Stop Illegal Logging yang Dapat Merusak Hutan di Indonesia

Illegal Logging hingga saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Sulitnya pemberantasan terhadap illegal logging tidak lepas dari para pemainnya yang merupakan orang berpengaruh. Namun sesulit apapun, Illegal Logging tetap harus dihentikan atau minimal ada aturan yang jelas sehingga kerusakan alam dapat dicegah.

Berikut ini merupakan sikap yang sebaiknya dilakukan pada saat mengetahui atau melihat Illegal Logging terjadi:

1. Memberikan Informasi ke Pemerintah Terkait

Illegal Logging sulit diberantas karena kecenderungan masyarakat yang mengetahui lebih bersikap diam. Jika penebangan pohon dilakukan pada tanah punyanya pemilik lahan sendiri memang sudah haknya pemilik untuk memanfaatkan isinya. Namun jika penebangan dilakukan pada hutan yang merupakan kepemilikan pemerintah, wajib kita informasikan.

2. Memberikan Ilmu Pengetahuan Bahayanya Illegal Logging ke Masyarakat

Tidak semua orang mengerti akan bahayanya Illegal Logging. Yang mereka pahami baru sebatas uang yang bisa didapatkan dari keterlibatan atau melakukan penebangan pohon tanpa peduli terhadap akibat yang bisa ditimbulkan. Berikan masukkan yang positif dan mudah di mengerti.

3. Ikut menggalakkan Reboisasi

Reboisasi merupakan cara terbaik untuk mencegang dampak akibat penggundulan hutan seperti banjir dan tanah longsor. Tanaman kembali lahan yang kosong dengan tanaman berakar tunjang yang baik.

4. Cari Uang dari Jalan yang Benar

Illegal Logging terkadang harus terlibat dengan permainan uang. Hindari hal tersebut karena tidak akan membawa kebaikan. Kita tentu saja tidak ingin menghidupi keluarga dengan status uang yang tidak jelas.

Itulah beberapa hal yang harus kita lakukan agar lingkungan tetap terjaga. Bencana akibat berkurangnya hutan sudah sering terjadi, jangan tambah lagi kerusakan yang lebih besar.

Leave a Reply