Makanan Ibu Hamil yang Baik Untuk Perkembangan Kandungan dan Janin

Makanan Ibu Hamil – Jika Anda sedang hamil dan ingin menjamin kesehatan kandungan Anda, Anda tentu harus memilih makanan ibu hamil yang baik. Ketika ibu hamil, mereka membutuhkan asupan nutrisi spesial karena tubuh mereka harus memberi makan dua jiwa pada saat hamil.

Janin yang mendapatkan nutrisi dari ibu tentu belum bisa menentukan mana makanan yang baik. Oleh karena itu, tugas seorang ibulah yang harus menjadi selektif ketika memilih makanan.

Jika Anda ingin menjadi ibu yang pintar, ikutilah tips memilih makanan bagi ibu hamil berikut ini, pertumbuhan janin Anda akan sehat dan normal.

Kacang Kedelai

Makanan ibu hamil yang harus dikonsumsi adalah kacang kedelai. Berbagai olahan kacang kedelai mulai dari tempe sampai susu kedelai sangat disarankan ketika seseorang sedang hamil.

Mengapa begitu? Di dalam kandungan kacang kedelai, terdapat kandungan protein nabati yang tinggi. Protein ini lebih mudah untuk dicerna dan digunakan oleh tubuh. Kita tahu tentunya bahwa peran protein adalah pembuatan dan regenerasi sel sehingga akan mempercepat pertumbuhan janin serta memberikan sel yang lebih matang.

Kacang kedelai juga merupakan sumber makanan yang murah dan tentunya membuat kacang kedelai mudah dikonsumsi.

Daging Tanpa Lemak

Jika seorang ibu hamil ingin memakan daging, pastikan makanan ibu hamil tersebut adalah daging yang tak berlemak. Daging merupakan makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat hamil karena dua alasan.

Pertama, daging juga merupakan salah satu sumber terbesar protein yang akan memiliki fungsi seperti yang telah disebutkan diatas.

Kemudian, daging juga mengandung zat besi. Zat ini membantu proses pembentukan darah sehingga peredaran darah pada bayi juga semakin normal. Untuk mengurangi rasa lelah saat hamil, daging juga memiliki kandungan zinc yang besar sehingga memungkinkan stamina lebih untuk menjalani hari.

Oatmeal

Sebagai pengganti nasi, makanan ibu hamil yang disarankan adalah oatmeal. Oatmeal lebih disarankan dibanding mengkonsumsi sereal saat hamil karena kandungan nutrisi oatmeal jauh lebih kaya. Oatmeal memiliki berbagai nutrisi seperti vitamin serta mineral untuk menyehatkan janin.

Kemudian, karbohidrat kompleks yang terdapat pada oatmeal membuat kita mendapatkan cadangan energi yang banyak untuk menjalani hari dengan perut hamil. Kehamilan tentu sangat melelahkan karena kita memiliki beban tambahan pada perut kita.

Untuk itu, asupan energi yang cukup sangat disarankan agar energi untuk Anda dan bayi Anda dapat tercukupi dengan baik.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan makanan ibu hamil yang penting untuk perkembangan janin Anda. Pada ikan salmon, terdapat lemak yang sangat bermanfaat bagi janin yaitu omega 3. Omega 3 merupakan zat yang membuat pola pikir janin nantinya lebih encer. Omega-3 merangsang sistem pemikiran bayi lebih baik.

Jika Anda menginginkan anak yang pintar, Anda harus memperbanyak asupan dari ikan salmon ini. Jika Anda tidak dapat menemukan ikan salmon, Anda bisa mengkonsumsi walnut karena walnut juga mengandung omega-3.

Yoghurt

Olahan dari fermentasi susu bernama yoghurt merupakan makanan ibu hamil yang tepat. Yoghurt dipilih karena keutamaan yang mengandung vitamin D serta kalsium. Vitamin D dan kalsium bersama-sama memberikan tulang yang kuat bagi janin.

