Cara Membuat Origami Burung Bangau

Cara membuat Origami Burung Bangau – Pada artikel yang lalu kita sudah belajar cara membuat berbagai macam origami, seperti origami bunga mawar, origami bunga lily, origami hati bersayap, origami hati dari uang kertas, origami kupu-kupu mariposa, origami bintang dan lain sebagainya.

Nah, belajar kita kali ini  kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya, yaitu membuat origami burung bangau. Sebelum melanjutkan ke pembahasan utama cara membuat origami burung bangau, ada baiknya kita ulas sekilas tentang origami burung bangau.

Seni melipat Origami berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Untuk itu setiap bentuk origami pasti memiliki nama Jepang. Di negara asalnya, Jepang, origami burung bangau biasa disebut Tsuru. Ori-Tsuru (origami tsuru) merupakan nama burung bangau yang paling banyak disukai di Negeri Sakura tersebut.

Ternyata, selera kesukaan orang Jepang tidak berbeda jauh dengan kesukaan orang di bagian negara lain. Terbukti setelah origami dikenal di seluruh dunia, origami burung bangau juga merupakan salah satu origami favorit di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat Jepang, bahkan hingga saat ini. Mereka meyakini jika permohonan (berdoa) mereka ingin dikabulkan, maka mereka harus membuat origami burung bangau sebelum meminta permohonan (berdoa).

Mereka biasa membuat origami burung bangau sebanyak seribu buah kemudian memajangnya di sekitar rumah. Seribu origami burung bangau ini biasa mereka sebut dengan ‘senbazuru‘.

Selain mitos senbazuru tersebut, mereka juga biasa membawa seribu origami burung bangau ini ketika menjenguk orang sakit. Harapannya dengan dibawakan seribu origami burung bangau penyakitnya akan segera sembuh.

Tentunya, hal tersebut hanya mitos yang berkembang di masyarakat Jepang, kamu boleh percaya atau tidak. Namun, jika kamu orang muslim sebaiknya yakin bahwa yang mengabulkan doa dan menyembuhkan penyakit hanya Allah semata.

Jadi, jika ingin mengambil manfaat dari orang Jepang, ambillah kemajuan teknologi dan seninya. Jangan mengikuti kepercayaanya.

Rekomendasi bacaan:

Cara Membuat Origami Bunga Mawar dari Uang Kertas

Cara Membuat Origami Bintang Kecil dari Kertas

Balik lagi ke pembahasan cara membuat origami burung bangau. Sebenarnya membuat origami burung bangau agak sulit. Origami ini memiliki lipatan-lipatan yang beragam, sehingga origami ini memiliki bentuk yang ikonik.

Namun jika kamu menghayati cara membuatnya, niscaya akan menemukan kemudahan dan tentunya menyenangkan. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuat origami burung bangau ini.

Di bawah ini beberapa langkah cara membuat origami burung bangau:

1. Siapkan selembar kertas yang mempunyai sisi berwarna, lalu lipatlah pojok kertas ke sudut bawah membentuk diagonal dan buka lagi. Kemudian lipat kertas samping tengah.

2. Selanjutnya, balikan kertas ke bilah sisi berwarna putih. Lipatlah secara horisontal dan vertikal dan buat menjadi 2 lipatan, kemudian buka.

3. Untuk membentuk squere base, dari 3 ujung atas seret ke sudut bawah, terus Anda ratakan.

4. Buatlah garis lipatan, dengan melipat masing-masing sayap ke tengah-tengah. Selanjutnya lipat lagi bagian atas ke bawah.

5. Cobalah buka ujung bawah ke atas, tekan sisinya ke dalam. Saat bersamaan ratakan ke bawah. Balikan, ulangi langkah 4 dan 5.

6. Selanjutnya, lipatlah masing-masing sayap ke tengah, ulangi untuk bilah sisi satunya.

7. Lipatlah kedua kaki ke atas, sehingga membentuk bayangan lipatan

8. Lalu, lipatlah kedua kaki ke dalam. Sehingga akan tampak seperti ekor dan kepala.

9. Agar tampak seperti ekor dan kepala, lipatlah ujung hingga membentuk kepala. Dan juga lipatlah ujung sayap ke bawah.

10. Akhirnya origami burung bangau pun siap dipajang.

Kalau kamu merasa kesulitan mengikuti langkah berupa panduan di atas, kamu bisa mengikuti vido tutorial cara membuat origami burung bangau di bawah ini. Perhatikan dengan seksama agar kamu bisa mengikuti langkah demi langkahnya. Silahkan disimak.

Setelah origami burung bangau hasil kreasi kamu sudah jadi, kamu bisa mendijadikan sebagai hadiah untuk orang yang kamu cintai. Atau bisa juga kamu jadikan sebagai hiasan jendela ataupun hiasan ruang tamu.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply