Buah Mengkudu yang Tidak Menarik Namun Berkhasiat Tinggi

Manfaat Buah Mengkudu – Berbicara tentang buah mengkudu, kita mengibaratkan dengan sesuatu yang sangat bernilai namun karena penampilannya yang jelek, jadi tidak banyak yang tertarik deh. 🙂

Sudah kita ketahui bersama bahwa, buah mengkudu mengandung unsur-unsur yang sangat penting buat menjaga kesehatan tubuh kita atau malah dapat dijadikan sebagai obat penyembuh. Biar enak, kita bahas deh khasiat buah mengkudu. Tapi tidak pakai bahasa latin ya, pusing gitu.

1. Buah mengkudu mengandung zat anti kanker

Zat anti kanker buah mengkudu terdapat pada ekstrak buah mengkudu. Perlu diketahui bahwa, penyakit kanker terjadi karena adanya proses tumbuhnya sel secara tidak normal di dalam tubuh. Nah, fungsi zat anti kanker yaitu melawan proses perkembangan sel abnormal tersebut.

2. Pada buah mengkudu pula terdapat zat untuk pengobatan

Secara fungsional zat tersebut berguna untuk:

  • Melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah.
  • Mampu membunuh beberapa jenis bakteri dan bersifat fungisida.
  • Bersifat anti peradangan dan anti bakteri.

3. Mengandung sari makanan yang lengkap

Seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral-mineral esensial terkandung lengkap di dalamnya. Hanya saja, kalau kita cium, baunya tidak enak. Namun jika keadaan mendesak, makan saja juga tidak masalah.

4. Mengandung asam askorbat

Asam askorbat ini merupakan sumber vitamin C yang sangat tinggi. Sudah kita ketahui bahwa, vitamin C dapat berfungsi sebagai anti oksidan sehingga berperan untuk menangkal radikal bebas.

Masih banyak yang lainnya tentang kelebihan buah mengkudu, namun cukuplah beberapa hal diatas sebagai pertimbangan atas peranan buah mengkudu yang selama ini terkesan dikesampingkan.

Leave a Reply