25 Contoh Origami dari Kertas yang Paling Populer

Cara Membuat Origami – Pada zaman serba modern ini siapa yang tidak tahu origami, seni melipat kertas yang berasal dari Jepang, negeri yang terkenal dengan bunga sakura yang sangat menawan.

Origami kalau di Indonesia biasa disebut seni melipat kertas. Untuk selanjutnya kita akan menyebut origami saja agar lebih mudah.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan kita tentang origami, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu sejarah origami. Agar kita tahu juga sejarah awal mula adanya origami.

Di negeri asalnya, pembuatan origami bermula setelah biksu membawa kertas dari Cina pada abad keenam. Mulanya origami hanya dibuat oleh para biksu untuk menghiasi biara mereka. Para biksu terus mempertahankan pembuatan origami untuk acara keagamaan dan upacara mereka sampai tahun 1600-an.

Baru setelah tahun 1600, kertas mulai diproduksi secara massal, seni melipat kertas/origami menjadi kegiatan hiburan yang populer di seluruh budaya Jepang.

Hingga pada hari ini kita mengenal origami dengan berbagai macam bentuk yang unik. Ada origami bunga, origami hewan, origami pakaian, origami benda-benda mati dan masih banyak lagi.

Kertas yang digunakan untuk membuat origami pun bermacam-macam, sesuai selera dan kreatifitas yang akan membuatnya.

Ada banyak sekali cara membuat origami, baik origami 2 dimensi maupun origami 3 dimensi. Nah, kali ini kita akan membahas contoh origami yang paling populer.

1. Origami Bunga

Origami bunga adalah bentuk origami yang paling terkenal dan banyak dibuat. Membuat origami bunga tergolong yang paling mudah, makanya banyak sekolah yang mengajarkan anak didiknya untuk membuat origami bunga, sebelum membuat bentuk lain yang lebih rumit.

Jika kita sudah pandai membuat berbagai bentuk origami bunga, kita bisa menggunakannya sebagai kado untuk kerabat atau sekadar hiasan rumah.

Beberapa contoh origami bunga di bawah ini mungkin bisa mewakili contoh origami bunga yang sangat beragam bentuk.

Origami Bunga Kusudama

cara membuat origami bunga

skogsduva.wordpress.com

Origami bunga kusudama ini awalnya dibuat untuk tempat dupa atau bunga rampai, tapi sekarang dijadikan untuk hiasan rumah.

Kalau origami bunga kusudama ini diletakkan di depan kamar kita pasti akan memperindah suasana, terlebih jika kita seorang perempuan. Percaya deh.

Origami Bunga Mawar

cara membuat origami bunga mawar

500px.com/biankatomie

Kita juga bisa membuat origami bunga mawar yang cantik menawan. Jika ingin lebih cantik lagi sebaiknya kita gunakan berbagai macam warna.

Apalagi jika kita pintar memadukan berbagai warna, hasilnya akan lebih menarik.

Origami Bunga Lotus

cara membuat origami bunga lotus

etsy.com

Pesona bunga lotus memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan warna yang cantik menjadikan bunga ini banyak diburu penikmat bunga hias.

Namun sangat disayangkan sekarang kita sulit mendapatkan bunga lotus, pun jika kita memesan dari daerah pembudidaya lotus, kita akan menerima bunga lotus sudah tidak dalam keadaan segar.

Sekarang kita tidak perlu repot-repot lagi untuk memesan bunga lotus. Kita bisa membuat origami bunga lotus modern yang bisa tetap segar dan tidak layu.

Origami Bunga Bakung / Bunga Lili

cara membuat origami bunga lili

500px.com/c3ck0

Origami bunga yang tak kalah menarik adalah origami bunga lili. Origami ini merupakan salah satu origami favorit khususnya di Indonesia.

Origami Bunga Anggrek

cara membuat origami bunga anggrek

wikihow.com

Contoh origami bunga yang terakhir adalah origami bunga anggrek. Origami ini paling mudah dibuat  jika dibandingkan origami bunga lain.

