Aglaonema: Keistimewaan Aglaonema Dud Anjamani

Salah satu tanaman hias aglaonema yang terkenal dari negara Thailand adalah Aglaonema Dud Anjamani. Aglaonema ini mempunyai keistimewaan yang banyak dibandingkan tanaman aglaonema jenis lainnya. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain:

1. Aglaonema Dud Anjamani mempunyai warna daun yang sangat kontras

Yaitu perpaduan antara warna hijau terang dan merah terang. Bentuk daunnya juga membulat sehingga lebih memudahkan susunan daunnya membentuk rose set.

2. Batang daun dan stang daun berwarna hijau

Ssehingga pada saat Aglaonema Dud Anjamani diperbanyak dengan cara stek, persentase keberhasilannya relatif lebih besar. Sebab warna hijau pada batang dan stang daun tersebut membantu proses fotosintesis dan metabolisme tanaman selagi tanaman belum mempunyai akar. Proses fotosintesis dan metabolisme terganggu akan mengakibatkan tanaman kekurangan nutrisi dan dehidrasi yang akhirnya tanaman bisa mati.

3. Tahan terhadap berbagai penyakit yang biasanya menyerang tanaman Aglaonema

Hal ini disebabkan oleh jaringan permukaan kulit batang tanaman yang cukup tebal dan keras sehingga tidak mudah membusuk. Namun terkadang serangan virus masih menyebabkan daun Aglaonema Dud Anjamani layu dan kemudian membusuk, namun dalam skala ringan serangan virus, tidak mengakibatkan kematian tanaman.

4. Perawatan aglaonema Dud Anjamani relatif mudah

Cukup diberikan pupuk seminggu dua kali untuk skala intensif, namun pemupukan dua minggu sekali juga tidak masalah karena tanaman ini cukup hemat dalam mengkonsumsi nutrisi yang ada.

5. Harga tanaman aglaonema Dud Anjamani relatif murah

Yaitu kisaran tiga puluh hingga seratus ribu rupiah. Murahnya aglaonema ini karena mudah untuk dilakukan perbanyakkan secara stek, sehingga stok dipasaran mencukupi dan setimbang dengan permintaan pasar.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply