Begini Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Anggrek merupakan salah satu tanaman yang memerlukan ketelatenan, kesabaran dan kehati-hatian dalam menanamnya. Untuk menghasilkan tanaman anggrek yang baik maka harus diperhatikan sejak pemilihan bibit anggrek sampai pada perawatan tanaman hingga berbunga.

Bunga anggrek mempunyai sifat khas masing-masing sehingga cara menanam dan merawatnya pun harus disesuaikan (Baca: Jenis dan Ciri-ciri Bunga Anggrek). Berikut beberapa tips cara menanam dan merawat anggrek.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Secara umum, terdapat dua jenis cara menanam anggrek yaitu ditempel atau ditanam di dalam pot. Langkah-langkah menanam anggrek dirinci sebagai berikut:

Menanam Anggrek di Pot

cara menanam bunga anggrek di pot

Sumber gambar: miamieverydayphoto.blogspot.com

  • Pilih pot yang berbahan tanah liat atau plastik yang ukurannya sesuai dengan anggrek anda. Biasanya pot untuk anggrek mempunyai beberapa lubang/rongga di permukaannya. Lubang tersebut merupakan jalan air saat dilakukan penyiraman. perlu diperhatikan bahwa pot yang anda pilih adalah pot yang bersih dari lumut ataupun bakteri sehingga pertumbuhan anggrek tidak terganggu.
  • Siapkan tiang penyangga batang anggrek. Tiang berfungsi untuk menahan batang anggrek yang menjalar dan dapat membantu pemilik agar dapat membentuk tanaman anggrek sesuai keinginan. Gunakan tiang yang ukurannya sesuai dengan anggrek anda. Apabila dirasa perlu menggunakan kawat maka gunakan kawat yang tidak berkarat agar anggrek tumbuh secara optimal.
  • Siapkan media tanam yang sesuai, diantaranya adalah pecahan genting, pecahan batu bata, potongan sabut kelapa, arang kayu dan potongan pakis. Media tanam ini berfungsi untuk tempat menempelnya akar tanaman anggrek dan juga sebagai pengikat air.
  • Isi dasar pot dengan sedikit pasir lalu masukkan tiang penyangga hingga ke dasar pot. Apabila anda menggunakan pot plastik, masukkan pecahan genting atau pecahan batu bata sebagai pemberat dan penangkap air. Apabila anda menggunakan pot tanah liat, tidak perlu menambahkan pecahan batu bata tetapi cukup menambahkan potongan pakis atau potongan arang kayu setinggi pot.
  • Letakkan bibit tanaman anggrek diatas media tanam tersebut. Atur akar tanaman agar menyebar rata lalu ikat pada tiang penyangga.
  • Pastikan media tidak menutupi batang tanaman anggrek kecuali akarnya saja.
  • Siram pot sampai membasahi seluruh media. Gunakan air secukupnya.
  • Letakkan di tempat teduh.

Rekomendasi bacaan: Jenis Bunga Anggrek di Indonesia . Nutrisi Hidroponik

Menanam Anggrek dengan Menempel

Cara tanam bunga anggrek dengan menempel adalah cara tanam yang lebih mudah dan lebih sederhana karena tidak memerlukan media tambahan lagi selain bunga anggrek itu sendiri.

Anggrek memiliki batang yang tidak terlalu panjang sehingga cocok untuk ditanam dengan cara ditempel. Dengan cara tanam tempel ini anggrek akan terlihat indah dan cocok untuk dijadikan hiasan dinding rumah anda.

  • Ambil media tanam (sabut kelapa atau sebatang papan pakis). Tempel tanaman anggrek dan ikat dengan kawat atau plastik hingga melekat kuat pada media tanam,
  • Setelah tanaman anggrek sudah melekat kuat pada media tanam, lepas tali pengikatnya.
  • Anggrek siap dijadikan hiasan dinding rumah anda.

Baca juga: Nutrisi Hidroponik

cara merawat anggrek

Sumber gambar: makemeprettyagain.blogspot.co.id

Baca juga: Nutrisi Hidroponik

Cara Merawat Bunga Anggrek

Berikut tips merawat bunga anggrek:

  1. Tempatkan tanaman anggrek di area yang terkena sinar matahari yang cukup.
  2. Apabila anda ingin meletakkan tanaman anggrek di dalam ruangan, belilah lampu tanaman. Sehingga anggrek tidak kekurangan sinar. Penyinaran yang cukup dapat membuat anggrek tumbuh dengan baik.
  3. Jaga kelembaban tanaman anggrek. Siramlah tanaman dengan intensitas yang wajar dan gunakan air secukupnya.
  4. Gunakan pot ataupun media tanam yang sesuai dengan jenis anggrek yang anda tanam.
  5. Beri pupuk pada tanaman anggrek anda dengan pupuk khusus.

Rekomendasi bacaan: Nutrisi Hidroponik, bacaan bagus untuk kamu yang ingin belajar bercocok tanam dengan teknik hidroponik.

Faktor Penting dalam Menanam dan Merawat Anggrek

1. Suhu

Anggrek membutuhkan suhu sesuai dengan jenisnya. Misalnya, anggrek yang tumbuh pada suhu dingin membutuhkan suhu sekitar 12,78 derajat Celcius pada malam hari. Anggrek yang tumbuh pada suhu hangat membutuhkan suhu sekitar 18,33 derajat Celcius.

Sedangkan anggrek yang tumbuh pada suhu sedang membutuhkan suhu sekitar 15,56 derajat Celcius. Pada umumnya, anggrek membutuhkan suhu sekitar 18,33 – 23,89 derajat Celcius pada siang hari.

2. Cahaya

Pencahayaan yang cukup sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anggrek. Cahaya yang baik untuk anggrek adalah cahaya matahari secara tidak langsung karena apabila tanaman anggrek mendapat pencahayaan yang terlalu panas dapat membakar daunnya sehingga menjadi hitam dan tidak segar.

3. Air

Tanaman anggrek membutuhkan kelembaban yang cukup. Sehingga apabila anda merawat anggrek di rumah cukup lakukan penyiraman sekali atau dua kali dalam sepekan.

4. Pupuk

Gunakan pupuk yang khusus untuk tanaman anggrek. Perhatikan instruksi penggunaan pupuknya dengan benar. Dan pada pekan keempat hilangkan tumpukan pupuk yang tersisa di permukaan tanaman.

Kalau ingin membuat pupuk kompos sendiri bisa dibaca di artikel ini

Demikian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply