Tips Memilih Tanaman Penghias Rumah

Memilih tanaman untuk digunakan penghias taman rumah relatif mudah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal alangkah baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

1. Tanaman mempunyai struktur daun yang kecil namun padat sehingga pada saat dilakukan pemotongan untuk mendapatkan bentuk tertentu hasilnya akan bagus dan rata.

2. Hindari pemilihan tanaman dengan struktur batang yang panjang. Baik itu stang daun maupun stang bunga, karena akan memberikan efek yang tidak merata pada saat dilakukan pemangkasan. Jika terpaksa harus gunakan tanaman yang mempunyai batang panjang maka pemotongan untuk pembentukan model harus dilakukan pada posisi daun muda sehingga kondisi permukaan daun dapat menutupi posisi batang yang terpotong

3. Gunakan tanaman jenis pohon teh di samping. Selain mudah untuk mendapatkannya, tanaman ini struktur daunnya kecil , rapat dan mudah beradaptasi terhadap media tanam yang bervariasi serta kondisi kelembaban yang berubah-ubah, misalnya tahan terhadap genangan air banjir.

4. Lakukan pemotongan dengan menggunakan gunting yang tajam. Penggunaan sabit tidak efektif dan berbahaya.

5. Jika akan memodifikasi taman dengan tanaman yang berwarna maka gunakan tanaman dengan corak warna yang seragam dan jika perlu sesuaikan dengan pola pengecatan tembok pada daerah sekitar.

6. Gunakan tanaman yang dapat menghasilkan oksigen yang banyak. Tanaman yang menghasilkan banyak oksigen memiliki ciri-ciri: daun berwarna hijau, suka terhadap cahaya dan tidak mudah terserang penyakit.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply