersifat asam.

Timbulnya karang gigi juga diakibatkan karena seseorang malas menggosok gigi, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Sisa makanan yang menempel di gigi akan mengeras kemudian menjadi karang gigi.

Karang gigi kemudian akan menyebar ke seluruh bagian gigi dan menyebabkan bau mulut dalam waktu singkat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi, baik dengan metode medis yang dilakukan oleh dokter ahli gigi maupun secara alami (tradisional). Perbedaan metode medis maupun tradisional adalah dalam proses penyembuhannya.

Menghilangkan karang gigi dengan bantuan dokter gigi umumnya lebih cepat dibandingkan mengobati secara alami. Karena metode medis menggunakan alat-alat modern dan  canggih.

Akan tetapi metode tradisional lebih dianjurkan karena lebih aman untuk gigi serta tidak merusak email gigi. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips menghilangkan karang gigi secara alami. Tentunya metode ini layak anda coba dirumah.

Tips mencegah timbulnya karang gigi:

1. Berkumur Setelah Makan

membersihkan karang gigi dengan berkumur

500px.com

Karang gigi umumnya timbul karena terdapat sisa makanan pada gigi, anda dapat mengurangi sisa makanan yang menempel pada gigi dengan cara berkumur dengan air putih. Hal ini akan membantu menghilangkan bau mulut dan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

2. Menggosok Gigi Secara Teratur

cara membersihkan karang gigi secara alami

via: 500px.com

Menggososk gigi secara teratur minimal 2 kali sehari sangat ampuh menghilangkan karang gigi. karena kandungan flouride yang terdapat dalam pasta gigi dapat menghilangkan bakteri penyebab karang gigi.

3. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Penyebab Karang Gigi

menghilangkan karang gigi

via: 500px.com

Makanan yang banyak mengandung gula dan tepung merupakan penyebab karang gigi yang paling dominan. Kedua jenis makanan ini adalah pemicu timbulnya karang pada gigi.

Sedangkan merokok, minum kopi dan teh dapat memperparah karang gigi yang sudah terbentuk. Kafein yang terdapat pada rokok, kopi dan teh akan membuat karang gigi menjadi semakin cepat terbentuk dibandingkan jika anda tidak mengkonsumsinya.

4. Mengkonsumsi Buah-buahan Setelah Makan

cara ampuh membersihkan karang gigi

via: 500px.com

Mengkonsumsi buah setelah makan akan membantu membersihkan sisa makanan. Buah juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki email gigi yang telah rusak serta mencegah timbulnya bau mulut.

Rekomendasi bacaan: 8 Tips Merawat Rambut Rontok

beberapa cara diatas adalah tips mencegah timbulnya karang gigi. Jika gigi anda sudah terlanjur terkena karang gigi, berikut beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang patut anda coba:

1. Bersiwak

cara alami menghilangkan karang gigi

kayu siwak. image by: peacedeen.wordpress.com

Kayu siwak merupakan batang kayu yang dikenal mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut dari berbagai penyakit mulut. Siwak bahkan sudah dikenal sejak jaman Nabi Muhammad SAW.

Karena khasiatnya tersebut Nabi memerintahkan kepada umatnya untuk selalu membersihkan mulut dengan bersiwak setiap hendak melaksanakan shalat fardhu.

2. Mengkonsumsi Buah Apel

cara membersihkah karang gigi secara alami

via: independent.co.uk

Apel merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengangkat plak atau karang gigi secara alami.

Mengkonsumsi apel beserta kulitnya secara rutin dapat membantu membersihkan karang gigi secara alami. Apel juga membuat gigi anda menjadi lebih kuat.

3. Menggunakan Kulit Jeruk

kulit jeruk untuk menghilangkan karang gigi

via: muchadoaboutnoting.com

Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Vitamin C yang terkandung dalam kulit jeruk dapat membersihkan karang gigi.

Caranya dengan menggosokkan kulit jeruk bagian dalam ke gigi anda setelah makan. Jika dilakukan secara rutin dapat menghilangkan karang gigi serta menghilangkan bau mulut.

4. Getah Buah Sukun

hilangkan karang gigi dengan getah buah sukun

via: blog.tahiti-it.com

Getah buah sukun banyak terdapat di tanah jawa, getah buat sukun sudah digunakan secara turun-temurun untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk sakit gigi. Jika digunakan secara rutin dapat menghilangkan karang gigi secara efektif.

5. Menggunakan Cengkeh

 berkumur dengan cengkeh untuk bersihkan karang gigi secara alami

via: 5cense.com

Selain efektif untuk menghilangkan karang gigi, cengkeh juga akan membuat nafas anda menjadi lebih segar. Caranya ambil beberapa butir buah cengkeh, tumbuk sampai halus kemudian gosokkan pada gigi anda.

Jika digunakan untuk berkumur, bubuk cengkeh dapat menjadikan nafas anda segar dan terhindar dari bau mulut.

6. Biji Asam Kawak

asam kawak menngurangi karang gigi secara alami

via: pixabay.com

Indonesia memang surganya tumbuhan, segala macam tumbuhan dapat hidup dan berkembang biak dengan cepat. Salah satu jenis tumbuhan yang sampai saat ini banyak diambil manfaatnya adalah asam kawak.

Biji asam kawak sudah lama digunakan untuk membersihkan karang gigi terutama di daerah pedesaan. Caranya cukup mudah, ambil beberapa biji asam kawak, sangrai sampai benar-benar kering.

Setelah itu blender/tumbuk hingga halus kemudian gunakan bubuk biji asam kawak sebagai bahan campuran pasta gigi anda.

7. Buah Strawberry

Selain jeruk, strawberry juga ampuh membersihkan karang gigi secara alami

via: 500px.com

Buah strawberry merupakan salah satu buah yang kaya vitamin C. Buah yang hidup di dataran tinggi ini selain rasanya manis ternyata dapat juga berkhasiat untuk memutihkan serta membersihkan gigi anda dari karang.

Caranya dengan menggosokan-gosokkan buah Strawberry ke gigi anda secara teratur. Kemudian kumur-kumur untuk menghilangkan rasa asam yang disebabkan oleh Strawberry.

8. Baking Soda

gunakan baking soda untuk membersihkan karang gigi secara alami

via: showviral.com

Baking soda merupakan bahan alami yg cukup efektif membersihkan karang gigi. Caranya basahi sikat gigi dengan air, tuangkan baking soda ke sikat gigi yang telah basah, kemudian gosok gigi anda menggunakan baking soda sebagai pengganti pasta gigi.

9. Batu Bata dan Arang

bersihkan karang gigi secara alami dengan arang

via: pixabay.com

Walaupun cara ini sangat jarang digunakan, tetapi cukup efektif untuk memutihkan serta membersihkan gigi anda dari karang.

Untuk membersihkan dari karang tumbuk batu bata atau arang hingga menjadi bubuk, kemudian gosokkan pada gigi anda menggunakan tangan atau dengan sikat gigi. Setelah itu kumur menggunakan air hingga bersih.

Itulah beberapa cara membersihkan karang gigi secara alami. Yang paling penting adalah pola hidup sehat yang anda lakukan akan mencegah timbulnya karang gigi. dengan rutin menggosok gigi setiap hari, terutama setelah makan dan sebelum tidur.

Bila anda punya cara selain yang disebutkan di atas, silahkan tulis di kolom komentar.

3 Comments

  1. Achmad Muttohar September 3, 2015
    • Agus Sugiyanto September 4, 2015
  2. momogrosir November 3, 2015

Leave a Reply