Macam-macam Asuransi Perjalanan

Macam-macam asuransi perjalanan jumlanya sudah cukup banyak dan sangat beragam. Asuransi perjalanan sangatlah penting untuk dipertimbangkan terutama jika seseorang ingin dan akan bepergian jauh. Saat bepergian pastinya risiko kecelakaan yang mungkin dialami orang yang bersangkutan akan lebih besar.

Maka dari itu, seseorang yang akan bepergian sebaiknya menggunakan asuransi perjalanan sebagai jaminan perlindungan risiko kecelakaan maupun kehilangan yang dapat terjadi. Tetapi, sebelum memilih asuransi perjalanan mana yang akan digunakan maka sebaiknya terlebih dahulu mengetahui macam dari asuransi perjalanan.

Berikut ini merupakan beberapa macam asuransi perjalanan:

Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jangka Waktu Berlaku

Asuransi berdasakan jangka waktu berlaku dibagi menjadi dua yaitu asuransi perjalanan satu kali (single trip insurance) dan asuransi perjalanan tahunan (annual travel insurance). Asuransi perjalanan satu kali atau single trip insurance adalah asuransi perjalanan yang jangka waktu berlakunya hanya satu kali perjalanan. Jangka waktu asuransi perjalanan satu kali ini berlaku mulai dari pemilik asuransi berangkat dari rumah hingga sampi ke rumah lagi.

Asuransi ini sangat cocok bagi seseorang yang jarang bepergian karena asuransi akan berakhir masa berlakunya setelah sekali digunakan dan bila ingin memiliki asuransi ini lagi maka harus membeli asuransi perjalanan satu kali yang baru.

Berbeda dengan asuransi tahunan atau annual travel insurance. Asuransi tahunan merupakan asuransi dengan jangka waktu berlaku selama satu tahun. Masa berlaku asuransi ini misalnya dimulai pada tanggal 7 Juni 2016 tengah malam hingga 7 Juni 2017 tengah malam. Waktu masa berlaku yang digunakan sesuai dimana polis asuransi tahunan tersebut diterbitkan. Pemilik asuransi tahunan dapat menerima manfaat dari asuransi perjalanan ini dalam jangka waktu setahun dan tidak perlu memberikan laporan kepada pihak asuransi setiap pemiliik ingin bepergian.

Asuransi jenis ini sangatlah cocok bagi seseorang yang sering sekali bepergian karena pembayaran asuransi akan lebih murah jika dibandingkan harus memperbaharui asuransi setiap melakukan perjalanan. Dengan menggunakan asuransi tahunan, seseorang yang sering berpergian akan memdapatkan perlindungan risiko atas kecelakaan maupun kehilangan selama satu tahun.

Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jumlah Tertanggung

Asuransi jenis ini dikelompokkan menjadi dua berdasarkan jumlah orang yang tertanggung antara lain asuransi perjalanan individu (Individual Travel Insurance) dan asuransi perjalanan kelompok (Group Travel Insurance). Perbedaan asuransi perjalanan individual dan asuransi perjalanan terletak pada jumlah orang yang diasuransikan. Asuransi perjalanan individu atau individual travel insurance merupakan asuransi perlindungan untuk satu orang dewasa hingga satu keluarga. Satu keluarga dalam hal ini dimaksudkan untuk dua orang dewasa tiga orang anak yang masih ada kaitannya setidaknya dengan satu orang dewasa tersebut.

Sedangkan asuransi perjalanan kelompok atau group travel insurance adalah asuransi yang memberikan perlindungan risiko kepada beberapa atau banyak orang dewasa. Umumnya asuransi perjalanan kelompok dimiliki oleh setidaknya minimal lima orang dewasa yang tidak harus memiliki kaitan keluarga satu sama lain. Asuransi perjalanan individu sangat cocok digunakan bagi seseorang yang akan bepergian sendiri maupun dengan keluarga. Berbeda dengan asuransi perjalanan kelompok lebih cocok digunakan perusahaan yang ingin memberangkatkan karyawan untuk bepergian secara bersama. Asuransi perjalanan kelompok ini  juga memiliki harga yang umumnya relatif lebih murah dari asuransi perjalanan individu.

Asuransi Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Macam asuransi yang lainnya yakni asuransi berdasarkan tujuan perjalanan meliputi asuransi perjalanan wisata (leisure trip insurance) dan asuransi perjalanan bisnis (business trip insurance). Asuransi perjalanan wisata ditujukan untuk orang yang bepergian dengan tujuan berwisata. Sedangkan asuransi perjalanan bisnis untuk orang yang bepergian dengan tujaun bisnis atau bekerja. Kedua asuransi ini memang tidak terlihat berbeda selain dari tujuan perjalanan, namun kedua asuransi ini menawarkan manfaat yang berbeda. Asuransi perjalanan wisata dan bisnis memang sama-sama menawarkan perlindungan terhadap barang pribadi pemilik namun asuransi bisnis biasanya memberikan biaya penggantian yang lebih besar terhadap barang pribadi yang penting serta berkaitan dengan pekerjaan.

Tidak hanya itu saja, asuransi perjalanan wisata umumnya lebih mahal dibandingkan dengan asuransi perjalanan bisnis mengingat aktivitas yang akan dilakukan oleh pemilik asuransi perjalanan wisata dan bisnis berbeda. Sekarang ini sudah ada asuransi bisnis dan wisata atau bleisure yang menawarkan kedua manfaat tersebut. Asuransi perjalanan bleisure sangat baik bagi seseorang yang ingin bekerja dan berwisata setelah maupun sebelumnya.

Asuransi Berdasarkan Tempat Tujuan Perjalanan

Macam-macam asuransi perjalanan yang terakhir adalah asuransi berdasarkan tempat tujuan perjalanan. Tempat tujuan perjalanan yang dimaksud meliputi perjalanan domestik (domestic trip) dan perjalanan internasional (internasional trip). Asuransi perjalanan domestic atau domestic trip insurance memberikan manfaat jaminan perlindungan bagi pemilik asuransi tetapi hanya di dalam negeri.

Berbeda dengan asuransi perjalanan internasional atau international trip insurance yang memberikan jaminan perlindungan risiko pemilik asuransi yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Perbedaan asuransi perjalanan domestik dan luar negeri yang lainnya terletak pada harga asuransi internasional yang lebih mahal mengingat pembayaran perlindungan risiko juga lebih banyak. Namun, sekarang ini terdapat asuransi yang memberikan perlindungan di dalam negeri atau domestik dan luar negeri atau internasional. Bagi yang sering melakukan perjalanan di dalam maupun ke luar negeri dapat menggunakan asuransi ini.

Macam-macam asuransi perjalanan di atas merupakan asuransi yang terdapat di Indonesia atau travel insurance Indonesia yang dapat dipilih sesuai dengan perjalanan yang akan dilakukan. Seseorang juga dapat memiliki lebih dari satu asuransi ataupun asuransi tambahan yang dapat digunakan bila kerugian yang terjadi melebihi jumlah yang ditentukan dan disediakan untuk digantikan maupun dibayarkan asuransi tertentu. Sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin dan tanyakan sedetail mungkin sebelum memilih asuransi sehingga asuransi yang dipilih nantinya memang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan.

 

Leave a Reply