9 Fakta Unik Musang Bulan yang Perlu Kamu Ketahui

Musang bulan atau dikenal dengan nama latin Paguma Larvata merupakan salah satu musang yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, salah satunya memproduksi bahan kopi luwak. Musang bulan berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara, dan banyak tersebar di daerah hutan tropis.

Di Indonesia sendiri habitatnya masih bisa kita temukan di pulau Sumatera dan Kalimantan saja. Penyebaran musang bulan di Indonesia meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, dan Kalimantan.

Untuk mengenal lebih jauh, dibawah ini kita paparkan beberapa fakta unik mengenai musang bulan yang perlu kamu ketahui. Diantaranya:

Musang Bulan Dapat Memproduksi Kopi Luwak

Perlu kamu ketahui kopi luwak yang sedap itu merupakan hasil produksi musang bulan, terutama kopi luwak yang berasal di daerah Lampung. Untuk menghasilkan kopi luwak, masyarakat biasanya mengambil kotoran musang bulan untuk dijadikan bahan baku kopi luwak.

Tapi bukan kotoran musang bulan yang dijadikan kopi luwak lho ya. Yang dijadikan kopi luwak tetap biji kopi pada umumnya, akan tetapi biji kopi ini diambil dari kotoran musang bulan.

Ini dikarenakan musang bulan sangat teliti dalam hal makanan, termasuk juga memakan biji kopi. Mereka tidak akan memakan biji kopi yang jelek dan belum matang secara sempurna. Sehingga biji kopi yang dikeluarkan dari hasil pencernaan musang bulan lebih bagus kualitasnya, dan tentunya sudah benar-benar batang.

Musang Bulan Termasuk Hewan Omnivora

makanan musang bulan

500px.com

Hewan omnivora bukan hanya tikus, ayam, rakun dan beruang hitam, musang bulan pun termasuk salah satunya. Musang bulan merupakan salah satu hewan omnivora, biasanya di alam bebas mereka bisa hidup dengan memakan sayuran, buah-buahan ataupun binatang-binatang kecil seperti serangga, tikus, itik dan lain-lain.

Buah-buahan Matang Makanan Favorit Musang Bulan

Walaupun musang bulan merupakan hewan pemakan segala, musang bulan sangat menyukai buah-buahan dan sayur-sayuran yang masak dan masih segar.

Muka Topeng Ciri Khas Musang Bulan

Musang bulan memiliki bagian muka yang lucu sehingga orang-orang sering memanggilnya musang muka topeng. Disebut muka topeng karena bagian muka musang bulan terdapat garis putih yang membantang dari hidung hingga kening.

Selain memiliki muka yang unik, musang bulan juga memiliki ekor yang unik, yaitu memiliki ujung ekor yang berwarna putih.

Musang Bulan Termasuk Musang Terbesar Kedua

Musang bulan memiliki ukuran yang berbeda dengan musang lainnya. Yaitu dengan panjang tubuh bisa mencapai 50 cm sampai 76 cm, sedangkan ekornya 50 sampai 64 cm. Untuk panjang telinga sekitar 4 cm sampai 6 cm dan untuk bobotnya (musang bulan dewasa) sekitar 3,6 kg dan 5 kg.

Musang Bulan Memiliki Selera Kawin yang Tinggi

Dalam satu tahun musang bulan dapat berkembang biak dua kali, rata-rata 1 sampai 4 ekor dalam satu kali melahirkan. Dalam melakukan perkawinan umur ideal musang bulan antara 11 sampai 12 bulan. Pada masa perkawinan musang bulan jantan akan bersama musang bulan betina sampai melahirkan.

Karakter Musang Bulan Sesuai Habitat

karakter musang bulan sesuai habitatnya

500px.com

Karakter musang bulan tidak semua sama, ini tergantung habitat atau lingkungan perkembangbiakannya. Seperti musang bulan yang habitatnya di pohon bambu akan berbeda dengan musang bulan di pohon-pohon biasa.

Musang bulan di pohon bambu memiliki warna bulu hitam kecoklatan dengan karakter lebih buas. Sedangkan, musang bulan yang habitatnya di pohon-pohon besar memiliki warna hitam pekat dan ramah.

Rekomendasi bacaan: 5 Fakta Menarik Ayam Ketawa

Musang Bulan Memiliki Pencernaan Unik

Sama seperti jenis musang lainnya, musang bulan juga memiliki pencernaan yang unik. Karena sistem pencernaan musang bulan terlalu singkat dalam memproses makanan, sehingga makanan tidak tercerna sempurna. Contoh kecilnya yaitu bahan baku kopi luwak yang diambil dari kotoran musang bulan.

Musang Bulan Memiliki Aktivitas Unik

Sifat nokturnal adalah sifat hewan yang aktif di malam hari, seperti untuk mencari makan. Musang bulan merupakan salah satu hewan yang memiliki sifat tersebut.

Musang bulan juga termasuk hawan yang menghabiskan hidupnya di pepohonan (Arboreal), dan biasanya mereka tidur di pohon yang dekat dengan sumber airnya.

One Response

  1. diki Mei 19, 2016

Leave a Reply