5 Aspek Penting dalam Memelihara Ayam

Ayam memang bukan termasuk ke dalam salah satu kategori hewan peliharaan yang lucu dan bersahabat selayaknya hewan kucing, anjing, atau hamster yang banyak disukai orang sebagai hewan peliharaan.

Namun, memelihara ayam juga bukan merupakan suatu pilihan yang buruk. Karena walaupun ayam tidak bersahabat, namun ayam dapat menjadi seekor hewan peliharaan yang menguntungkan bagi tuannya. Tentunya dalam memelihara ayam tidak boleh memelihara dengan asal pelihara saja tanpa tahu bagaimana trik dan apa yang menjadi ayam dapat berkembang dengan baik.

Oleh karenanya sebelum memelihara ayam, alangkah baiknya jika kita mencari tahu dulu apa saja yang dibutuhkan untuk beternak ayam dan bagaimana cara untuk memelihara ayam dengan cara yang baik.

Nah, bagi kamu yang berkenan untuk memulai memelihara ayam, berikut ini kita uraikan tentang aspek penting apa saja yang harus kita perhatikan dalam memelihara ayam agar ayam dapat berkembang sebaik mungkin. Aspek penting dalam memelihara ayam yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Bibit

Bibit memang merupakan sebuah aspek yang sangat menentukan, karena bibitlah yang akan menentukan seperti apa kualitas ternak kita. Bibit yang baik akan menghasilkan ternak yang berkualitas, dan sebaliknya. Oleh karenanya dalam memilih bibit harus benar-benar dipertimbangkan segi kualitasnya.

2. Pakan

Penentu 30% keberhasilan usaha peternakan adalah pakan. Pakan harus disediakan secara rutin untuk hewan peliharaan kita guna memenuhi kebutuhan nutrisinya serta menjaga kesehatan dan kelangsungan hidupnya. Oleh karenanya dalam memberi pakan untuk hewan ternak perhatikan komposisi nutrisinya.

3. Kebutuhan air

Jika manusia sangat membutuhkan dan tergantung terhadap air, maka hewan juga sangat membutuhkannya sama halnya dengan manusia. Oleh karenanya cukupi kebutuhan air bagi hewan ternak anda.

Rekomendasi bacaan:

Ciri-ciri Ayam Jago Tangguh dan Juara

5 Fakta Menarik Ayam Ketawa

4. Kandang

Perhatikan kandang yang kamu siapkan, buat kandang senyaman mungkin. Jika perlu, buat kandang dengan bentuk panggung yang diatasnya dijadikan sebagai habitat bagi hewan ternak sementara di bagian bawah dijadikan tempat penampungan kotoran.

Hal ini yang dapat memberikan kenyamanan bagi hewan ternak dan juga mencegah hewan ternak terserang bibit penyakit.

5. Pengendalian penyakit

Upayakan melakukan pengendalian penyakit agar hewan peliharaan anda dapat terhindar dari penyakit.
Demikianlah aspek penting dalam memelihara ayam yang dapat kita sampaikan sebagai referensi dalam memelihara ayam. Senantiasalah menjaga kesehatan dan kualitas ayam.

Tags:,

Leave a Reply