Menjelajah Panorama 20 Gunung Terindah di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam luar biasa. Hal itu karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Letak Indonesia yang sangat strategis yaitu diapit oleh Benua Asia dan Benua Australia dan diapit oleh dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia membuat Indonesia memililiki banyak gunung-gunung baik yang aktif maupun nonaktif. Gunung-gunung tersebut memiliki pemandangan yang cantik dan menakjubkan.

Berikut 20 gunung terindah di Indonesia:

1.  Gunung Rinjani

Dengan pemandangan yang menakjubkan gunung rinjani termasuk gunung terindah di indonesia

Gunung Rinjani
Image by: trekkingrinjani.com

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah gunung Jayawijaya. Gunung dengan ketinggian 3.716 m dpl (meter diatas permukaan laut) tersebut menjadi gunung favorit bagi pendaki di seluruh Indonesia. Selain puncak, tempat yg sering dikunjungi para pendaki adalah Segara Anak, yaitu danau kawah seluas 11.000.000 meter persegi dan mempunyai kedalaman 230 meter. Air yg mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah. Para pendaki biasa menghabiskan waktu di sekitar Segara Anak tersebut. Selain pemandangan alam yang mempesona, ternyata Segara Anak juga banyak terdapat ikan air tawar, sehingga mereka tidak segan-segan untuk melewati waktu sore hari dengan memancing.

2. Gunung Semeru

gambar gunung semeru yang merupakan gunung terindah di indonesia

Gunung Semeru
Image by: coolwallpaper.me

Gunung Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 m dpl (meter diatas permukaan laut). Lokasi gunung ini berada di Provinsi Jawa Timur tepatnya diantara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. Gunung yang lebih dikenal dengan nama gunung Mahameru ini juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia, setelah gunung Kerinci di wilayah Sumatra dan gunung Rinjani di wilayah Nusa Tenggara Barat. Di kawasan Gunung Semeru terdapat empat buah danau (penduduk sekitar menyebutnya Ranu) yaitu Ranu Pani, Ranu Kumbolo, Ranu Regulo, Ranu Darungan. Yang paling sering dikunjungi wisatawan maupun pendaki adalah Ranu Pani dan Ranu Kumbolo.

3. Gunung Puncak Jaya

gunung puncak jaya menjadi salah satu gunung terindah di indonesia

Gunung Puncak Jaya
Image by: besttravelin.blogspot.com

Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Puncak Jaya berada di kawasan pegunungan Jayawijaya, deretan pegunungan yang terbentang dari Papua Barat (Indonesia) hingga Papua New Guinea di Pulau Irian. Gunung dengan puncak ketinggian mencapai 4.884 m dpl (meter diatas permukaan laut) ini juga masuk dalam tujuh puncak tertinggi di dunia (Seven Summit) dengan puncak bernama Puncak Carstensz. Gunung Puncak Jaya mempunyai beberapa nama lain yaitu Nemangkawi, Ngga Pulu (Ngga berarti gunung), Gunung Carstensz, Piramida Carstensz, Puncak Carstensz, Puncak Jayadikesuma dan Ndungundugu.

4. Gunung Gede

gunung gede adalah salaj satu gunung terindah di indonesia

Gunung Gede
Image by: 500px.com

Gunung Gede adalah gunung yang berlokasi di Pulau Jawa, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung ini berada di ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangarango. Taman Nasional yang ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan dengan luas 22.851,03 hektar.

Gunung gede merupakan habitat berbagai jenis satwa liar. Ada Lebih dari 100 jenis mamalia dan 250 jenis burung. Termasuk satwa langka seperti anjing hutan, sigung, lutung, elang jawa dll.

5. Gunung Sindoro

gunung terindah di indonesia selanjutnya gunung sindoro

Gunung Sindoro
Image by: bigstepjohn.blogspot.com

Gunung Sindoro merupakan gunung vulkano aktif dengan ketinggian 3.150 m dpl (meter diatas permukaan laut). Gunung yang berada di batas Kabupaten Temanggung dan Wonosobo ini memiliki keunikan yang lain daripada puncak gunung pada umumnya, yaitu memiliki puncak yang sangat luas. Gunung Sindoro memiliki beberapa nama antara lain Sindoro, Sundoro dan Sendoro.

