Arti Nama Muhammad dan Sejarah Penamaannya

Nama Muhammad memang cukup akrab di telinga kita. Selain karena Muhammad merupakan nama Nabi kita umat islam, nama ini juga banyak digunakan oleh keluarga muslim untuk menamai anak mereka.

Para orang tua yang beragama islam menamai anak-anak mereka dengan nama Muhammad bertujuan agar kelak anak mereka menjadi orang yang terpuji, mulia dan memiliki sifat-sifat baik seperti nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Nah, kali ini kita akan membahas seluk beluk nama Muhammad, mulai dari sejarah penamaan hingga contoh penggunaannya untuk bayi laki-laki. Bagi kamu yang ingin menamai anak dengan nama Muhammad, sebaiknya menyimak dengan seksama. Agar ketika kita memberikan nama anak kita dengan nama Muhammad, kita tahu arti dan maksud penamaan tersebut, bukan karena taqlid atau ikut-ikutan karena banyak yang memakai nama tersebut.

Sejarah Nama Muhammad

Dahulu sebelum nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam lahir, yaitu pada masa jahiliyah, tidak banyak orang yang mempunyai nama Muhammad, bahkan bisa dibilang tidak ada yang bernama Muhammad.

Bagi masyarakat Quraisy pada saat itu, nama Muhammad terdengar begitu asing di terlinga mereka. Hingga ketika nabi Muhammad lahir, kakek Beliau Shallallahu alaihi wasallam, Abdul Muthalib memilih nama ‘Muhammad’ untuk nama cucunya, masyarakat Quraisy pada saat itu khususnya para pembesar kaumya merasa heran.

Abdul Muthalib mengambil keputusan yang bertentangan dengan adat dan kebiasaan masyarakat Quraisy, dimana mereka biasa menamai anak-anak mereka dengan nama leluhur mereka, bahkan tidak sedikit juga yang menamai dengan nama-nama dewa dan sesembahan mereka.

Sebagian pembesar suku Quraiys yang notabene saudara kandung kakek nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, Abdul Muthalib, memberikan masukan agar mengganti nama Muhammad dengan nama kerabatnya saja, tetapi Abdul Muthalib tetap keukeuh mempertahankan nama Muhammad sebagai nama untuk cucunya.

Untuk meyakinkan saudara-saudaranya tersebut, Abdul Muthalib mengatakan kepada mereka,”Aku ingin agar Allah memujinya di langit, dan ia dipuji makhluk-makhluk-Nya di bumi” (Lihat Dala ilun Nubuwwah 1: 113). Sungguh sebuah hujjah yang luar biasa.

Penyebutan Nama Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dalam Al quran

nama muhammad disebut dalam alquran

500px.com

Saking mulianya nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, beliau sampai disebutkan beberapa kali di dalam al quran. Diantaranya dengan penyebutan nama Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sendiri sebanyak 4 kali.

Nama lain beliau, Ahmad, juga disebut dalam al quran sebanyak 1 kali. Sungguh merupakan suatu kemuliaan yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala atas nabi-Nya.

Allah Subhanahu wa ta’ala menyebut nama beliau dengan Muhammad terdapat di dalam surat Ali-Imron ayat 144, Al-Ahzab ayat 40, Muhammad ayat 2, Al-Fath ayat 29. Sedangkan nama beliau Ahmad, disebut di dalam surat As-Shaf ayat 6.

Nama Lain Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam

nama lain muhammad

500px.com

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam memang mempunyai beberapa nama, hal ini menunjukkan keistimewaan dan kesempurnaan sifat beliau Shallallahu alaihi wasallam. Perlu kita ketahui bahwa dalam tradisi bangsa Arab, ada sebuah kaidah yang berbunyi,

”Banyaknya nama, menunjukkan mulianya pemilik nama-nama tersebut”.

Tentunya banyaknya nama tersebut bukan nama/julukan yang menunjukkan kejelekan lho ya, nama yang dimaksud di sini nama/julukan atas keutamaan dan kebaikan seseorang. Nah, nabi kita ternyata juga memiliki banyak nama, itu artinya nabi kita Muhammad Shallallahu alaihi wasallam punya banyak keutamaan dibandingkan manusia lain.

Apa kamu sudah tahu nama-nama lain nabi kita Muhammad Shallallahu alaihi wasallam? Jika belum, ada baiknya kita simak nama lain beliau di bawah ini, agar kita lebih mengenal nabi kita tercinta.