Untuk membuat origami bunga anggrek kita hanya memerlukan satu lembar kertas. Sangat mudah dan pasti lebih murah.

2. Origami Hewan

Selain origami bunga, hewan merupakan subjek origami yang cukup populer, terlebih anak-anak.
Namun untuk membuat origami hewan diperlukan keterampilan khusus, karena cara membuatnya tidak semudah kita membuat origami bunga.

Jika kita ingin membuat origami hewan, kita bisa membuat beberapa origami seperti di bawah ini.

Origami Bangau

cara membuat origami bangau

7-themes.com

Di Jepang origami bangau ini yang paling banyak dibuat. Menurut legenda yang beredar dengan melipat 1000 origami bangau akan menciptakan sebuah senbazuu.

Senbazuu ini yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan kekayaan kepada pembuatnya.

Ini hanya mitos yang dipercaya orang Jepang, sah-sah saja jika kita tidak mempercayainya.
Origami bangau ini juga banyak dibuat di Indonesia. Kalau kita ingat-ingat lagi sewaktu kecil kita mungkin pernah dibuatkan origami bangau oleh guru ataupun orang tua kita.

Rekomendasi bacaan:

Cara Membuat Origami Burung Bangau

Origami Angsa

cara membuat origami angsa

theplainprofessors.blogspot.com

Kalau dilihat sekilas mirip origami bangau, tapi origami angsa ini tidak memiliki sayap sedangkan bagian ekornya lurus ke belakang.

Membuat origami angsa lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat origami bangau, karena tidak memerlukan banyak lipatan yang rumit.

Biasanya origami angsa dipakai sebagai hiasan kado, atau dapat juga digantung sebagai hiasan kamar.

Origami Naga

cara membuat origami naga

500px.com/daseeya

Desain origami naga lebih rumit, namun jika kita bisa membuat origami bangau, kita juga akan bisa membuat origami naga.

Kita hanya perlu menambahkan beberapa lipatan, tidak terlalu sulit jika sudah menguasai origami hewan khususnya origami bangau.

Origami Kupu-kupu

cara membuat origami kupu-kupu

500px.com/anshrsth

Origami kupu-kupu memiliki bentuk yang sangat menarik. Akan lebih bagus lagi jika kita membuat dengan dengan berbagai warna, kesannya akan lebih hidup.

Kita bisa menggantung origami kupu-kupu yang cantik ini di jendela, dinding, cermin, di samping lampu ruangan atau ditempel pada papan buletin.

Origami Katak

cara membuat origami katak

wikihow.com

Origami katak ini yang paling banyak dibuat di Indonesia, terlebih anak-anak. Origami ini bisa melompat seperti lompatan katak.

Kita tinggal menekan bagian punggung katak maka katak akan melompat ke depan. Sangat cocok jika kita ingin mengajari kreatifitas anak, mereka akan mendapat pelajaran kreatifitas di tengah kegembiraan bermain.

Origami Burung Beo

cara membuat origami burung beo

youtube.com

Membuat origami hewan membutuhkan kreatifitas tinggi, semakin kita kreatif origami yang kita hasilnya juga akan semakin bagus.

Jika kita ingin menguji kreatifitas, kita bisa memulainya dengan membuat origami burung beo. Pergunakan semua ide kreatif yang kita punya dan lihat hasilnya.

3. Origami Hiasan

Sebagian origami memang sengaja dibuat untuk menjadi hiasan. Origami hias ini bisa kita tempel di dinding atau bisa juga digantung sebagai hiasan ruangan.

Origami hias biasanya dibuat dengan menggunakan kertas karton yang berwarna-warni. Agar origami terlihat lebih menarik gunakan kertas dengan warna terang sehingga terlihat mencolok jika kita tempel pada dinding dengan latar belakang yang netral.

Beberapa contoh origami hias bisa kita lihat di bawah ini.

