Manfaat Positif dari Rumput Alang-alang

Meskipun persepsi buruk pada rumput alang-alang atau ilalang (bahasa latinnya Imperata cylindrica) karena sering tumbuh liar pada lahan petani sehingga mengganggu cocok tanam mereka, namun masih ada manfaat positif dari rumput alang-alang.

Manfaat tersebut antara lain:

1. Rimpang dan akar alang-alang dapat digunakan sebagai bahan obat yang dapat menyembuhkan panas dalam, mengobati demam, meluruhkan kencing, jantung koroner, gangguan prostat, penyakit batu ginjal, hipertensi, kencing batu, penyakit asma, batu empedu dan bahkan mimisan. Hampir semua menggunakan akar alang-alang yang direbus kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.

2. Alang-alang dapat dimanfaatkan sebagai penguat pada tanah yang labil atau mudah longsor. Yaitu dengan kemampuan akar rimpang alang-alang yang kuat dan ulet sehingga mampu menahan pergerakan tanah.

Kemampuan untuk menahan erosi diperkuat lagi dengan kondisi daunnya yang rapat sehingga mampu menahan laju air hujan yang jatuh tidak langsung mengenai tanah.

akar alang alang

urswick.com

3. Pada jaman dahulu dan era modern seperti sekarang ini, daun alang-alang sering digunakan sebagai atap rumah. Kemampuan daun alang-alang untuk mengalirkan air yang baik dan mudah disusun membuat atap yang dibuat dari alang-alang tidak mudah bocor.

Jika daun alang-alang pada jaman dahulu sebagai atap, mungkin karena masih susah untuk mendapatkan tutup atap dari bahan genteng yang dibuat dari tanah liat. Sedangkan pemakaian pada jaman sekarang lebih cenderung karena mengikuti konsep “back to nature” pada rumah-rumah modern dan rumah makan dengan konsep dasar alam sebagai daya tariknya.

4. Dari hasil pengujian pada rumput alang-alang diketahui bahwa pada rumput alang-alang terdapat kandungan kimiawi, diantaranya: manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixo dan anindom. Untuk manfaat dari kandungan unsur kimia tersebut secara aplikasi yaitu untuk penyembuhan penyakit yang telah disebutkan diatas.

Ternyata rumput alang-alang tidaklah seburuk yang dibayangkan. Dengan manfaat positif tersebut, suatu saat pasti pohon alang-alang akan menjadi salah satu komoditas yang sangat diperlukan. Namun biasanya hal tersebut terjadi pada saat rumput alang-alang sudah jarang ditemui atau hampir punah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply