17 Jenis Udang Hias yang Bisa Mempercantik Aquascape

Udang Hias – Mempunyai rumah indah dan nyaman merupakan dambaan setiap orang. Pasalnya rumah indah serta nyaman dapat mengurangi rasa lelah setelah bekerja.

Dengan melihat rumah yang indah menawan seseorang akan merasa senang sehingga orang tersebut lebih banyak memproduksi hormon Endorphine yang berguna untuk mengendalikan perasaan stres serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ada berbagai cara agar rumah terlihat indah dan nyaman. Salah satunya adalah menaruh akuarium atau aquascape di salah satu sudut rumah. Dengan berbagai macan jenis ikan hias yang berada di dalam aquascape menjadikan rumah lebih indah dan menarik.

Selain diisi dengan tumbuhan, bebatuan dan berbagai jenis ikan hias ternyata aquascape juga banyak diisi dengan udang hias. Jenis udang hias untuk aquascape umumnya dari jenis udang air tawar. Udang-udang ini ada berbagai jenis dan warna yang sangat menarik.

Berikut 17 jenis udang hias yang bisa mempercantik aquascape:

1. Red Cherry Shrimp

red cherry shrimp, jenis udang hias keluarga karidina

www.youtube.com

Udang Red Cherry adalah jenis udang air tawar family Caridina yang berasal dari Taiwan. Udang yang dapat hidup hinga 2 tahun ini memiliki memiliki warna merah transparan yg cantik. Udang jantan Red Cherry mempunyai warna lebih menyala serta berukuran lebih kecil dibandingkan udang betina.

Udang Red Cherry merupakan udang pemakan alga sehinga cocok untuk mengendaikan alga di akuarium. Udang jenis ini menyukai ekosistem berupa tanaman serta rumput.

2. Yellow Fire Shrimp

yellow fire shrimp, jenis udang hias warna kuning

Yellow Fire Shrimp Image by: petshrimp.com

Udang ini satu-satunya udang hias berwarna kuning. Udang hasil pemijahan dari jenis Red Cherry Shrim liar ini menjadi favorit para pengoleksi udang hias karena warnanya yg unik serta kuat dengan perubahan cuaca.

3. Red Rili Shrimp

Red Rili, udang hias keluarga Caridina

Red Rili Shrimp Image by: ramonaosche.com

Udang ini juga termasuk keluarga Caridina yang berasal dari Taiwan. yang membuatnya berbeda dari jenis Red Cherry adalah di bagian badan udang ini berwarna putih transparan. Awal dikenalkan oleh peternak asal Taiwan sekitar tahun 2010.

4. Red Bee Shrimp

Red Bee Shrimp, jenis udang hias hasil persilangan

Red Bee Shrimp Image by: youtube.com

Warnanya sedikit mirip dengan udang Red Rili yang berwarna merah dan putih transparan, udang Red Bee ini mempunyai warna merah dan putih susu, sehingga warna pada udang ini kelihatan lebih cerah.

Red Bee Shrimp atau kadang disebut Crystal Red Shrimp termasuk udang jenis Caridina. Udang cantik ini merupakan mutasi merah dari Bee Shrimp liar.

Udang ini pertama kali dikembang biakkan oleh seorang warga Negara Jepang bernama Hisayasu Suzuki. Hal itu bermula ketika Hisayasu Suzuki menemukan satu dari Black Bee Shrimp miliknya memiliki garis-garis merah.

Ia lalu menyilang Black Bee Shrimp dengan udang Bee lain untuk memproduksi lebih banyak warna varietas udang merah.

5. Black Bee Shrimp

jenis udang hias ini tidak disukai kolektor

Black Bee Shrimp Image by: crustahunter.com

Black bee shrimp atau lebih dikenal Bee Shrimp/Crystal Shrimp mempunyai karakter seperti Red Bee Shrimp. Udang ini kurang terlalu disukai kolektor udang hias karena warnanya kurang menarik yaitu hitam dan putih.

