Pesta Kesenian Bali 2016

Pesta kesenian Bali – Tidak terasa, gelaran akbar tahunan bertajuk Pesta Kesenian Bali (PKB) 2013 hanya tinggal beberapa bulan lagi dan mereka yang terlibat sudah mulai mempersiapkan diri. Perhelatan yang tidak pernah absen dihelat sejak penyelenggaraan pertamanya ini akan dibuka dengan pawai peserta pada tanggal 11 Juni 2016 yang akan datang.

Pawai peserta ini dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali di Renon, Denpasar. Dalam acara yang hampir selalu dihadiri Presiden RI ini para peserta selain berpawai juga akan beraksi di depan panggung.

Peserta pawai selain Kabupaten dan Kota se-Bali biasanya juga melibatkan berbagai institusi terkait seperti Institut Seni Indonesia (ISI), kontingen dari berbagai wilayah lain di tanah air, bahkan kontingen dari luar negeri. Hal baru yang rencananya akan diterapkan pada gelaran PKB ke-35 kali ini adalah dilombakannya prosesi pawai.

Jika festival budaya yang mulai banyak digelar di berbagai daerah selesai sampai di situ, pada gelaran PKB prosesi pawai hanya merupakan acara pembuka sementara seluruh rangkaian acaranya sendiri berlangsung selama sebulan penuh dan dipusatkan di Pusat Budaya Bali Ardha Chandra yang lebih dikenal sebagai Art Centre, di kawasan Jalan Nusa Indah, Denpasar. Selama sebulan penuh setiap malam diadakan berbagai pagelaran seni dan budaya secara bergiliran di sejumlah panggung yang tersedia.

Setiap hari kerja PKB dibuka dari sore hingga malam hari sementara pada hari Sabtu dan Minggu dibuka dari pagi. Menghadiri PKB tidak akan membosankan meskipun kita menyaksikannya tiap malam karena pentas yang digelar berbeda-beda.

kebudayaan bali

menara-fm.com

Berbagai pagelaran seni budaya khas Bali maupun khas kabupaten atau kota tertentu di Bali maupun pagelaran seni budaya dari daerah atau negara sahabat yang terlibat. Meskipun demikian hal yang lebih menarik adalah melihat bule-bule yang piawai mementaskan seni budaya tradisional Bali.

Sebagai salah satu pusat seni dan budaya di tanah air, setiap tahun ada banyak warga asing yang sengaja datang dan tinggal di Bali untuk mempelajari seni dan budaya tradisional Bali. Sebagian belajar secara individual melalui seniman-seniman yang banyak tersebar di seluruh pulau, sebagian lagi memilih institusi formal seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Bali.

Jika kamu ingin menyaksikan gelaran akbar ini, jangan lupa untuk merencanakannya jauh-jauh hari sebelumnya supaya kamu masih bisa mendapatkan tiket penerbangan murah. Semakin mendekati acara, bukan hanya penerbangan, tetapi hotel-hotel terutama di sekitar lokasi acara juga semakin penuh.

Jangan lupa siapkan kamera, meskipun kamu bukan fotografer profesional, kamu dijamin menyesal kalau tidak sempat jeprat-jepret. Sementara untuk mereka yang memang menekuni fotografi, di sinilah tempat kamu melihat peralatan-peralatan fotografi super canggih.

Leave a Reply