5 Fakta Menarik Ayam Ketawa, Bikin Kamu Paham Perbedaan Ayam Ketawa dengan Jenis Ayam Lain

AYAM KETAWA – Indonesia kaya akan keanekaragaman fauna. Secara umum terdapat tiga klasifikasi fauna di Indonesia berdasarkan garis pemisah Wallace dan Webber, yaitu bagian barat, tengah dan timur. Pengelompokan jenis fauna tersebut didasarkan pada kemiripan fauna di berbagai daerah Indonesia.

Biasanya, setiap daerah mempunyai fauna khas yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Lampung memiliki fauna khas gajah, Papua memiliki burung cendrawasih, komodo khas Pulau Komodo, dan lain-lain.

Di antara keanekaragaman yang ada, terdapat fauna yang unik dan populer di tengah masyarakat yaitu ayam ketawa. Ayam ketawa atau ayam jantan dari timur, dalam bahasa bugis disebut Manu naga. Ayam ini menjadi unik karena bersuara menyerupai orang tertawa.

Untuk mengetahui apa saja fakta menarik tentang ayam ketawa, berikut penjelasannya:

Berasal dari Kabupaten Sidrap

Ayam ketawa berasal dari Kabupaten Sidenreng Rappang atau biasa disingkat menjadi Sidrap. Sidrap merupakan salah satu kabupaten yang berada di utara kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sejak tahun 2005 pemerintah Kabupaten setempat mulai mencanangkan pelestarian ayam ketawa dengan memberi penyuluhan, motivasi, dan berbagai perlombaan.

Fisiknya Mirip dengan Ayam Kampung

Ayam ketawa dan ayam kampung mempunyai fisik yang sangat mirip. Keduanya dapat terlihat sangat berbeda melalui suaranya, dimana ayam ketawa mempunyai suara yang menyerupai suara ketawa manusia.

Ayam Bangsawan

Pada zaman dulu, ayam ketawa hanya dipelihara oleh bangsawan bugis. Saat itu ayam ketawa menjadi salah satu simbol status sosial dalam masyarakat bugis.

Jenis Suara Ayam Ketawa

Secara umum suara manusia dibagi menjadi beberapa jenis suara, yaitu tenor, sopran, bass, dan lain sebagainya. Seperti manusia, ayam ketawa juga mempunyai beberapa jenis suara, yaitu Garetek, Gaga dan Dodo.

Garetek adalah suara kokok ayam ketawa dengan interval cepat. Sebaliknya, gaga adalah suara kokok ayam ketawa dengan interval lambat. Sedangkan koko ayam ketawa yang terdengar mendayu-dayu disebut Dodo.

Kalau kamu penasaran dengan suara ayam ketawa, video suara ayam ketawa di bawah ini bisa kamu simak.

Jenis Ayam Ketawa

ayam ketawa lucu

Kontes ayam ketawa via foto.metrotvnews.com

Terdapat enam jenis ayam ketawa, diantaranya:

1. Ayam Ketawa Bakka

Warna bulunya adalah putih mengkilap dengan variasi hitam, orange dan merah. Kakinya berwarna putih atau hitam.

2. Ayam Ketawa Lapping

Warna bulunya hitam dan berkombinasi dengan warna merah. Ciri unik lainnya adalah warna matanya yang putih.

3. Ayam Ketawa Korro

Warna dasar dari bulunya adalah hitam dengan kilauan warna hijau dan putih. Sedangkan warna kakinya adalah kuning atau hitam.

4. Ayam Ketawa Ceppega

Warna bulu ditubuhnya adalah putih dan hitam. Biasanya terdapat garis putih yang memanjang dari badan sampai pangkal lehernya. Dan kakinya berwarna hitam.

5. Ayam Ketawa Ijo Buota

Warna bulunya didominasi oleh warna hijau dan sedikit berkombinasi dengan bulu berwarna merah. Di sayapnya terdapat warna hitam dan kakinya berwarna kuning.

6. Ayam Ketawa Bori Tase’

Apabila dibandingkan dengan jenis lainnya, ayam ketawa Bori Tase’ ini mempunyai warna paling mencolok. Kombinasi bulu berwarna merah dan bintik kuning keemasan yang menghiasi tubuhnya memberikan kesan mewah dan berani.

 

Demikian lima fakta menarik tentang ayam ketawa asli Sidrap. Apakah kamu tertarik untuk memelihara dan melestarikan ayam ketawa? Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai fauna Indonesia.

Leave a Reply