Sekilas Tentang Desa Penglipuran, Desa Wisata di Bali

Desa Penglipuran adalah sebuah desa yang menjadi ikon desa wisata di Bali. Objek ini adalah tujuan dari wisatawan domestik dan asing. Akses ke desa ini cukup mudah untuk berada di jalur utama dan Kintamani Bangli, sekitar 45 km dari Denpasar, tepatnya Kabupaten Bangli.

Pengembangan pariwisata pedesaan Penglipuran memang sangat tepat, karena memiliki budaya yang unik dan tradisi didukung oleh suasana yang indah, nyaman, dan lingkungan yang dingin kondusif karena di dataran tinggi, di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Memasuki desa batas wilayah ada Penglipuran disebut Catus Pata, di sini ada ruang terbuka seperti taman, balai desa sebagai tempat untuk menyambut tamu. Kendaraan tidak diizinkan untuk memasuki area perumahan, parkir telah disediakan khusus untuk pengunjung. Dengan membeli tiket seharga Rp 7.500 kita sudah bisa memasuki rumah adat daerah, sedangkan tiket untuk turis asing dipatok dengan harga dan Rp 50.000.

Di desa ini adalah satu-satunya rumah tradisional Bali yang dapat ditemukan, terorganisir dan sangat terawat dengan baik bahkan hingga saat ini. Di tengah laju modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, Desa Penglipuran masih mampu mempertahankan urutan warisan budaya nenek moyang mereka.

Rumah-rumah mereka dibuat persis sama dengan satu sama lain, bahan yang sama, seperti dinding, atau penyengker tanah dan juga atap bambu. Bambu tumbuh subur di sini dan disimpan untuk tujuan membuat rumah dan untuk pemakaman.

Namanya ‘Penglipuran’ berarti penghibur. Sesuai namanya desa ini memang cocok untuk tempat relaksasi dan istirahat, seperti waktu raja-raja kerajaan yang sengaja datang ke sini untuk istirahat karena suasanya tenang dan damai. Nama ini berasal dari Pengeling Pura Penglipuran yang berarti tempat suci untuk mengingat para leluhur.

Penghidupan masyarakat setempat adalah bertani, pada pagi hari kegiatan mereka di pertanian dan di sore hari mereka duduk depan rumah untuk berinteraksi dengan orang lain, sehingga hubungan sosial antara orang-orang terjaga dengan baik.

Leave a Reply