Mengenal Lebih Dekat Jamur Tiram Putih

Jamur Tiram Putih – Jamur merupakan jenis tanaman yang biasanya tidak berwarna hijau, hal tersebut terjadi karena jamur dapat tumbuh berkembang karena mengkonsumsi sisa nutrisi pada tanaman sehingga tidak perlu melakukan fotosistesis. Sebagai tanda tidak melakukan proses fotosintesis yaitu jamur mudah tumbuh pada daerah yang kurang sinar matahari dan lembab.

Salah satu jenis jamur tersebut adalah jamur tiram putih. Jamur jenis ini mudah ditemui pada daerah yang subur dan lembab namun aliran udara cukup lancar. Mudah tumbuh pada kayu lapuk, serbuk kayu gergaji, kapas basah dan jerami basah. Dinamakan Jamur Tiram Putih karena bentuknya menyerupai Tiram dan berwarna putih.

Jamur Tiram Putih layak untuk dikonsumsi oleh manusia. Bahkan mempunyai khasiat untuk kesehatan badan. Manfaat tersebut antara lain: Mencegah terjadinya Hipertensi, mencegah penyakit kanker. Pesatnya perkembangan teknologi penelitian akan jenis jamur yang ada maka telah ditemukan senyawa aktif yang disebut Lovastatin yang berguna untuk menurunkan kolesterol.

Saat ini jamur tiram putih telah dikembangkan menjadi bermacam jenis makanan yang diantaranya yaitu kerupuk, keripik jamur dan juga olahan menjadi salad yang sangat digemari di Eropa dan Amerika. Potensi bisnis makanan olahan jamur jenis ini masih sangat terbuka.

Tags:

Leave a Reply