Cara Mensterilkan Stek Menggunakan Betadine

Selain kita bisa mensterilkan stek menggunakan lilin, kita juga bisa menggunakan Betadine. Baik pada proses stek aglaonema ataupum anthurium. Prosesnya sangat sederhana, yaitu:

1). Siapkan tanaman yang akan distek, pastikan tanaman sehat dan kondisi tanaman disarankan yang telah cukup dewasa.

2). Lakukan pemotongan menggunakan pisau yang telah disterilkan dengan alkohol atau media steril lainnya. Hindari pemakaian pisau berkarat atau pisau dapur.

3) Siapkan Betadine, sebelum dioleskan kocoklah terlebih dahulu agar cairan merata (untuk jenis Betadine yang berbahan mudah mengendap), baru kemudian oleskan secara merata pada bekas permukaan potongan.

4). Tempatkan potongan di tempat teduh dan biarkan hingga Betadine mengering.

5). Tanam stek tersebut pada media tanam dan jangan langsung disiram. Untuk menghindari penguapan berlebih bisa gunakan kantung plastik bening untuk menyungkupnya.

6) Pada hari kedua (tergantung kondisi kelembaban daerah masing-masing), siram stek menggunakan air yang telah dicampur dengan fungisida dan bakterisida. Berikan secukupnya saja, karena jika kebanyakan Betadine yang menempel pada bekas potongan dapat terkikis terbawa air. Sebaiknya gunakan spray halus.

7) Jika proses stek berhasil, maka akan tumbuh bakal tunas yang biasanya juga dibarengi tumbuh akar. Kita bisa gunakan pupuk organik Super A1, hasilnya cukup bagus.

Berdasarkan pengamatan, Betadine mudah sekali larut oleh air maka untuk memastikan bahwa Betadine tidak terkikis pada saat penyiraman, untuk mengantisipasinya bisa juga gunakan lilin. Sehingga pada saat penyiraman tidak perlu terlalu hati-hati, normal-normal saja.

OK, selamat mencoba.

Leave a Reply