5 Hal Positif dari Indahnya Pegunungan Menoreh

Pegunungan menoreh yang terletak di sebelah barat daya kota Yogyakarta ternyata menyimpan pesona yang sangat indah. Dari pohon, bebatuan hingga air sungai yang masih sangat jernih memberikan rasa ketenangan yang tidak didapatkan selama tinggal di Jakarta. Yang pasti, kunjungan tersebut mengingatkan admin atas lima hal yaitu:

1. Apapun yang dilakukan manusia untuk membuat hidupnya merasa bahagia, tenang dan gembira namun tetap tidak sebanding dengan kebahagiaan, ketenangan dan kegembiraan pada saat melihat alam semesta yang masih murni dan belum rusak oleh tangan manusia.

2. Kondisi pepohonan yang masih alami menghasilkan oksigen yang banyak dan segar membuat kebugaran tubuh terasa lebih baik dan kepenatan karena aktifitas rutinitas yang selama ini dilakukan terasa hilang.

3. Bertemu dengan penduduk kampung yang hidup apa adanya dan polos memberikan suasana yang sangat akrab, tidak seperti di Jakarta yang penuh dengan kesibukan dan permainan politik yang sangat menjemukan.

4. Keberadaan mata air yang dapat diminum menyadarkan bahwa: Indonesia sangat kaya akan air bersih yang bagi negara lain air bersih sangatlah mahal bahkan harus mengimpor dari luar negeri.

Sungguh kita lupa akan asal air bersih tersebut sehingga dari waktu ke waktu penebangan pohon terus terjadi dan suatu saat nanti air bersih tidak ada lagi, barulah kita menyadari akan nilai dari air bersih tersebut.

5. Udara di pegunungan Menoreh masih dingin yang berarti bahwa kondisi alam yang masih terjaga tersebut setidaknya menahan laju pemanasan global yang akhir-akhir ini sudah mulai dirasakan. Namun dengan banyaknya pembalakkan liar pada hutan yang ada, sudah akan pasti pemanasan global akan semakin meningkat dalam kurun sepuluh tahun yang akan datang.

Kesadaran akan hal tersebut harusnya membuat kita lebih sadar untuk lebih sadar untuk menjaga kelestarian alam dan melakukan penanaman pohon untuk menciptakan alam yang lebih hijau.

Apapun yang dilakukan manusia memang telah ditakdirkan akan merusak alam. Namun setidaknya usaha untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang ada akan menahan kerusahan alam yang terjadi.

Leave a Reply