6. Gunung Sumbing

pesona gunung sumbing, salah satu gunung terindah di indonesia

Gunung Sumbing
Image by: 500px.com

Gunung sumbing merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.371 m dpl (meter dari permukaan laut). Gunung yang masih aktif ini berlokasi di wilayah kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Tepat disamping Gunung Sindoro, sehingga kelihatan seperti gunung kembar.

7. Gunung Ceremai

gunung ciremai, gunung terindah di indonesia yang berada di cirebon

Gunung Ciremai
Image by: 500px.com

Gunung Ceremai adalah gunung berapi yang berlokasi di Jawa Barat, tepatnya berada di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Gunung dengan ketinggian 3.078 m dpl (meter diatas permukaan laut) ini berada di wilayah Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC). Gunung ini juga merupakan gunug tertinggi di Jawa Barat.

8. Gunung Lawu

gunung lawu merupakan salah satu gunung terindah di indonesia

Gunung lawu
Image by: 500px.com

Gunung Lawu terletak diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu mempunyai tiga puncak yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Puncak tertingginya adalah Puncak Hargo Dumilah dengan ketinggian 3.265 meter diatas permukaan laut (m dpl). Selain puncak, wisata alam yang sering dikunjungi para pendaki adalah kawah mati yang sering disebut Kawah Candradimuka.

9. Gunung Tambora

foto gunung tambora. salah satu gunung terindah di indonesia

Gunung Tambora
Image by: 3.bp.blogspot.com

Gunung Tambora adalah gunung berapi aktif yang terletak di Pulau Sumbawa. Gunung setinggi 2.851 meter diatas permukaan laut ini terbagi menjadi 2 lokasi konservasi yaiu Tambora Wildlife Reserve seluas 80.000 hektar dan Tambora Hunting Park seluas 30.000 hektar. Gunung ini dijuluki sebagai gunung dengan kawah terbesar di Indonesia dengan lebar kawah seluas 7 kilometer, keliling seluas 18 kilometer serta memiliki kedalaman 800 meter. Sungguh menakjubkan.

10. Gunung Kelud

panorama gunung kelud, salah satu gunung terindah di indonesia

Gunung Kelud
Image by: blok888.blogspot.com

Gunung Kelud adalah gunung berapi aktif yang terletak di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 1.731 meter diatas permukaan laut. Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Tercatat sejak tahun 1000 M Gunung Kelud sudah meletus hingga 30 kali. Terakhir meletus pada tanggal 14 Februari 2014.

11. Gunung Salak

gambar gunung salak, salah satu gunung terindah di indonesia

Gunung Salak
Image by : 500px.com

Gunung Salak termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif. Gunung setinggi 2.211 meter diatas permukaan laut ini berlokasi di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat. Gunung Salak memiliki 7 puncak dengan puncak tertinggi 2.211 meter diatas permukaan laut.

12. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau gunung kratau meruupakan gunung terindah di indonesia yang masih aktif

Gunung Krakatau
Img by: thecelestialconvergence.blogspot.com

Gunung Krakatau adalah gunung berapi aktif yang berada di Kepulauan Krakatau, Sebuah kepulauan vulkanik aktif yang terletak di selat sunda antara Pulau Jawa dan Sumatra. Gunung Krakatau terbentuk setelah letusan dahsyat Gunung Krakatau Purba yang terjadi pada tahun 1883. Akibat ledakan dahsyat tersebut tiga perempat bagian Kratau Purba hancur sehingga menyisakan kaldera (kawah besar) di Selat Sunda. Sisi tepi kawahnya dikenal sebagai Pulau Rataka, Pulau Panjang Dan Pulau Sertung. Pulau Rataka yang merupakan satu dari tiga pulau sisa Gunung Krakatau Purba kemudian tumbuh sesuai dengan dorongan vulkanik dari dalam perut bumi yang dikenal sebagai Gunung Krakatau( atau Gunung Rataka). Kemudian, dua gunung api muncul dari tengah kawah, bernama Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan yang kemudian menyatu dengan Gunung Rakata yang muncul terlebih dahulu. Persatuan ketiga gunung api inilah yang disebut Gunung Krakatau.

13. Gunung Agung

gunung agung menjadi salah satu gunung terindah di indonesia

Gunung Agung
Image by: 500px.com

Gunung Agung adalah jenis gunung berapi tipe strato yaitu gunung yang yang terdiri atas lapisan lava dan abu vulkanik yang mengeras. Gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan dalam yang terkadang mengeluarkan asap dan uap air. Gunung setinggi 3.031 m dpl (meter diatas permukaan laut) ini yang berlokasi di Kecamatan Rending Kab. Karangasem Bali. Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Bali sehingga masyarakat Bali percaya kalau gunung ini menjadi tempat bersemayam para Dewa. Mereka juga percaya jika di Gunung Agung terdapat istana Dewata.

