Khasiat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Jamur Cordyseps – Cordyceps merupakan sejenis jamur hitam yang berasal dari pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet, Cina. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat efektif untuk penambah stamina.

Jamur cordyceps sudah lama digunakan oleh tenaga medis Cina sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jamur cordyseps mulai diteliti setelah digunakan sebagai obat pada hewan ternak. Setelah masyarakat tahu jamur ini bisa memberikan manfaat, maka selanjutnya jamur cordyseps mulai digunakan sebagai obat herbal tradisional. Adakalanya dikonsumsi terpisah, tapi terkadang juga dipadukan dengan berbagai tanaman hernal lain untuk mengobati penyakit.

Saat ini jamur cordysepc sudah dikembangkan menjadi suplemen kesehatan. Ada banyak nutrisi yang terkandungan pada jamur cordyseps, antara lain; asam amino esensial, peptida, protein, asam lemak, vitamin (B1, B2, B12, E dan K) dan zat-zat lain yang bermanfaat untuk tubuh.

manfaat jamur cordyseps

jaclynchew.blogspot.com

Manfaat Jamur Cordyseps untuk Kesehatan

Diantara manfaat jamur cordyseps untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

Membantu Meredakan Gangguan Pernapasan

Zat cordycepin dan adenosin yang terkandung pada jamur cordyseps dapat menstimulasi efek penyebaran ion pada saluran pernapasan. Penelitian yang dilakukan pada hewan di laboratorium juga menunjukkan peningkatan kapasitas penggunaan oksigen pada hewan tersebut.

Bagi orang dewasa, mengkonsumsi jamur cordyseps secara teratur dapat meredakan gejala penyakit asma. Namun bagi anak-anak jamur ini tidak memberikan efek apa pun, meskipun dipadukan dengan herbal lain.

Dalam studi lain ditemukan bahwa jamur cordyseps dapat meringankan penyakit bronkitis, asma dan penyakit paru obstruktif kronik.

Mengobati Diabetes

Penelitian yang dilakukan pada hewan membuktikan bahwa ekstrak polisakarida yang terkandungan di dalam jamur cordyseps dapat membantu menurunkan kadar gula darah, hal tersebut terjadi karena polisakarida dapat meningkatkan kepekaan terhadap insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa.

Memperlambat Pertumbuhan Tumor

Jamur cordyseps bisa meransang sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi tumor pada beberapa jenis penyakit kanker.

Memperlambat Penyakit Ginjal

Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa jamur cordyseps bisa memperlambat fibrosis ginjal. Fibrosis ginjal merupakan penyakit ginjal stadium lanjut. Bila jamur cordyseps bisa memperlambat fibrosis ginjal, maka tentu saja jamur ini juga dapat memperlambat penyakit ginjal stadium awal.

Membantu Meredakan Peradangan

Setelah dilakukan penelitian pada hewan beberapa kali, ditemukan bahwa jamur cordyseps dapat mengurangi peradangan. Bahkan, pada penelitian tersebut jamur cordyseps mampu mengurangi keparahan penyakit lupus, mengingkatkan kelangsungan hidup pada pasien cangkok jantung dan dapat menekan efek toksin bakteri etreptokokus.

Melindungi Jantung

Jamur cordyseps juga bermanfaat untuk penderita gangguan ritme jantung atau aritmia. Bahkan, di beberapa penelitian menunjukkan jamur ini bisa meningkatkan fungsi jantung. Namun, pernyataan terakhir ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Melawan Penuaan

Di negeri asalnya, jamur cordyseps telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi efek penuaan seperti cepat lemas, kelelahan dan impotensi. Memang sudah ada penelitian tentang hal ini, namun sayangnya belum didokumentasikan dengan baik.

Namun demikian, jamur ini telah dilakukan percobaan pada tikus, hasilnya menunjukkan peningkatan dan kemampuan belajar dari tikus.

Meningkatkan Performa Fisik

Salah satu manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi jamur cordyseps adalah meningkatnya ketahanan dan performa fisik ketika berlatih. Hal ini sudah dibuktikan sendiri secara turun temurun oleh warga Tibet dan sekitarnya, dimana jamur ini tumbuh subur disana.

Bagi wanita hamil, mengkonsumsi jamur cordyseps perlu konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Karena belum diteliti lebih jauh apakah mengkonsumsi jamur ini aman untuk wanita hamil.

Itulah beberapa manfaat jamur cordyseps untuk kesehatan. Kamu juga musti konsultasi dengan dokter jika ingin mengkonsumsi jamur cordyseps untuk pengobatan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply