Pentingnya Senam Bagi Ibu Hamil

Senam Ibu Hamil – Kehamilan merupakan masa yang kritis sekaligus membahagiakan. Ketika seorang ibu hamil, tentu mereka bahagia karena mereka akan segera memiliki momongan.

Sebaliknya, masa kritis yang muncul adalah masa dimana asupan nutrisi untuk ibu harus ditingkatkan karena janin akan mendapatkan nutrisi dari apa yang ibu konsumsi.

Jika asupan nutrisi sudah tercukupi, kebugaran dan tingkat kesehatan mental ibu juga harus dijaga karena sangat penting bagi kesehatan janin pula. Untuk itu, seorang ibu hamil harusnya melakukan senam ibu hamil guna mendapatkan nilai tambah dalam masa kehamilanya.

Berikut ini adalah manfaat serta beberapa contoh dari senam untuk ibu hamil sendiri.

Manfaat Senam Ibu Hamil

Pada bagian pertama, tujuan utama dari senam ibu hamil adalah untuk menjaga kebugaran seorang ibu hamil. Kebugaran merupakan kunci kesehatan karena badan kita akan lebih rileks ketika kita segar bugar.

Perasaan rileks ini tentu sangat bermanfaat karena akan mengurangi perasaan stress yang diderita oleh tubuh ibu hamil. Stres memang masalah yang serius bagi ibu hamil karena stres ini membuat hormone stress pada tubuh ibu mempengaruhi janin.

Dengan pengaruh ini, bisa saja tekanan otot pada rahim akan membuat kontraksi. Selain itu, keguguran juga dapat dimungkinkan oleh efek stress ini sendiri.

Manfaat dari senam ibu hamil selanjutnya adalah memberikan kelenturan pada otot tubuh. Ketika melahirkan, kelenturan otot sangat dibutuhkan guna memfasilitasi bayi ketika keluar dari pintu lahir.

Ketika tubuh jarang bergerak, biasanya keelastisan lubang lahir tidak terlalu baik yang mengakibatkan bayi tidak bisa dilahirkan secara normal.

Untuk bayi yang sudah sangat sulit keluar, biasanya operasi sesar akan dilakukan guna menyelamatkan bayi. Operasi ini adalah operasi yang dilakukan dengan menyobek perut ibu sehingga bayi dikeluarkan tidak melalui lubang lahir. Tentu resiko dari cara melahirkan ini lebih tinggi dibanding melahirkan dengan normal.

Dengan melakukan senam ibu hamil, maka Anda mendapatkan peredaran darah yang lebih baik pula. Peredaran darah yang lebih baik pada tubuh tentu memberikan manfaat lebih disini.

Biasanya, peredaran darah yang tidak lancar akan memicu berbagai komplikasi. Misalnya, seseorang akan merasa pusing dan lemas ketika peredaran darah mereka tidak sehat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan senam agar menghindari kejadian seperti itu.

Pusing atau lemas juga dapat memicu stress yang membuat mental kita tidak stabil. Mental tidak stabil akan mengakibatkan banyak masalah pada kehamilan kita.

Gerakan Dalam Senam Ibu Hamil

Dalam melakukan senam ibu hamil, tentu ada banyak gerakan yang akan dilakukan. Berikut ini akan disebutkan gerakan-gerakan yang dilakukan ketika melakukan senam kehamilan.

Pertama, senam kehamilan biasanya dilakukan dengan duduk bersila. Duduk bersila dilakukan dengan meletakkan kedua tangan ke dua paha dan melakukan pernafasan agar rileks. Inilah tahap relaksasi diri agar proses dari senam berikutnya berjalan tanpa tekanan.

Dengan menghirup udara sedalam-dalamnya dan melepaskanya, kita akan merasa lebih rileks ketika melakukan tahap senam selanjutnya. Pada tahap selanjutnya ini, Anda disarankan untuk melakukanya secara hati-hati dan tidak tergesa-gesa.

Gerakan selanjutnya untuk melemaskan otot adalah dengan merangkak. Posisi merangkak pada senam ibu hamil tidak dilakukan dengan berjalan tentunya. Anda hanya diajari untuk membiasakan diri untuk memberi tekanan pada perut dengan cara mengangkat perut dan mengkerutkan daerah bokong Anda.

Dengan cara ini, kontraksi dapat ditingkatkan guna mendorong bayi agar keluar. Lakukan langkah ini sebanyak 8 kali dengan hati-hati, agar Anda tidak mendapatkan goncangan pada kehamilan Anda.

Proses ini akan membuat ibu hamil terbiasa dan siap saat melakukan penekanan ketika prosesi kelahiran, dan tentunya Anda akan mendapatkan manfaatnya.

Setelah Anda merangkak, senam selanjutnya dilakukan dengan cara jongkok. Jongkok dilakukan dengan cara berdiri tegak lurus, kemudian Anda mulai menurunkan bokong dan tubuh Anda sampai pada posisi jongkok dengan perlahan-lahan.

Setelah Anda mendapatkan posisi jongkok yang nyaman, luruskan punggung Anda dan pertahankan posisi tersebut selama beberapa menit.

Posisi senam ibu hamil ini akan memberikan kekuatan pada paha dan pinggul Anda dan berguna saat Anda melakukan dorongan pada kehamilan juga. Lakukan latihan ini secara teratur ketika Anda ingin mendapatkan kelahiran yang normal.

Anda juga bisa menjalankan senam kupu-kupu. Senam kupu-kupu adalah senam khusus bagi ibu hamil. Gerakanya cukup mudah, Anda hanya perlu duduk ketika melakukanya. Setelah duduk, Anda mengambil posisi bersila, namun kedua telapak kaki Anda harus saling bersentuhan layaknya bertepuk tangan.

Setelah kedua telapak kaki terhubung, Anda bisa lanjutkan dengan mengangkat kaki Anda ke atas, kemudian kembali lagi ke arah lantai. Cara ini sangat efektif untuk melatih otot paha dan otot daerah kemaluan Anda supaya lebih elastis dan dapat bergerak dengan bebas. Lakukan hal ini secara teratur agar hasil lebih maksimal saat Anda melahirkan.

Untuk senam ibu hamil yang terakhir, Anda hanya perlu melakukanya dengan berjalan kaki. Berjalan kaki membuat otot di tubuh Anda semakin elastis dan kuat saat digunakan. Paling tidak, jika Anda punya kesempatan, setiap hari Anda harus menyempatkan diri untuk berjalan kaki walau hanya berkeliling rumah atau ke tempat tetangga saja. Karena berjalan kaki memungkinkan otot lebih rileks.

Untuk ibu hamil hanya diperbolehkan untuk berjalan kaki dan tidak boleh berlari. Berlari akan mengakibatkan goncangan pada kandungan dan tentu saja goncangan ini sangat tidak baik. Berjalanlah dengan hati-hati dan lihat sekeliling, beristirahatlah ketika Anda merasa pinggang sudah terasa sakit.

Itulah beberapa manfaat serta gerakan senam bagi ibu hamil yang bisa Anda lakukan. Anda tentu membutuhkan semua itu agar proses kelahiran Anda semakin lancar.

Kesehatan juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan senam ini. Dimanapun Anda berada dan ketika Anda hamil, sisihkan waktu Anda untuk melakukan senam tersebut.

Memang kehamilan itu melelahkan dan mungkin tenaga Anda tidak cukup. Namun Anda harus selalu menyempatkan untuk berjalan-jalan paling tidak demi kebaikan kelahiran Anda.

Hasil yang akan Anda dapatkan adalah di akhir proses sehingga Anda tidak boleh mengeluh ketika berjalan saja mungkin menyusahkan.

Deskripsi: senam ibu hamil dapat memberikan banyak efek positif bagi tubuh dan tentunya menambahkan banyak persiapan bagi kelahiran.

Leave a Reply