6. Golden Bee Shrimp

jenis udang hias yang berwarna keemasan

Golden Bee Shrimp Image by: shrimptank.ca

Golden Bee Shrimp sering disebut juga Udang Merah Kristal Emas (Golden Crystal Red Shrimp), Udang Merah Kristal Putri Salju (Snow White Crystal Red Shrimp) dan Udang Merah Kristal Putih (All-White Crystal Red Shrimp). Udang ini dijuluki seperti itu karena warna tubuhnya didominasi warna putih salju dengan sedikit warna merah.

Yang paling unik dari udang ini adalah warna warna emas dalam tubuhnya. Udang yang masih keluarga Caridina ini menyukai makanan sejenis alga dan ganggang air.

7. Blue Pearl Shrimp

Blue pearl Shrimp, udang hias asal Taiwan

Blue Pearl Shrimp Image by: pantedtank.net

Blue Pearl Shrimp juga masih jenis udang Caradina yang berasal dari Taiwan. udang ini berwarna biru terang, sangat cocok untuk menghias aquascape. Dengan warnanya yang indah udang ini termasuk udang hias yang banyak peminatnya.

8. Mandarin Shrimp

jenis udang hias asal sulawesi-indonesia

Mandarin Shrimp Image by: absolutelyfish.com

Mandarin shrimp merupakan udang family caradina yang berasal dari Sulawesi – Indonesia. Udang ini memiliki warna khas oranye transparan dengan bintik-bintik merah pada sekujur badannya.

Habitatnya adalah di lingkungan yang memiliki banyak tanaman hijau khususnya rumput. Makanan utamanya alga serta sampah organic yang dihasilkan oleh ikan dan tumbuhan. udang jantan jenis ini umumnya memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan udang betina.

9. Amano Shrimp

udang hias asal jepang

Amano Shrimp. image by: www.nevertebrate.ro

Udang Amano berasal dari Jepang. Nama Amano beasal dari seorang warga Negara Jepang Takashi Amano yang sering menggunakan udang ini di aquarium sebagai pemakan alga.

Udang yang berwarna coklat agak transparan ini sulit untuk dikembang biakkan sehingga populasinya tidak sebanyak jenis udang lain.

10. Cardinal Shrimp

Cardinal, udang hias Sulawesi

Cardinal Shrimp Image by: aquaticmag.com

Cardinal Shrimp berasal dari Sulawesi – Indonesia. Udang ini berwarna merah gelap dengan bintik-bintik putih disekujur tubuhnya.

Keunikan lain dari udang ini adalah ujung ekornya yang berwarna putih semakin menambah kecantikan warnanya. Udang jenis ini lebih senang berada diantara bebatuan serta pasir daripada tanaman maupun rumput hijau.

Makanan utamanya adalah alga sehingga udang ini juga cocok sebagai pembersih sampah organik hasil tanaman maupun ikan lainnya. Selain pemakan alga udang ini juga merupakan hewan karnivora, memakan hewan-hewan dengan ukuran lebih kecil.

Rekomendasi bacaan: 9 Fakta Unik Musang Bulan yang Perlu Kamu Ketahui

11. Neon Shrimp

udang hias neon berasal dari india

Neon Shrimp Image by: shrimpusa.com

Udang ini termasuk dalam keluarga udang Caradina yang berasal dari India dan Malaysia. Udang dengan warna hijau transparan ini lebih suka hidup dalam lingkungan yang memiliki banyak tanaman berupa rumput.

Makanan utama udang ini segala jenis alga serta lumut yang dihasilkan oleh tanaman maupun ikan hias.

12. Red Nose Shrimp

udang hias red nose hidung panjang yang lucu

Red Nose Shrimp Image by: qldaf.com

 

Red Nose Shrimp merupakan udang hias family Caradina yang cukup banyak diminati. Udang asal India ini memiliki warna putih transparan dengan hidung memanjang berwarna merah. Udang ini banyak diminati karena bentuknya yang berbeda dari jenis udang lain.

Red Nose lebih suka hidup di lingkungan yang banyak terdapat tanaman air, kayu-kayuan dan batu. Makanan utamanya adalah lumut serta alga yang dihasilkan dari tanaman air.