Origami Lampion Kertas

cara membuat origami lampion kertas

etsy.com

Origami lampion bisa menjadi hiasan utama ruangan kita. Kita bisa menggantung bermacam-macam bentuk origami lampion dengan warna berbeda, yang pastinya akan membuat ruangan kita tampak lebih indah.

Origami Kincir Angin

cara membuat origami kincir angin

https://pixabay.com/en/users/teru_teru-1434373/

Origami kincir konsepnya sama seperti kincir angin, hanya saja ini terbuat dari kertas. Saat melipat origami kincir, tempelkan peniti atau paku di bagian tengahnya pada sumpit/bambu. Ketika terkena angin kincir akan berputar.

Origami kincir bisa ditaruh pekarangan rumah atau taman sehingga dapat tertiup angin.

Origami 3 Dimensi

cara membuat origami 3 dimensi

origamimaniacs.blogspot.com

Yang sudah kita lihat diatas semua merupakan contoh origami 2 dimensi. Kita juga bisa membuat origami 3 dimensi yang lebih menarik lagi. Dengan sentuhan tangan kreatif, lembaran-lembaran kertas tersebut bisa kita sulap menjadi kerajinan tangan yang unik.

4. Origami Praktis

Selain sebagai hiasan ternyata origami juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang berbagai aktifitas kita lho. Kita bisa memanfaatkannya untuk tempat manaruh perhiasan atau alat-alat kantor, untuk bingkai foto, untuk wadah permen dan masih banyak lagi.

Cara membuatnya pun sangat mudah dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Bahkan semua orang bisa membuatnya.

Berikut contoh origami praktis yang gampang dibuat.

Origami Kotak Kertas

cara membuat origami kotak kertas

wikihow.com

Meskipun terlihat sangat sederhana, origami ini bisa kita gunakan untuk berbagai macam keperluan. Seperti menata benda-benda kecil di meja, atau kita bisa menggunakan origami kotak kertas ini sebagai wadah kado. Terlihat simpel tapi tetap berkesan.

Origami Kotak dengan Pembatas

cara membuat origami kotak dengan pembatas

es.wikihow.com

Pola origami ini mirip dengan origami kotak kertas, hanyasanya terdapat pembatas di sisi dalamnya.
Kita bisa membagi kotak menjadi beberapa bagian, jumlah pembatas dan besar bagiannya tinggal kita sesuaikan dengan selera kita masing-masing. Akan lebih bagus lagi jika kita membagi kotak dengan besar yang sama atau simetris.

Pola origami ini bisa kita aplikasikan untuk menyimpan manik-manik, memo pemesanan kecil atau sebagai tempat perhiasan.

Origami  Bingkai Foto

cara membuat origami bingkai foto

becoration.com

Kalau kita mempunyai foto-foto kenangan yang tersimpan, tidak ada salahnya kita buatkan bingkai agar bisa bisa digunakan sebagai hiasan. Jika kita tidak ingin repot membuat bingkai dari kayu, kita bisa membuatnya menggunakan kertas karton.

Kita bisa membuat bingkai foto dengan kertas karton dalam berbagai warna untuk menambah sentuhan spesial pada foto. Akan lebih bagus lagi bila kita gabungkan beberapa foto dalam satu bingkai. Foto dengan sentuhan bingkai origami siap digantung sebagai hiasan dinding atau diletakkan di atas meja.

5. Origami Modular

Berbeda dengan origami lain yang terkadang hanya membutuhkan satu lembar kertas, origami modular setidaknya membutuhkan minimal 2 lembar kertas. Setiap kertas dilipat menjadi bentuk sesuai yang kita inginkan. Bentuk tiap lipatan ini disebut unit atau modul.

Modul-modul tersebut nantinya kita lekatkan menjadi satu sehingga menjadi bentuk akhir yang bersifat geometris.

Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat contoh origami modular di bawah ini.

Origami Espiral

cara membuat origami espiral

aoghedep.com

Origami espiral biasanya dibuat dari 4 lembar kertas dan membentuk spiral 3 dimensi setelah selesai.

