Perbanyakan Gelombang Cinta Dengan Tongkol dan Split

Bunga Gelombang Cinta – Spesies anthurium yang sempat menjadi idola beberapa tahun yang lalu salah satunya adalah “wave of love” atau “gelombang cinta”. Anthurium jenis ini sangat disukai, terutama karena bentuk permukaan daunnya yang bergelombang.

Semakin rapat dan terjal gelombangnya, maka semakin baik kualitas tanaman gelombang cinta tersebut, yang ujung-ujungnya dapat digunakan sebagai alat pendongkrak harga jual.

Perbanyakan anthurium gelombang cinta biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu:

1. Perbanyakan dengan pembibitan dari biji tongkol yang telah matang

Perlu diketahui bahwa anthurium gelombang cinta baru akan mulai mengeluarkan tongkolnya kurang lebih berumur satu tahun atau telah berdaun minimal lima belas buah sejak pertunasan dilakukan. Dengan adanya tongkol juga tidak langsung mendapatkan biji yang diinginkan.

Lakukan penyilangan agar antara serbuk sari dan putik menyatu. Pada pembungaan pertama biasanya masih sulit untuk berhasil namun pada pembungaan selanjutnya akan relatif berhasil. Perbanyakan jenis ini mayoritas digunakan oleh pembudidaya tanaman hias, khususnya jenis Anthurium.

2. Perbanyakan dengan cara split indukan

Split merupakan proses pemisahan daun beserta batang dan minimal satu mata ketiak daun yang akhirnya akan berfungsi sebagai munculnya tunas baru.

Metode ini tidak dapat dilakukan dengan cepat, selain karena jumlah batang daun yang terbatas juga karena tingkat keberhasilannya relatif rendah karena bakal tanaman pada saat ditanam mudah terkena inspeksi sehingga mudah busuk.

Dari kedua cara tersebut, tinggal dipilih sesuai kebutuhan. Jika menginginkan penambahan tanaman dengan jumlah besar, perbanyakan dengan biji hasil tongkol sangatlah cocok, namun kelemahanya yaitu: hasil tanaman yang didapat belum tentu sama dengan indukannya.

Jikamenginginkantanaman yang kualitasnyatinggi dan minimal sama denganindukannya, cara split paling cocokdigunakan.

Demikian tips kali ini, salam bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.