Keutamaan Membaca Al-quran

Keutamaan Membaca Al-quran – Al-quran diturunkan sebagai petunjuk dalam menjalani gerak langkah kehidupan dan juga sebagai pembeda antara yang benar (haq) dengan yang salah (bathil), maka tentu saja sangat perlu kita fahami makna yang terkandung didalamnya.

Langkah awal yang dapat ditempuh agar dapat memahami dan seterusnya dapat mengaplikasikan nilai-nilai dalam Al-quran adalah dengan membacanya secara istiqomah.

Dengan membaca Al-quran, kita dapat mengetahui berbagai hal yang berkenaan dengan perintah-Nya, larangan-Nya, kisah tauladan yang kaya hikmah, dan begitu banyak ilmu yang Allah cantumkan dalam Kitabullah ini.

Ditengah kesibukan duniawi yang semakin banyak menyita perhatian dan tidak ada habisnya, dirasa sangat perlu kita tanyakan pada masing-masing diri kita:

“Bagaimana kebersamaan kita dengan Al-quran?”, “Sudahkah kita istiqomah membaca Al-quran?”
Untuk membangkitkan motivasi dalam membaca Al-quran, berikut kami rangkum beberapa keutamaan membaca Al-quran:

1. Menjadi Makhluk Allah yang Terbaik

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Menarik, ya? Dengan jelas Rasulullah SAW menyebut manusia terbaik adalah dia yang mempelajari Al-quran dan mengajarkannya.

Dapat dibayangkan betapa memang pantas seorang pembelajar dan pengajar Al-quran sangat dimuliakan Allah dan Rasul-Nya, karena ketaatannya dalam mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Al-quran serta terus menyebarkannya kepada sesama sehingga tercipta kehidupan yang qurani.

2. Senantiasa Diberi Keselamatan dan Petunjuk

Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjukinya ke jalan yang lurus.” (QS. Al-Ma’idah: 15-16)

3. Al-qur’an akan Menjadi Syafa’at (Pembela) di Hari Kiamat

keutamaan membaca quran

pixabay.com

Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

Bacalah Al-quran, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at pada orang yang mempelajari dan menaatinya.” (HR. Muslim)

Membaca Al-quran adalah salah satu amalan shalih yang dapat memberi pembelaan untuk kita di hari akhir. Hal ini menegaskan kembali betapa diutamakannya membaca Al-quran untuk kita amalkan dalam keseharian, sehingga momen kebersamaan kita dengan Al-quran dapat dijadikan bekal saat menghadap Allah kelak di akhirat.

4. Akan Dipakaikan Mahkota pada Kedua Orang Tuanya

Barangsiapa membaca Al-quran dan mengamalkan isinya, Allah akan memakaikan pada kedua orang tuanya di hari kiamat suatu mahkota yang sinarnya lebih bagus daripada sinar matahari di rumah-rumah dunia , dan dipakaikan kedua orang tuanya perhiasan yang tidak didapatinya di dunia, lalu keduanya bertanya: “Dengan amal apa hingga kita diberi pakaian ini?”, dikatakan: “Karena anakmu hafal Al-quran”. Maka apakah balasan pahala yang akan dianugerahkan kepada orang yang membaca dan mengamalkan Al-quran itu sendiri?“.  (HR. Abu Daud)

Sungguh dahsyat cara Allah membalas setiap amalan yang kita perbuat. Dengan membaca Al-quran, bukan hanya diri kita yang mendapatkan balasan kebaikan tetapi orang tua kita pun ikut merasakannya.

Mahkota kemuliaan yang tidak terbayangkan di dunia akan dipakaikan kepada kedua orang tua kita, insya-Allah. Semoga kita termasuk hamba yang dirahmati-Nya.

5. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat  dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari anugerah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathiir :29-30)

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf Kitabullah maka ia mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak megatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf; lam satu huruf; dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmizi).

6. Sebagai Penyembuh Segala Penyakit

keutamaan membaca quran

pixabay.com

Katakanlah: Al-Quran itu adalah petunjuk dan obat penawar bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Fushshilat : 44)

7. Dikumpulkan Bersama Malaikat

Dari ‘Aisyah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Orang yang pandai membaca Al-quran akan ditempatkan bersama kelompok para malaikat yang mulia dan terpuji. Adapun orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapat dua pahala.” (HR. Muslim)

Apa yang dimaksud dengan dua pahala bagi orang-orang yang terbata-bata dan sulit membaca Al-quran?  Yaitu satu pahala untuk membacanya serta satu pahala untuk susah payahnya dalam membaca Al-quran.

8. Membaca Al-quran Lebih Berharga Dibanding Harta Benda Dunia

membaca quran

500px.com

Dalam hadits qudsi, Rasulullah SAW bersabda,

“Allah berfirman: “Barangsiapa disibukkan dengan mengkaji Al-quran dan menyebut nama-Ku, sehingga tidak sempat memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya sesuatu yang lebih baik dari apa yang Aku berikan kepada orang-orang yang memohon.”  Dan keutamaan Kalam Allah atas semua perkataan adalah seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya. (HR. Tirmidzi)

Dari beberapa keutamaan membaca Al-quran tersebut semoga mampu mengingatkan kita untuk selalu membersamai Al-quran dalam menjalani kehidupan dunia menuju kehidupan abadi yang telah Allah janjikan.

Jadi, mari kita istiqomahkan diri untuk membaca Al-quran!

Bagi anda yang ingin menghafal Al-quran silahkan membaca artikel 10 Cara Mudah Menghafal Alquran

Leave a Reply