9 Tips ini Ampuh Menyembuhkan Mata Merah

Terdapat banyak macam penyakit yang dapat diderita oleh mata, diantaranya adalah mata merah atau iritasi mata. Mata merah dapat mengganggu penglihatan dan penampilan anda.

Tanda-tanda mata merah tidak dapat dianggap remeh karena kondisi mata yang memerah dapat menjadi gejala awal penyakit mata yang serius, ada yang dapat menular atau bahkan berakhir menjadi kebutaan.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan mata anda memerah, diantaranya adalah karena polusi, infeksi, alergi, dan disebabkan oleh adanya bakteri atau virus. Sangat tidak disarankan untuk menggosok mata terlalu sering saat mata terasa gatal sekalipun karena hal tersebut dapat membahayakan dan memperparah kondisi mata anda.

Banyak orang mengatasi mata merah ini dengan menggunakan obat tetes mata yang bersifat kimiawi, tetapi tahukah anda bahwa ada cara alami untuk mengatasi mata merah?

Berikut ini cara mengobati mata merah yang bisa anda lakukan tanpa bantuan dokter:

Pertama, Mengobati Mata Merah dengan Daun Sirih

Langkah yang dilakukan adalah mengambil beberapa daun sirih lalu cuci dengan air bersih. Rebus daun sirih tersebut dengan menambahkan sedikit garam dapur. Setelah mendidih, matikan api dan tunggulah rebusan daun sirih sampai dingin. Gunakan kain bersih untuk menyaring air rebusan sehingga didapat air sirih tanpa ampas.

Air hasil rebusan daun sirih tersebut dapat digunakan untuk mencuci mata merah dengan frekuensi tiga kali sehari, lakukan secara rutin dan hati-hati. Air sirih dapat membantu anda dalam menjaga kebersihan mata dan menjadikannya terasa kesat dan segar.

Perlu diperhatikan dalam melakukan tips pertama ini yaitu pastikan suhu air sudah tidak panas disaat anda akan membasuh mata dengan air rebusan daun sirih.

Kedua, Kompres Mata dengan Air Dingin

Air dingin dapat membantu dalam mengurangi rasa panas dan gatal pada mata. Air dingin juga dapat membantu untuk memperkecil pembengkakan mata. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkompres mata dengan air dingin seperti biasa. Mudah bukan? Dengan cara ini mata akan terasa lebih dingin dan jernih.

Rekomendasi bacaan: 19 Terapi Mata Minus Tanpa Operasi yang Layak Kamu Coba

Ketiga, Menggunakan Mentimun

Menempelkan potongan mentimun segar pada kedua kelopak mata dapat membuat sensasi segar pada mata anda. Hal itu dapat membantu untuk mengatasi iritasi mata.

Keempat, Menggunakan Kentang

Irisan kentang dapat membantu dalam menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Cara yang dilakukan adalah dengan menempelkan irisan kentang segar diatas kelopak mata. Dengan mendiamkannya beberapa saat maka mata anda akan terasa segar kembali.

Kelima, Menggunakan Madu dan Susu Hangat

Membasuh mata dengan madu dan susu hangat dapat meredakan gejala mata terbakar atau iritasi. Suhu hangat pada susu dapat membuat mata nyaman dan apabila dilakukan secara rutin maka campuran madu dan susu hangat ini dapat menyehatan mata anda sehingga sembuh dari iritasi.

Keenam, Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya adalah untuk mengobati mata merah dan mata terbakar. Campur sedikit jus lidah buaya dengan air dingin lalu gunakan untuk mencuci mata. Maka mata akan segera mendingin dan kembali segar.

terapi penyembuhan mata merah

500px.com

Ketujuh, Menggunakan Air Mawar

Air mawar dapat digunakan untuk membasuh mata yang merah atau gatal. Cara ini dapat dilakukan dua hingga tiga kali dalam sehari. Maka mata anda akan terasa dingin dan relaks.

Kedelapan, Mengatur Pencahayaan Dalam Ruangan dengan Lebih Tepat

Bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau terlalu terang dapat membuat mata anda lelah. Mata lelah adalah salah satu pemicu mata merah dan gatal. Maka mengatur ulang pencahayaan di dalam ruang kerja anda adalah hal sederhana yang dapat anda terapkan untuk menjaga kesehatan mata.

Kesembilan, Istirahatkan Mata dari Menatap Layar Komputer ataupun Handphone

Hal ini dapat membantu mata anda berelaksasi dan sejenak terbebas dari cahaya layar yang kemungkinan besar dapat membuat mata lelah.

Mata adalah karunia yang sangat berharga bagi kita, maka menjaganya adalah keharusan kita semua sebagai bentuk dari rasa syukur. Dari kesembilan tips mengatasi mata merah ini semoga anda kembali mendapatkan kesehatan dan semakin bersyukur.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.