Lebih Mengenal Tanaman Hias Adenium

Tanaman Hias Adenium – Adenium sering dikenal dengan nama lain yaitu kamboja Jepang. Secara aktual sebenarnya di Jepang sulit ditemukan tanaman kamboja, bahkan di jepang banyak didominasi oleh pohon pinus dan pohon subtropis lainnya.

Tidak seperti halnya di Jepang, di Indonesia sangat mudah ditemukan jenis kamboja. Bahkan tanaman ini sering digunakan sebagai perindang pemakaman.

Bagaimana hubungannya dengan adenium yang sering dijumpai di taman rumah? Adenium merupakan hasil revolusi atau persilangan antara jenis kamboja dengan corak yang berbeda sehingga didapatkan karakter baru. Karena persilangan dilakukan secara terus menerus terhadap generasi yang ada maka saat ini telah tercipta jenis adenium hingga ratusan model kembangnya.

Hasil silangan adenium mulai terkenal sejak dua puluh tahun yang lalu. Hingga saat ini ada dua spesies yang terkenal yaitu Adenium Obesum dan Adenium Arabicum. Sebenarnya ada beberapa lagi jenis adenium dari Thailand, namun pamornya masih kalah dengan adenium jenis obesum.

 

bunga adenium

prasathgarden.blogspot.com

Daya tarik tanaman hias ini yaitu:

1. Pada Bagian Bunga

Bunga adenium beraneka ragam warna. Dari warna putih hingga kebiru-biruan telah mampu dirilis oleh penyilang-penyilang adenium lokal maupun dari Thailand. Posisi kelopak bunga juga semakin variasi. Bentuk yang terakhir yaitu bertumpuk tiga yang sekilas seperti bunga mawar (mungkin penyilangnya menggunakan bunga mawar).

2. Pada Bagian Bonggol

Salah satu kelebihan tanaman hias jenis ini yaitu akarnya mampu menyimpan air dalam jumlah banyak sehingga lama kelamaan akar menjadi besar yang lazim disebut Bonggol. Bonggol sering dibentuk menyerupai bonsai tertentu sehingga tanaman kelihatan sangat indah. Sayang kelemahan utama tanaman ini yaitu membusuknya bonggol karena terkena virus atau terendam air dalam waktu lama.

3. Pada Bagian Batang dan Daun

Pada bagian ini tidak terlalu menonjol daya tariknya. Namun tetap berpengaruh karena kondisi batang dan daun yang terawat dapat memberikan gambaran terhadap tingkat kesehatan tanaman.

Itulah sekilas tentang tanaman hias adenium. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply