Waspadai Serangan Serangga Pada Tanaman Hias Anthurium

Memelihara tanaman hias jenis Anthurium merupakan suatu kebanggaan tersendiri, apalagi jenis anthuriumnya yang berkualitas, misalnya Anthurium Jemani. Namun tanaman Anthurium juga bisa terserang penyakit yang akhirnya mengakibatkan tanaman kurang bagus dilihat.

Salah satu masalah tersebut yaitu “belalang makan daun Anthurium”. Bagi yang telah mengalami hal tersebut, pasti merasa sangat kesal, sebab daun Anthurium jadi berlubang-lubang dan terkesan kurang menarik. Jika ingin dipotong akibatnya secara visual posisi stang daun tidak rose set lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut yang bisa dilakukan yaitu:

1. Posisikan tanaman hias Anthurium di tempat yang cukup terbuka

Hal ini dimaksudkan agar belalang atau serangga yang lainnya bersumber bukan dari tanaman Anthurium, namun dari tanaman sekitarnya. Nah, soal daun Anthurium dimakan juga, ya mungkin masih lapar kali. 🙂 Secara aktual terbukti belalang atau serangga lainnya tidak mampir lagi.

2. Lakukan penyemprotan insektisida secara berkala

Tujuannya agar hewan yang bersarang di tanaman hias tersebut mati atau pun yang akan makan daunnya seperti si belalang tersebut ogah makan. Ini juga membantu menjaga tanaman agar bebas dari serangga karena terkadang jaraknya sudah jauh dari tanaman yang lainnya, namun masih ada yang nekat datang juga. ya sekelas lalat lah.

3. Posisikan tanaman hias Anthurium pada sinar matahari langsung

Usahakan bunga anthutium terkena sinar matahari langsung, terutama pada pagi hari hingga jam 10:00. Selain membantu fotosintesis, juga cahaya yang mengenai tanaman dan sekitarnya bagi serangga membuat gerah yang akhirnya serangganya kabur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.