14. Gunung Batur

gunung agung, gunung terindah di indonesia yang berada di bali

Gunung Batur
Image by: skyscanner.com.sg

Gunung batur terletak di sebelah barat laut Gunung Agung. Gunung dengan ketinggian 1.717 meter diatas permukaan laut yang juga merupaka gunung tertinggi kedua di Bali ini berlokasi di Kecamatan Kintamani Bali Indonesia. Gunung ini termasuk gunung yang paling aktif di Indonesia. Tercatat telah meletus 26 kali sejak 1804.

15. Gunung Merapi

gunung terindah di indonesia yang masih aktif adalah gunung merapi

Gunung Merapi
Image by: 500px.com

Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif dengan ketinggian mencapai 2.968 m dpl (meter diatas permukaan laut) . Gunung yang berlokasi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Jawa Tengah tersebut terbentuk karena aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang bergerak ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya aktivitas vulkanik di sepanjang bagian tengah Pulau Jawa. Puncak yang sekarang ini tidak ditumbuhi vegetasi karena aktivitas vulkanik tinggi. Selain di sleman sebagian gunung ini berlokasi di Magelang , Boyolali dan Klaten.

16. Gunung Merbabu

gunung merbabu adalah gunung terindah di indonesia yang berada di samping gunung merapi

Gunung Merbabu
Image by: 500px.com

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi tipe strato yang terletak di 4 wilayah Indonesia, yaitu Kabupaten Magelang, Boyolali, Salatiga dan Semarang. Gunung dengan ketinggian 3.142 m dpl tersebut memiliki 5 buah kawah, yaitu Kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo. Gunung ini terletak tepat disamping Gunung Merapi sehingga terlihat seperti gunung kembar.

17. Gunung Ijen

gunung ijen merupaka gunung terindah di indoonesia yang memiliki kawah

Gunung Ijen
Image by: 500px.com

Gunung Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwwangi dan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Gunung berapi aktif ini mempunyai ketinggian 2.443 m dpl (mete diatas permukaan laut). Salah satu panorama Gunung Ijen yang paling terkenal adalah Kawah Ijen. Danau kawah setinggi 2.368 m dpl ini memiliki kedalaman 200 meter dengan luas 5.466 hektar. Selain api abadi yang berwarna biru, kawah ini terkenal dengan penambangan batu belerang dan pemandangan yang sangat eksotis, yaitu danau berwarna hijau kebiruan.

18. Gunung Kerinci

gunung kerinci gunung terindah di indonesia yang berbentuk kerucut

Gunung Kerinci
Image by: indonesia.travel

Gunung Kerinci yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatra. Gunung ini juga merupaka gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

19. Gunung Papandayan

gunung papandayan, salah satu gunung terindah di indonesia yang memiliki pemandangan luar biasa

Gunung Papandayan
Image by: 500px.com

Gunung Papandayan yang berlokasi di Garut Jawa Barat memiliki beberapa kawah. Diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak dan Kawah Manuk. Gunung ini memiliki ketinggian 2.265 meter diatas permukaan laut dengan panorama pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Selain terdapat beberapa kawah, ternyata Gunung Papandayan juga terkenal memiliki hutan mati yang eksotis.

20. Gunung Kelimutu

gunung terindah di indonesia yang terakhir adalah gunung kelimutu

Gunung kelimutu
Image by: skyscrapercity.com

Gunung berapi Kelimutu terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung setinggi 1.639 meter diatas permukaan laut ini memiliki danau kawah di bagian puncaknya yakni Danau Kelimutu. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna Karena memiliki tiga warna berbeda, yaitu merah, biru dan putih. Yang membuatnya unik adalah air danau ini selalu berubah-ubah warnanya seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Inilah Buah dan Sayuran dengan Bentuk Unik dan Aneh

 

9 Comments

  1. ren Oktober 6, 2015
  2. aneka wisata Desember 23, 2015
  3. Agus Sugiyanto Januari 14, 2016
  4. kambuna Maret 23, 2016
    • Agus Sugiyanto April 1, 2016
  5. All wisata Juni 23, 2016
    • Agus Sugiyanto Juli 13, 2016
  6. majic November 13, 2016
    • Agus Sugiyanto November 14, 2016

Leave a Reply