  • Ahmad: yang terpuji
  • Al-Hasyir: Manusia dikumpulkan di atas kakinya yakni di atas jejak-jejak perjalanannya. Seolah-olah beliau diutus untuk mengumpulkan manusia.
  • Al-Muqaffi: Dinamai al-Muqaffi karena inti ajaran beliau mengikuti ajaran para rasul sebelumnya, mendakwahkan tauhid dan menjauhkan kesyirikan.
  • Al-Mahi: Rasulullah adalah orang yang Allah utus untuk menghapuskan kesyirikan dan keyakinan berhalaisme di jazirah Arab.
  • Nabiyu Taubah dan Nabiyu Rahmah: Maksudnya adalah karena Nabi Shallallahu alaihi wasallam datang dengan taubat dan kasih sayang.
  • Al-‘Aqib: Beliau adalah penutup para nabi, tidak ada lagi nabi setelahnya, karena ‘Aqib adalah yang terakhir penutup para nabi dan rasul shalawatullahi wa salamuhu ‘alaihim.
  • Nabiyu Malhamah: Nabi Shallallahu alaihi wasallam diutus dengan berjihad menghadapi musuh-musuh Allah.
  • Al-Amin: Nabi Shallallahu alaihi wasallam adalah kepercayaan Allah dalam wahyu dan agama-Nya.
  • Al-Munir: Allah memberi nama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dengan sirajan muniran dan menyebut matahari dengan sirajan wahhajan. Munir artinya adalah cahaya yang menerangi tanpa membakar sesuatu yang diteranginya. Berbeda dengan wahhaj, ia menerangi dan bisa membakar sesuatu yang diteranginya tersebut.
  • Al-Basyir: Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam adalah pembawa kabar gembira orang-orang yang melakukan ketaatan dan pemberi peringatan bagi pelaku kemaksiatan.
    Wah, ternyata banyak juga ya nama lain nabi kita Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dan semua nama-nama tersebut mengandung sifat-sifat yang menjadi keistimewaan beliau. Kalau kamu juga ingin mempelajari nama nabi kita secara lebih detail lagi kamu bisa mengunjungi situs ini atau ini.

Arti Nama Muhammad

pengertian dan arti nama muhammad

gloobest.blogspot.com

Tentunya kita semua sudah tahu kalau nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam terlahir di kota Mekkah. Kalau kamu mengaku muslim tapi tidak tahu dimana nabi kita dilahirkan, itu tandanya kamu butuh piknik, dan setelah piknik harus lebih banyak belajar lagi tentang sejarah nabi kita.

Seperti kebiasaan orang jaman dahulu, ketika seorang anak dilahirkan pasti mereka memberi nama dengan bahasa setempat. Tak terkecuali nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, karena dilahirkan di jazirah Arab maka nama yang diberikan kepada Beliau tentunya nama berbahasa Arab.

Agar kita mempunyai wawasan lebih banyak tentang bahasa Arab, kita belajar sedikit demi sedikit terlebih dahulu, mulai dari yang paling mudah, yaitu nama nabi kita Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Kata Muhammad secara etimologi berasal dari kata al-hamdu yang berarti yang terpuji, memuji, pujian atas yang terpuji, mencintainya, meninggikannya, dan mengagungkannya. Sedang Muhammad berarti orang yang terpuji atau orang yang banyak mendapat pujian.

Rekomendasi bacaan: Panduan Tata Cara Sholat Dhuha

Contoh Penggunaan Nama Muhammad untuk Bayi Laki-laki

nama Muhammad untuk anak laki-laki

pixabay.com

Memiliki anak laki-laki merupakan keinginan semua orang, khususnya untuk anak pertama. Alasan sebagian orang ingin anak pertama mereka laki-laki karena diharapkan bisa menjaga adik-adiknya kelak.

Bagi kamu yang lagi mendamba anak laki-laki sebaiknya mulai sekarang mempersiapkan hal-hal yang dapat membantu tercapainya keinginan kamu itu. Misalnya perbanyak mengkonsumsi daging merah dan seafood, buah apel, pisang dan lobak.

Kamu juga harus rajin berolah raga agar stamina kamu selalu fit, selain itu jangan lupa selalu berdo’a agar dipermudah. Karena kita hanya bisa berusaha, selebihnya tentu Allah Subhanahu wa ta’ala yang akan mengatur kapan kita siap memiliki anak laki-laki.

Sembari kamu mempersiapkan diri serta berdo’a, tidak ada salahnya juga mempersiapkan nama yang tepat untuk bayi laki-laki kamu. Agar nanti jika diberi amanah untuk memiliki bayi laki-laki, kamu tidak kelabakan mencari nama untuk bayi kamu.

Nama untuk bayi laki-laki yang paling baik menurut islam adalah Abdullah dan Abdurrahman, setelah itu nama Muhammad.

Kalau kita mau memberi nama anak kita dengan Muhammad, kita bisa memberi variasi dengan berbagai kata. Seperti Muhammad Iqbal, Muhammad Azzam, Muhammad Rafa, Muhammad Hamid Ansari, Muhammad Daffa, Muhammad Haikal, Muhammad Ikhsan, Muhammad Irfan, Muhammad Al Farisi, Muhammad Rifa’i, Muhammad Syarif, Muhammad Adnan, Muhammad Yunus, Muhammad Yusuf, Muhammad Isnaini, Muhammad Najib, Muhammad Ridwan, Muhammad Azka.

Sebenarnya ada banyak sekali variasi nama Muhammad yang bisa kamu gunakan untuk menamai anak laki-lakimu. Kamu bisa meng-eksplore-nya sesuka hati kamu, yang penting masih nyambung dan enak di dengar ya.

Kalo kamu sudah dapat ide nama bayi kamu, boleh kok diskusi di kolom komentar. 🙂

Leave a Reply