Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan asupan gizi yang banyak agar kandungannya sehat. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah sayuran, buah-buahan, daging, ikan, telur serta susu. Makanan-makanan tersebut harus dikonsumsi secara rutin agar janin dalam kandungannya mendapat nutrisi dan vitamin secara seimbang.

Untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin, ibu hamil dapat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang tentunya diupayakan yang tidak mengandung bakan kimia.

Diantara buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil seperti alpukat, pisang, kacang edamame, dan apel. Dari beberapa buah tersebut, buah apellah yang paling banyak mengandung nutrisi dan vitamin.

Jika dikonsumsi secara teratur, buah apel bermanfaat untuk melindungi janin dari berbagai penyakit pada masa kehamilan hingga melahirkan.

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah apel sebagai makanan pelengkap dalam kesehariannya.

Bagi ibu hamil yang tidak suka buah apel, bisa diganti dengan mengkonsumsi cuka apel. Dengan mengkonsumsi cuka apel, maka kandungan dalam buah apel juga otomatis bisa diperoleh. Bahkan cuka apel lebih banyak memiliki kandungan nutrisi karena telah melalui proses fermentasi.

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi buah apel atau cuka apel bagi ibu hamil:

1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah apel mengandung serat yang bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan sehingga dapat memperkecil resiko semmbelit dan susah buang air besar.

2. Membantu Menghilangkan Bengkak pada Masa Kehamilan

Sebagian ibu hamil terkadang mengalami bengkak pada tangan, kaki dan anggota badan lain. Hal ini biasa terjadi pada ibu hamil yang kurang gerak atau berolahraga. Bengkak pada beberapa anggota badan tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin.

Selain mengatasi bengkak pada ibu hamil, rutin mengkonsumsi buah apel juga dapat menyehatkan janin yang ada di dalam kandungannya.

manfaat-apel-bagi-ibu-hamil

www.pexels.com

3. Membantu Mengurangi Rasa Mual dan Muntah-muntah

Bila asam lambung pada ibu hamil meningkat, dapat menyebabkan rasa mual dan muntah-muntah. Asam lambung ini bisa dikurangi kadarnya dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dengan rasa asam, salah satunya buah apel.

Maka tak heran bila ibu hamil sering minta buah-buahan asam, karena hal tersebut dapat mengurangi rasa mual dan muntah-muntah.

4. Dapat Mencegah Kelahiran Premature dan Memperlancar Proses Persalinan

Dengan rutin mengkonsumsi buah apel dapat mengurangi resiko bayi lahir premature dan memperlancar proses kelahiran.

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pada masa kehamilan, tekanan darah ibu hamil sering mengalami ketidak stabilan. Jika ibu hamil mengalami hal tersebut, sebaiknya segera mengkonsumsi buah apel sebagai agar kadar kolesterol pada pembuluh darah stabil.

Untuk upaya pencegahan agar tekanan darah stabil, sebaiknya ibu hamil rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari.

6. Membantu Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Kehamilan dapat mempengaruhi hormon yang terdapat pada wanita, sehingga ibu hamil terkadang mengalami berbagai penyakit yang sebelumnya jarang diderita. Seperti tumbuhnya jerawat di bagian wajah dan anggota wajah yang lain.

Untuk menstabilkan hormon pada ibu hamil, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah apel setiap pagi.

Cara mengkonsumsi buah apel yang paling baik adalah dengan langsung memakannya. Namun bila tidak ingin repot atau memang tidak suka memakannya langsung, bisa dibuat jus atau kudapan sesuai selera.

Kalau ingin lebih praktis lagi, bisa mengkonsumsi cuka apel sebagai penggantinya. Bahkan saat ini banyak ibu hamil yang lebih suka mengkonsumsi cuka apel. Dengan proses fermentasi yang baik dan higienis, manfaat cuka apel tentu tak kalah dengan mengkonsumsi buah apel secara langsung.

Demikian ulasan tentang manfaat buah apel bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply