Gempuran Tanaman Hias dari Plastik

Keberadaan tanaman hias sebagai salah satu pelengkap pekarangan rumah dan isi ruangan memang memberikan nuansa tersendiri bagi pemiliknya. Namun keterbatasan pecinta tanaman hias dalam melakukan perawatan membuat gaya pecinta tanaman hias mulai bergeser.

Keterbatasan perawatan tersebut memberikan ide baru bagi pebisnis untuk menciptakan tanaman hias yang mudah perawatan atau sama sekali tanpa dirawat yaitu tanaman hias dari plastik. Tanaman hias plastik secara fungsi sebenarnya tidak dapat menggantikan peranan utama tanaman hias yaitu:

1. Sebagai Penghasil Oksigen

Keberadaan tanaman hias di ruangan dan taman sekitar rumah telah menyumbangkan ketersediaan oksigen, sehingga udara menjadi lebih segar dan sejuk.

2. Tanaman Hias Mampu untuk Tumbuh

Dengan kemampuan tumbuh tersebut maka bentuk fisik tanaman hias akan selalu berubah sehingga tidak menjemukan dan selalu memberikan warna tersendiri.

3. Tanaman Hias Sebagai Anti Polutan

Beberapa jenis tanaman hias dapat digunakan sebagai pembersih ruangan dari polusi misalnya: Sansevieria. Kondisi saat ini yang polusi udara sudah diambang membahayakan buat kesehatan, penggunaan tanaman hias sebagai anti polutan tentunya cukup bermanfaat.

Namun, adanya tanaman hias plastik yang saat ini sangat lengkap dipasaran dan harganya lebih murah dari pada tanaman hias sebenarnya, lambat laun penghobi mengalihkan koleksi tanaman hias mereka ke tanaman hias plastik.

Hal ini tentunya mengkawatirkan, karena tanaman hias plastik tidak dapat difungsikan untuk tiga hal diatas, yang tentunya kondisi udara semakin memburuk. Kewajiban kita seharusnya yaitu tetap setia dengan tanaman hias tumbuhan walaupun lebih mahal, dan lebih ribet dalam merawat namun secara fungsi menguntungkan.

Leave a Reply