Dengan asupan yang cukup, pertumbuhan tulang dari janin akan normal dan baik. Selain itu,masih banyak lagi mineral yang ada dalam yoghurt ini yang akan membantu pertumbuhan bayi. Makanan untuk ibu hamil ini rasanya juga enak ketika diberikan rasa buah atau rasa yang disukai oleh pengkonsumsinya.

Keju

Untuk makanan ibu hamil, tentu banyak orang yang akan menyukainya. Keju merupakan makanan bagi ibu hamil yang nikmat. Anda boleh mengkonsumsi keju dalam bentuk olahan apapun. Keju ini memberikan asupan protein yang tinggi bagi tubuh ibu. Protein tentunya sangat penting seperti yang telah disebutkan tadi.

Selain itu, kandungan tinggi lainnya adalah kalsium dimana kalsium ini akan membantu pertumbuhan janin. Anda harus mengkonsumsi keju dengan teratur jika Anda ingin mendapatkan perkembangan yang baik pada janin Anda, sehingga janin akan terlahir normal dan sehat.

Jika Anda mengolah keju, pastikan olahan tersebut merupakan olahan aman dan tidak mengandung terlalu banyak zat yang tidak baik untuk ibu hamil seperti penambahan garam yang banyak atau makanan mentah.

Brokoli

Sayuran hijau selalu memberikan hal baik dan salah satu makanan ibu hamil yang bagus untuk bayi tentunya adalah brokoli. Kandungan yang bermanfaat bagi ibu hamil banyak sekali terdapat pada brokoli ini. Brokoli mengandung asam folat yang akan membuat perkembangan otak bayi semakin baik. Untuk menghindari bayi dari serangan virus, brokoli memiliki antioksidan yang sangat bermanfaat.

Untuk memberikan asupan energi yang cukup bagi ibu hamil, brokoli memiliki serat yang menyehatkan. Konsumsi brokoli yang teratur setiap hari merupakan tujuan yang harus didapatkan tentunya bagi ibu yang sedang hamil.

Roti Gandum

Kita sering mengkonsumsi roti tawar karena sangat praktis untuk dimakan, apalagi ketika menjadi seorang ibu hamil yang dituntut untuk tidak terlalu banyak beraktifitas. Jika seorang ibu senang mengkonsumsi roti tawar, alangkah baiknya makanan ibu hamil tersebut diganti dengan roti gandum.

Roti gandum lebih baik untuk ibu hamil karena nutrisinya lebih tinggi dibandingkan dengan roti tawar. Pertama, roti gandum memiliki karbohidrat serta serat yang banyak sehingga memberi energi dan rasa kenyang yang lebih lama. Kemudian, zat besi dalam roti gandum membuat pembentukan organ serta darah pada janin menjadi lebih baik.

Itulah makanan ibu hamil yang tentunya akan memberikan kesehatan yang maksimal bagi ibu hamil. Makanan tersebut memberikan asupan nutrisi yang baik tidak hanya untuk ibu hamil namun untuk perkembangan janin juga. Perkembangan janin dapat Anda kontrol ke arah yang baik dengan memilih asupan ibu hamil yang memberikan manfaat.

Banyak sekali asupan yang bisa diberikan yang meliputi makanan bervitamin, berprotein, dan bermineral. Jika Anda ingin melahirkan anak dengan sehat tanpa cacat apapun, pastikan Anda mengkonsumsi makanan diatas secara teratur dan bergantian agar Anda tidak merasa bosan.

Sekarang, waktunya Anda menerapkan saran di atas jika Anda ingin mendapatkan kualitas kesehatan yang baik saat hamil.

Deskripsi: makanan ibu hamil harus dipenuhi berdasarkan nutrisi yang akan didapat dan nutrisi tersebut akan memberikan efek baik pada ibu hamil dan janinnya.

Leave a Reply