Membuat origami espiral tidaklah mudah, perlu jiwa kreatifitas tinggi untuk mendapatkan bentuk yang sempurna.

Origami Brokat Jepang

cara membuat origami brokat jepang

es.wikihow.com

Origami brokat Jepang biasanya terdiri dari 6 lembar kertas. Kertas-kertas tersebut dilipat menjadi bentuk sebuah kubus, lalu dipermak menjadi bentuk bola.

Origami Modul Penultimate

cara membuat origami modul ultimate

es.wikihow.com

Origami modul penultimate sebenarnya bukan merupakan hasil akhir bentuk origami. Modul-modul penultimate tersebut bisa kita jadikan satu menjadi bentuk geometris yang komplek.

Cara membuat origami ini nanti kita bahas di artikel yang lain. Juga bagaimana menyatukan semua bagian sehingga menjadi bentuk origami dodecohedron yang sempurna.

Origami Unit Sonobe

cara membuat origami unit sonobe

id.wikihow.com

Origami unit sonobe adalah dasar dari berbagai varietas bentuk geometris. Setelah melipat unit dasar, kita bisa membuat variasi lain untuk membuat bermacam-macam origami polihedron.

6. Origami Untuk Anak

Salah satu cara untuk merangsang sensor motorik dan menumbuhkan kreatifitas pada anak adalah dengan mengajaknya bermain. Tentunya permainan yang bersifat edukatif.

Permainan edukatif yang hingga saat ini banyak diajarkan adalah membuat origami. Membuat origami bisa dipraktekan oleh anak usia berapapun. Mereka juga bisa mengembangkan menjadi bentuk sesuka hati mereka. Dengan begitu kreatifitas mereka akan terasah dengan sendirinya.

Nah, contoh origami sederhana di bawah ini patut dicoba.

Origami Pesawat Terbang

cara membuat origami pesawat terbang

quotesgram.com

Origami pesawat terbang ini adalah bentuk origami paling umum dan mempunyai banyak variasi. Semua anak-anak mungkin pernah membuat origami bentuk ini. Cara membuatnya yang mudah memang menjadi sebab utamanya.

Selain itu origami pesawat terbang juga bisa diterbangkan layaknya pesawat sungguhan, makanya origami ini termasuk origami paling disukai anak-anak.

Origami Tank Tempur

cara membuat origami tank tempur

wikihow.com

Cara membuat origami ini sedikit lebih sulit jika dibandingkan origami pesawat terbang. Tapi kalau sudah jadi tak kalah menarik dengan pesawat terbang.

Meskipun dalam gambar di atas menggunakan warna putih, kita bisa menggunakan warna cokelat, hijau atau kamuflase untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik.

Origami Bintang Shuriken

cara membuat origami bintang shuriken

flickr.com

Bintang shuriken atau bintang ninja bisa dibuat dari kertas karton maupun kertas berukuran 22 cm x 28 cm. Cara memainkannya dengan memegang origami yang telah selesai lalu lempar seperti frisbee.

Origami Helm Samurai

cara membuat origami helm samurai

8inch.deviantart.com

Origami ini mungkin paling rumit dari yang lain. Tapi kalau anak sudah mahir membuat origami tank atau bintang, maka membuat origami ini rasanya tidak akan kesulitan.

Origami ini dibentuk menyerupai helm kabuto yang bertanduk dan memberikan pesona mistis pada pemakainya.

Itulah beberapa contoh origami dari kertas. Kalau ingin belajar cara membuat berbagai macam origami yang keren-keren tersebut akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Atau ada yang mau request kita sebaiknya membahas cara membuat origami yang mana dulu?

 

6 Comments

  1. Dian Maret 13, 2016
    • Agus Sugiyanto Maret 13, 2016
  2. yanto cungkup Maret 15, 2016
    • Agus Sugiyanto Maret 17, 2016
  3. Nanda April 15, 2016
  4. alat tulis sekolah Agustus 28, 2016

Leave a Reply