Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dengan Metode Aerob

Pupuk kompos merupakan pupuk yang terbuat dari sisa-sisa tumbuhan ataupun hewan dengan melalui bantuan pengurai mikroorganisme. Humus di hutan merupakan salah satu hasil pengomposan secara alami, prosesnya pun sangat lama.

Namun, kini pengomposan pupuk bisa dikerjakan dalam waktu 30 sampai 90 hari dengan teknologi sederhana, dan semua orang mampu mengerjakannya.

Pupuk kompos sangat baik sekali untuk tanah, karena berperan aktif menjaga unsur hara dalam tanah agar mudah dimanfaatkan untuk tanaman.

Unsur hara yang dibutuhkan tanaman terbagi menjadi 3 yaitu unsur hara makro rimer NPK (Nitrogen, Pospor, Kalium), unsur hara makro sekunder (belerang, kalsium, magnesium), dan yang ketiga unsur hara mikro (besi, tembaga, seng, clor, boron, mangan, molibdenum).

Jenis-jenis Pupuk Kompos

Jenis-jenis pupuk kompos disesuaikan dengan melihat tiga aspek yaitu proses pembuatan, dekomposer, dan bentuk.

Jenis pupuk kompos yang yang dilihat dari proses pembuatannya adalah pupuk kompos aerob dan anaerob, dilihat dari segi dekomposer jenis pupuk kompos disesuaikan dengan pemakaian mikroorganisme, sedangkan dilihat dari segi bentuk pupuk kompos ada yang berbentuk padat dan ada juga yang berbentuk cair.

Apa Itu Pupuk Kompos Aerob?

pupuk kompos organik

pixabay.com

Pupuk kompos aerob dibuat dengan memanfaatkan sisa tanaman, kotoran hewan, ataupun dicampur keduannya. Dalam pembuatannya dilakukan di alam terbuka dengan kondisi udara yang baik. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar 40 sampai 50 hari dan memerlukan ketelatenan untuk selalu mengontrol suhu dan kelembaban pada saat proses pengomposan.

Bahan baku yang baik dijadikan pupuk kompos aerob adalah yang memiliki perbandingan unsur karbon dan nitrogen yang rendah dibawah 30:1, dan kadar air 50% dengan pH 6-8. Bahan baku yang mengandung unsur tersebut seperti jerami, kotoran unggas, dan gedebog pisang.

Rekomendasi bacaan: Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sederhana

Cara Membuat Pupuk Kompos dengan Metode Aerob

Dalam membuat pupuk kompos aerob yang pertama dipersiapkan adalah bahan baku terlebih dahulu. Bahan baku utamanya bisa menggunakan jerami, kotoran unggas atau bahan yang mudah didapat yaitu gedebog pisang. Kita bisa membuat pupuk kompos dengan salah satu bahan tersebut atau bisa juga mencampur ketiga bahannya sekaligus.

Selain itu kita juga perlu menyiapkan perlengkapan lain yang dibutuhkan, antara lain.

  1. Persiapkan lahan seluas 10 meter persegi sebagai tempat proses pengomposan, buat saung ditempat pengomposan agar tidak terkena hujan.
  2. Buatlah bak kayu sebagai penampung bahan baku.

 

Cara membuat pupuk kompos

blogs.unpad.ac.id

Setelah semuanya telah disiapkan, ikuti langkah-langkah pembuatannya dibawah ini.

  1. Sebelum bahan baku dimasukan ke dalam bak kayu, cacah terlebih dahulu bahan baku seperti jerami atau gedebog pisang. Cacah dengan ukuran kecil agar mudah larut nantinya.
  2. Masukan bahan baku kedalam bak kayu, kemudian padatkan sehingga bak kayu terisi penuh.
  3. Siram bak yang terisi bahan baku agar tetap lembab.
  4. Masukan juga stater mikroorganisme, ini agar proses pembusukan menjadi lebih cepat pada tumpukan kompos.
  5. Naikan bak keatas dan tambahkan bahan lainnya, lakukan hal tersebut hingga ketinggian kompos 1,5 meter.
  6. Dalam waktu 24 jam suhu tumpukan kompos naik sekitar 650C , biarkan hingga 2 sampai 4 hari.
  7. Pada hari ke 4 turunkan suhu hingga 450 C sampai 600C dengan cara membolak balik kompos. Untuk cara membalikan kompos, yaitu dengan melepaskan bak kayu dari tumpukan kompos, Lalu masukan tumpukan kompos paling atas kedalam bak kayu kemudian aduk. Pastikan kompos terbalik semua. lakukan proses pembalikan ini 3 hari sekali sampai pengomposan selesai.
  8. Selanjutnya setelah pembalikan untuk menjaga kelembaban (40-50%) tambahkan air pada kompos dan tutuplah tumpukan kompos dengan plastik, untuk penguapan yang relatif tinggi.
  9. Jika suhu telah stabil, maka warna kompos akan berubah menjadi hitam kecoklatan dan volume menyusut hingga 50%. Maka proses pembalikan dihentikan.
  10. Selanjunya proses pematangan selama 14 hari, setelah pupuk jadi saringlah pupuk tersebut lalu kemas dalam karung dan simpan ditempat yang teduh.

Nah, begitulah cara membuat pupuk kompos sederhana dengan metode aerob. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa tulis testimoninya  di kolom komentar ya. 🙂

Leave a Reply