Ciri-ciri Biji Adenium yang Sehat dan Layak Ditanam

Tanaman hias Adenium merupakan jenis tanaman hias yang cukup mudah untuk dilakukan perbanyakan. Biasanya perbanyakan adenium dilakukan dengan penyemaian dari biji hasil tongkol maupun dengan cara stek.

Untuk perbanyakan dengan cara biji dari tongkol yang dihasilkan, terkadang hasil biji yang didapatkan pada saat ditanam tidak dapat tumbuh. Hal tersebut terjadi karena biji tersebut pada saat pertumbuhannya tidak maksimal.

Berikut merupakan ciri-ciri yang perlu diketahui agar pada saat menanam biji adenium bisa tumbuh dengan sempurna:

1. Jika biji didapatkan pada tanaman yang dipelihara sendiri maka perhatikan hal berikut:

  • Pada saat tongkol masing remaja, berikan pupuk untuk nutrisi buah dan berikan cukup air dengan cara penyiraman agar pertumbuhan tongkol maksimal.
  • Pastikan pada tanaman adenium yang bertongkol tersebut tidak terdapat sarang semut, karena jika ada sarang semut maka pertumbuhan tongkol akan diganggu oleh semut. Biasanya tongkol yang terserang akan menjadi kerdil.
  • Pada saat tongkol sudah berumur sekitar lima setengah bulan, lindungi tongkol dengan plastik agar pada saat tongkol pecah, biji adenium tidak terbang kemana-mana.

2. Jika tongkol adenium didapatkan dari hasil pembelian maka pastikan pada bagian biji dalamnya saja yaitu ciri-ciri biji yang baik adalah biji yang bentuknya seperti padi berisi dan jika dibuka maka akan terlihat putih di dalamnya.

Maka pada saat akan membeli sebaiknya biji-biji dalam tongkol tersebut disortir terlebih dahulu, karena jika biji yang bentuknya tipis dan tidak terlihat berisi ditanam, tidak akan tumbuh menjadi bibit adenium. Dan kalau tetap dibeli, maka hanya akan menghabiskan/pemborosan uang.

Namun jika tongkol dihasilkan sendiri, tidak ada salahnya biji yang terlihat kosong tersebut untuk tetap ditanam, siapa tahu masih bisa tumbuh.

benih adenium

www.lelong.com.my

3. Biji adenium yang baik hanya memerlukan sekitar empat hingga tujuh hari untuk tumbuh menjadi kecambah dan akhirnya tumbuh menjadi tanaman adenium dewasa. Biasanya jika umur tanam lebih dari tujuh hari tidak tumbuh juga, biji adenium tersebut telah busuk dimakan jamur.

Rekomendasi bacaan:

7 Jenis Bunga Anggrek Ini Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Cara Menanam Anggrek Bulan Agar Tumbuh Sempurna

4. Biji adenium yang baik yaitu umur penyimpanannya tidak lebih dari satu bulan, jika lebih dari satu bulan maka kondisi biji adenium telah mengering sehingga tingkat pertumbuhannya akan berkurang.

Untuk saat ini, perkembangbiakan dengan biji adenium dilakukan untuk mendapatkan jumlah bonggol yang banyak yang akan digunakan untuk batang bawah pada saat dilakukan stek.

Sedangkan untuk jenis adenium baru lebih banyak dilakukan dengan cara stek batang karena relatif lebih mudah sebab jika melalui biji, kondisi biji dengan indukan belum tentu sama.

Leave a Reply