13. Vampire Shrimp

jenis udang hias paling besar

Vampire Shrimp Image by: kobalinverts.com

Vampire shrimp adalah udang hias family Atyidae yang berasal dari Afrika Barat dan Amerika Selatan bagian Timur. Karena ukurannya lebih besar dibanding udang hias jenis lain, udang ini juga biasa disebut Udang Besar Afrika. Makanan utamanya alga yang dihasilkan dari tanaman air dan ikan serta planton-planton kecil.

14. Bamboo Shrimp

udang hias ini disebut juga udang kayu singapura

Bamboo Shrimp Image by: youtube.com

Udang hias family Atyidae yang lain adalah Bamboo Shrimp. Walaupun masih satu family dengan Vampire Shrimp yang berasal dari Afrika dan Amerika, udang ini ternyata berasal dari Asia Tenggara.

Bamboo Shrimp (Udang Bamboo) biasa disebut juga Udang Kayu Singapura (Singapore Wood Shrimp), Udang Bunga (Flower Shrimp), Udang Kayu (Wood Shrimp) dan Udang Kipas (Fan Shrimp).

Makanan utama udang ini adalah alga yang dihasilkan dari ikan dan tanaman air, mikroorganisme serta materi lainnya yang mengambang di air aquarium.

15. Ninja Shrimp

udang hias ninja atau caridina serriatirostris

Udang Ninja. via: crustahunter.com

Ninja Shrimp atau Udang Ninja memiliki warna yang berbeda dari udang hias lainnya. Warna umum udang ninja adalah perunggu sampai merah kebiruan. Udang ini memiliki nama latin Caridina serriatirostris, masih keluarga besar udang caridina.

Udang yang berasal dari Indonesia ini sangat sensitif terhadap senyawa tembaga dan nitrogen dalam aquascapeaquarium. Selain itu udang ini juga memiliki karakter sangat pemalu, ia dapat bersembunyi seharian di balik tanaman dan hanya keluar untuk makan.

Udang ninja merupakan salah satu contoh dari metamorfosis yang sempurna, dimulai dari telur yang kemudian menetas menjadi larva. Di alam, larva mengalir mengikuti arus sungai sampai ke laut dimana mereka melewati sebuah transformasi lebih lanjut.

Dalam perkembangbiakannya udang ninja memerlukan salinitas air (kadar garam dalam air) yang cukup.

16. Black Kingkong Shrimp

udang hias jenis black kingkong shrimp

Udang Kingkong Hitam. via: www.mforum2.cari.com.my

Black kingkong shrimp atau Udang kingkong hitam merupakan udang hibrida yang berhasil dikembangkan oleh perhimpunan Aquarium Taiwan. Udang dengan warna hitam dan putih ini rata-rata memiliki panjang 1,5 sampai 2,5 sentimeter dan memiliki umur sekitar 16 bulan.

Sejak pertama kali dikenalkan kepada pehobi ikan hias, udang kingkong hitam sudah menjadi daya tarik utama.

Sayangnya udang ini masih langka, bahkan di negeri asalnya Taiwan, peternak hanya dapat menghasilkan kurang dari 100 ekor udang dalam sebulan. Hal itu dikarenakan tingkat kemampuan bertahan hidup udang kingkong hitam masih sekitar 10 persen.

17. Caridina Spinata Shrimp

udang hias jenis caridina spinata shrimp

Udang Caridina Spinata
via: www.aquariophilelorrain.com

Udang Caridina Spinata merupakan udang keluarga caridina asal Indonesia. Udang ini juga merupakan hewan endemik Danau Towuti, Provinsi Sulawesi.

Udang Spinata mempunyai mulut panjang, sedikit melengkung dan sangat runcing. Warnanya didominasi merah dengan beberapa garis tipis berwarna kuning.

Dari berbagai jenis udang hias yang cantik-cantik tersebut, Apa kamu sudah mempunyai gambaran mau diisi udang jenis yang mana aquascape kamu?

Semoga bermanfaat.

 

Save

Leave a Reply