Media Tanam Penyemaian Biji Adenium

Melakukan perbanyakan tanaman hias adenium tidaklah terlalu sulit, namun harus lebih mengerti seluk beluk kebutuhan tanaman jenis adenium ini.

Di antara yang sering terabaikan yaitu pada saat mencoba melakukan penyemaian biji adenium sendiri sering mendapatkan biji yang ditanam membusuk dan tidak tumbuh menjadi kecambah calon tunas. Penyebab utama terjadinya hal tersebut yaitu kesalahan pada pemilihan medi tanam.

Berikut ini merupakan media tanam yang biasanya digunakan untuk melakukan penyemaian biji adenium:

1. Pasir Malang 

Pasir malang mempunyai kelebihan dalam hal porositas pada saat dilakukan penyiraman, karena struktur pasir yang kasar dan tidak terlalu lembut. Jenis media seperti pasir malang ini merupakan pilihan favorit bagi penghobi adenium untuk melakukan perbanyakan karena persentase keberhasilannya paling tinggi dibandingkan dengan media tanam yang lain.

media tanam benih adenium

www.cactiguide.com

2. Campuran Pasir Malang dengan Sekam Bakar

Perbandingan campuran pasir malang dengan sekam bakar adalah 1:1. Cara ini juga sering digunakan, terutama untuk daerah yang sangat panas. Daerah yang sangat panas dan dekat laut jika menggunakan pasir malang murni maka kondisi kelembaban media kurang terjaga. Maka dipilihlah media perpaduan tersebut.

Kelemahan jenis media ini yaitu pada saat terjadi musim yang tidak stabil maka kondisi media bisa terlalu lembab sehingga tingkat pembusukan biji adenium yang ditanam relatif besar.

3. Menggunakan Kapas Steril

Penggunaan kapas steril juga sering digunakan, terutama untuk mendapatkan tanaman dengan jenis baru. Cara ini biasanya digunakan oleh lembaga riset dan sekolah-sekolah pertanian. Kelemahan cara ini yaitu dibutuhkan waktu dan biaya ekstra dibandingkan dengan cara lainnya.

Selain itu juga, saat biji telah tumbuh pada kapas tersebut maka akan ada kesulitan pada saat memindahkan ke media yang baru karena akar kecambah masuk ke sela-sela kapas sehingga sulit dilepaskan.

Dari ketiga cara diatas semoga dapat memberikan alternatif saat akan melakukan perbanyakan adenium dengan cara menanam biji adenium. Jika ada cara lain, silahkan isi pada komentar, agar lebih dapat menambah wawasan bersama.

Leave a Reply