Subhanallah… Ternyata Dengan Melakukan 8 Hal ini Menghafal Al-qur’an Jadi Terasa Nikmat

Menghafal Al quran – Bagi seorang muslim bisa menghafal al quran tentu suatu hal yang sangat diinginkan. Mendapat ketenangan dan rahmat, diangkat derajatnya oleh Allah serta dapat memberi syafaat bagi keluarganya adalah beberapa keutamaan yang akan di dapat seorang penghafal al quran.

Kalau kamu ingin serius menghafal al quran berikut ini ada beberapa tips yang insyaAllah dapat membuat kita merasa nikmat menghafal al quran. Tips ini disarikan dari kajian Ustadz Deden Mukhyaruddin yang mampu menghafal 30 juz dalam 19 hari. Subhanallah.

Sebelum memberikan tips menghafal al quran beliau menasihati peserta kajian untuk berlama-lama dalam menghafal. Jangan punya keinginan cepat hafal al quran tapi akhlaknya jauh dari al quran. Karena menghafal al quran sejatinya adalah beribadah kepada Allah. Untuk itu hendaknya kita berlama-lama ketika beribadah.

Nah, berikut ini 8 tips menghafal al quran dari Ustadz Deden, dijamin proses menghafalmu akan terasa nikmat.

1. Menghafal Tidak Harus Hafal

metode menghafal al quran

500px.com

Kemampuan mengingat dan menghafal tiap orang berbeda-beda, pun demikian tingkat intelektual seseorang juga tidak ada yang sama. Target utama kita bukanlah banyaknya hafalan, tapi bagaimana menghabiskan sisa umur kita untuk selalu dekat dengan al quran.

Sebagian dari kita mungkin sudah tahu Imam Asim, Imam besar dalam ilmu qiraat yang sebagian besar muslim Indonesia merujuk pada riwayat beliau. Beliau menghafal al quran dalam kurun waktu 20 tahun, cukup lama jika dibandingkan dengan imam-imam lain.

Itu salah satu contoh kalau kita tidak perlu ingin cepat hafal. Nikmati saja prosesnya dan jalani dengan hati gembira.

2. Bukan Untuk Diburu-buru, Bukan Untuk Ditunda-tunda

cara menghafal al quran dengan cepat

500px.com

Kalau kita sudah menetapkan durasi untuk menghafal misal satu jam tiap hari, maka berapapun ayat yang bisa kita hafal tidak jadi masalah. Jangan buru-buru menghafal ayat ke-2 sebelum ayat pertama hafal.

Nikmati saja proses menghafal, saat dimana kita bercengkrama dengan Allah lewat ayat-ayat yang kita baca. Masih ingat kan kalau membaca satu huruf kita mendapat sepuluh pahala?

3. Menghafal Bukan Untuk Khatam, Tapi Untuk Setia Bersama Al quran

cara menghafal al quran dengan mudah

500px.com

Al quran bukanlah sebuah beban yang harus segera dilepaskan, bukan pula masalah yang harus segera di selesaikan. Tapi al quran adalah nikmat yang emang layak kita syukuri. Bukankah di awal surat Thaha Allah berfirman bahwa al quran diturunkan bukan sebagai beban?

Aneh saja kalau ada yang bilang “menghafal al quran emang kudu sabar”. Sebenarnya tidak salah, hanya kurang tepat saja kalimat seperti itu. Kesannya ayat-ayat al quran itu sebuah beban atau masalah yang membutuhkan kesabaran ekstra.

Perlu kita rubah pola pikir kita dulu, bahwa penghafal al quran harusnya bersyukur bukan bersabar. Bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk menghafal kalam mulia. jadikan al quran sebagai teman setiamu. Jadikan al quran sebagai sahabat karibmu baik dikala lapang maupung sempit.

4. Senang Dirindukan Ayat

cara menghafal al quran dengan cepat

500px.com

Ayat-ayat al quran yang sudah berusaha ita hafal tapi gak hafal-hafal, sebenarnya ayat itu lagi kangen dengan kita. Ia ingin kita berlama-lama bersamanya.

Kita bisa membaca arti serta tafsirnya, bisa jadi ayat tersebut merupakan ‘jawaban’ dari ‘pertanyaan’ kita. Jangan langsung sumpek dan suntuk ketika ayat-ayat itu tak kunjng hafal juga. Justru kita harusnya senang jadi orang yang dirindukan ayat al quran.

5. Menghafal Sedikit Demi Sedikit

cara menghafal al quran dengan mudah

500px.com

Suatu makanan akan terasa nikmat ketika kita sedang memakannya. Besarnya suapan juga harus pas dengan mulut kita. Makanan tersebut baru akan terasa nikmat jika dimakan.

Menghafal pun demikian, nikmatnya akan terasa ketika membacanya berulang-ulang. Berusaha menghafal ayat demi ayat disertai penghayatan akan makna dan tafsirnya.

Jika menghafal satu ayat terlalu berat, maka bacalah potongan ayat berulang-ulang. jangan terlalu memaksakan diri untuk menghafal satu ayat dalam sehari.

6. Fokus Pada Perbedaan, Abaikan Persamaan

cara menghafal al quran

500px.com

Ada banyak sekali ayat al quran yang bunyinya hampir mirip bahkan sama persis. Sebagai contoh ada ayat dalam surat Ar-Rahman yang berbunyi “Fabi ayyi alaa’i rabbikuma tukadz dzibaan”. Ayat ini diulang sebanyak 31 kali dalam satu surat.

Artinya jika kita hafal satu ayat ini maka sebenarnya kita sudah menghafal 31 ayat dari 78 ayat yang ada di surat Ar-Rahman. Sudah hampir setengah surat kita hafal. Selanjutnya fokuslah pada ayat sebelum dan sesudahnya yang merangkai surat tersebut.

7. Mengutamakan Durasi

cara menghafal quran cepat

500px.com

Seperti yang dijelaskan di atas, komitmenlah pada durasi menghafal bukan jumlah ayat yang akan dihafal. Luangkan waktu minimal satu jam sehari untuk fokus menghafal, jangan gunakan untuk hal lain yang tidak ada hubungannya dengan menghafal al quran.

8. Cari Guru yang Bisa Membimbing Dalam Menghafal

mencari guru al quran

Carilah guru yang bisa mengoreksi bacaan kita. Guru tersebut akan membenarkan bacaan tajwid yang keliru. Selain itu ia bisa memberi nasihat dan masukan kepada kita kalau kita lagi ‘galau’ karena susah masuk hafalannya.

Semoga ini bisa menjadi solusi bagi kita yang merasa bosan, tertekan bahkan capek dalam menghafal.

Mari kita sama-sama berdoa agar lebih giat menghafal al quran dan diberi kemudahan dalam menghafal.

Semoga bermanfaat.

4 Comments

  1. Teguh Mei 31, 2016
  2. Aprilia Desember 2, 2016
  3. su Desember 31, 2016
  4. syifa alphiya Januari 5, 2017

Leave a Reply