Cara Membuat Origami Bunga Mawar dari Uang Kertas yang Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Origami Bunga Mawar – Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, origami merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang.

Namun sebenarnya origami pertama kali dibuat di Cina, baru pada tahun 1600-an budaya membuat seni dari kertas lipat ini di adopsi oleh Jepang. Untuk sejarah origami sendiri sudah kita bahas di artikel ini, silahkan untuk dibaca jika ada waktu.

Kegiatan membuat origami ini cukup populer khususnya di kalangan anak-anak. Bahkan banyak sekolahan yang mengajari keterampilan membuat origami untuk mata pelajaran kerajinan tangan.

Kita bisa membuat origami dengan bentuk sesuai yang kita inginkan. Ada banyak sekali model bentuk origami yang bisa kita kreasikan dari kertas lipat. Seperti bentuk hewan, bunga, mainan anak, hiasan dinding dan berbagai bentuk lain baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Kalau sudah terbiasa membuat origami, kita bisa membuat origami dengan berbagai bentuk bunga yang ada. Akan tetapi untuk pemula sebaiknya membuat origami bunga yang mudah terlabih dahulu. Baru setelah terbiasa bisa membuat origami bunga yang lebih rumit dalam pembuatannya.

Beberapa bentuk origami bunga yang mudah dibuat adalah  origami bunga sakura, origami bunga lily, dan origami bunga lain yang tidak memerlukan banyak lipatan.

Agar pembahasan tidak melebar, kali ini kita akan fokus belajar cara membuat origami bunga mawar.

Untuk menghasilkan bentuk origami bunga mawar yang indah memang memerlukan kesabaran dan ketelitian, namun bila sudah jadi kita akan puas karena bentuknya yang cantik dan indah.

Baiklah langsung saja kita ikuti langkah-langkah cara membuat origami bunga mawar berikut ini.

Cara Membuat Origami Bunga Mawar dari Uang Kertas

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 5 lembar uang kertas. Uang yang akan dibuat origami adalah uang yang masih baru, belum banyak lipatan. Agar bunga mawar yang kita buat nanti mudah dirangkai dan kelihatan lebih cantik.
  • Kawat kecil untuk tangkai bunga. Sebelumnya potong kawat dengan panjang 20 cm sebanyak 5 buah.
  • Daun mawar dari plastik
  • Solatip

Setelah semua bahan terkumpul kita langsung membuat bunga mawar dari uang kertas.

Cara Membuat Origami Kuncup Bunga Mawar

Kita akan membuat bunga mawar dari bagian yang paling mudah terlebih dahulu, yaitu membuat kuncup bunga mawar.

Pertama kita ambil selembar uang kertas, lalu lipat uang menjadi 2 bagian. Gulung ujung uang kertas ke bagian dalam hingga mencapai tengah lipatan, gulung dengan posisi uang kertas miring ke kanan atau ke kiri.

Balik uang kertas lalu gulung sisi uang seperti pada gulungan yang pertama tadi. Posisi gulungan yang kedua ini juga mengarah ke dalam.

Kemudian kerutkan bagian bawah kuncup bunga mawar. Caranya dengan melipat kecil-kecil bagian bawah kuncup menjadi kerutan.

cara membuat origami kuncup bunga mawar

belajarkreatif.net

Selanjutnya ambil 1 batang kawat lalu masukkan ke dalam gulungan kuncup bunga mawar. Kerutkan kembali bagian bawah kuncup pada kawat kemudian pilitkan kawat menjadi satu.

Baiklah kita sudah selesai membuat kuncup bunga mawar. Langkah kedua kita akan membuat kelopak bunga mawar.

cara membuat origami bunga mawar dari kertas

belajarkreatif.net

Cara membuat Origami Kelopak Bunga Mawar

Langkah pertama untuk membuat kelopak bunga, ambil selembar uang kertas yang telah kita siapkan, lalu lipat miring atau menyilang.

Gulung ke bagian dalam semua ujung uang. Hati-hati dalam menggulung uang, semua gulungan harus mengarah ke arah yang sama. Untuk mempermudah dalam menggulung uang kita bisa menggunakan tusuk gigi atau batang korek api.

Kemudian kerutkan juga bagian lipatan uang tersebut. Kerutan ini akan kita gunakan untuk bagian bawah kelopak bunga.

cara membuat origami kelopak bunga mawar

belajarkreatif.net

Langkah selanjutnya ambil sebatang kawat dan masukkan ke bagian dalam lipatan kelopak bunga. Setelah itu kerutkan lagi bagian bawah kelopak. Lingkarkan kawat dan lilitkan bagian satu dengan bagian lainnya.

Sekarang kita sudah membuat satu bagian kelopak bunga. Agar bunga yang kita buat sempurna, buat lagi bagian kelopak bunga menggunakan sisa 4 lembar uang kertas tersebut.

membuat origami bunga mawar dari uang kertas

belajarkreatif.net

Sampai di sini kita sudah mempunyai 4 bagian kelopak bunga.

Kita gabungkan kuncup bunga dangan bagian-bagian kelopak bunga. Caranya masukkan bagian ujung bawah kawat atau tangkai kuncup bunga ke daam lubang tengah kelopak tersebut.

Putar dan atur posisinya, pastikan kita mengatur posisi dengan rapi dan teratur. Kemudian lilitkan bagian kawat atau tangkai bunga menjadi satu.

Ambil bagian kelopak bunga yang lain, masukkan rangkaian kuncup dan kelopak yang sudah tersusun tadi ke dalam kelopak bunga berikutnya.

Lakukan langkah ini pada semua bagian kelopak bunga secara berurutan. Perlu diperhatikan juga ketika menyusun kuncup dan kelopak bunga lakukan dengan rapi agar origami bunga mawar yang kita buat terlihat lebih indah.

cara membuat origami bunga mawar dari uang

belajarkreatif.net

Jika kelopak bunga sudah tersusun kita rekatkan menggunakan solatip. Akan lebih bagus lagi jika seluruh tangkai bunga dibungkus dengan solatip.

Untuk memperindah origami bunga mawar kita juga bisa menambahkan daun pada tangkai bunga.

Kamu juga bisa mengikuti tutorial cara membuat origami bunga mawar dari uang kertas berikut ini.

2 Comments

  1. Novita Rahma Agustus 11, 2016
    • Agus Sugiyanto Agustus 11, 2016

Leave a Reply