Yuk, Wisata ke Gunung Tangkuban Perahu

Bagi yang suka traveling atau naik gunung tentu sudah tak asing dengan gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat ini. Gunung Tangkuban Perahu memang punya daya tarik tersendiri bagi berbagai kalangan.

Dengan ketinggian 2.084 meter diatas permukaan laut, ditambah dengan track menantang tentu dapat menarik minat para pendaki gunung untuk mencoba menaklukan gunung ini.

Bukan hanya itu saja, di sekitar gunung tangkuban perahu terdapat beberapa objek wisata menarik. Rasanya sayang kalau kamu berada disana tapi tidak sempat menyambangi wisata yang ada disana.

Kalau kamu mencari rekomendasi tempat wisata seru di Jawa Barat, beberapa objek yang kita rekomendasikan berikut ini bisa jadi bahan pertimbanganmu.

Tapi sebelum kita membahas objek wisatanya, yuk kita cari tahu dulu tentang gunung tangkuban perahu dan seluk-beluknya.

Legenda Tentang Gunung Tangkuban Perahu

Cerita rakyat tentang asal-usul gunung tangkuban perahu sudah tersebar luas, bahkan terdengar sampai luar Jawa Barat. Namun ada beberapa kontroversi tentang kebenaran asal-usul gunung ini. Beberapa menyebutkan bahwa cerita tersebut benar adanya, ada juga yang meyakini cerita itu hanya dongeng rakyat semata.

Terlepas dari cerita asal-usul gunung tangkuban perahu, yang pasti gunung ini merupakan salah satu gunung paling eksotis yang layak untuk di eksplore lebih jauh. Rugi kalau seumur hidup belum mengunjungi gunung dengan kawah yang sangat cantik ini.

Status Gunung Tangkuban Perahu

Gunung tangkuban perahu termasuk gunung yang masih aktif. Beberapa kawah di gunung ini juga mesih menunjukkan tanda-tanda bahwa gunung ini masih aktif. Sampai saat ini gunung tangkuban perahu terus dipantau dan diawasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia.

Aktifitas terakhir gunung tangkuban perahu terjadi pada tahun 2014 lalu. Meskipun tidak sampai meletus, namun beberapa kali akses jalan masuk ditutup oleh Pemerintah Daerah Jawa Barat untuk mewaspadai jika terjadi letusan.

Waktu itu intensitas semburan kawah serta terus asap belerang terus meningkat sehingga dapat membahayakan bagi para wisatawan yang berkunjung. Ketika aktifitas vulkaniknya sudah mulai berkurang dan dirasa aman, barulah akses jalan dan beberapa objek wisata kembali dibuka.

kawah-ratu-gunung-tangkuban-perahu

static.flickr.com

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Wisata Tangkuban Perahu

Kawasan wisata kawah tangkuban perahu berada di Cikole lembang, perbatasan wilayah kota Bandung Barat dan Subang. Kawasan wisata ini cukup mudah diakses, baik dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Kalau kamu menggunaka kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan rute Bandung – Lembang – Ciater. Kamu hanya perlu mengikuti jalan Setiabudhi menuju ke Lembang. Sampai di bunderan Lembang belok kanan ke arah Subang. Kamu tidak perlu khawatir salah jalan karena di sepanjang jalan banyak rambu dan informasinya.

Kalau menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik angkot Stasiun Hall – Lembang. Setelah sampai di Lembang turun dari angkot, kemudian sambung dengan angkot Lembang – Cikole.

Wisata Tangkuban Perahu

Kawah Ratu

Objek wisata utama yang menjadi ikon komplek wisata tangkuban perahu adalah Kawah Ratu. Kamu bisa menikmati pemandangan Kawah Ratu sambil berjalan-jalan di bibir kawah. Kalau kamu beruntung, kamu akan menjumpai lutung di sekitar bibir kawah.

Di beberapa titik juga terdapat warung yang menjajakan makanan, kalau kamu ingin menikmati kawah sambil bersantai, kamu bisa mampir di salah satu warungnya.

Kawah Upas

Kawah Upas adalah kawah kecil yang berada di bagian atas dari Kawah Ratu. Sampai saat ini akses untuk ke Kawah Upas ditutup karena berbahaya.

Cikahupan

Cikahuripan adalah sumber air yang letaknya agak jauh masuk ke hutan. Mata air ini memang tidak terlalu terkenal karena jaraknya yang cukup jauh dari kawah Ratu. Kalau kamu ingin menikmati indahnya mata air Cikahuripan, kamu kudu jalan beberapa ratus meter dari gerbang Kawah Upas.

Kawah Domas

Kawah ini sedikit berbeda dengan Kawah Ratu dan Kawah Upas. Jika 2 kawah sebelumnya pengunjung tidak boleh mendekati kawah, di Kawah Domas ini pengunjung bahkan bisa berendam lumpur belerang. Karena pengunjung diperbolehkan mendatangi kawahnya langsung dan tentunya tidak membahayakan.

Itulah beberapa informasi mengenai gunung tangkuban perahu dan beberapa objek wisatanya. Kalau kamu sedang berlibur ke Bandung jangan sampai melewatkannya ya. 🙂

Leave a Reply