Mengenal Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya

Doa Setelah Sholat Dhuha – Sholat dhuha adalah sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Ada banyak sekali keutamaan yang bisa kita peroleh jika rutin menjalankan amal sunah ini.

Salah satunya sebagai pengganti sedekah tulang sendi, seperti yang disebutkan dalam hadis riwayat Muslim no. 1007. Sholat dhuha juga merupakan ibadah yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah Shallallahu ‘alaih wa sallam. Dan masih banyak lagi keutamaan sholat dhuha yang lainnya.

Sholat dhuha bisa dikerjakan beberapa saat setelah terbit matahari (kira-kira 15 menit setelah matahari terbit) hingga menjelang waktu Dhuhur.

Adapun waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat dhuha ketika matahari sudah mulai panas. Dalam hadis riwayat Muslim no. 748 diterangkan bahwa waktu mengerjakan sholat dhuha ketika anak unta sudah mulai beranjak dari tempatnya karena kepanasan.

Sebenarnya ada banyak sekali poin yang akan kita bahas mengenai sholat dhuha, akan tetapi kali ini kita coba membahas satu poin dulu tentang doa setelah sholat dhuha. Agar lebih mudah dipahami.

Setidaknya ada 2 doa setelah sholat dhuha yang masyhur dikalangan kaum muslimin. Kita boleh mengamalkan salah satunya ataupun keduanya.

Jika kita belum hafal doa yang berbahasa arab, kita juga boleh membaca doa dengan bahasa kita sendiri. Karena semua bahasa sejatinya Allah Subhanahu wa ta’ala sendiri yang mengajarkan kepada manusia. Akan tetapi jika berdoa menggunakan bahasa arab itu lebih baik.

Doa Setelah Sholat Dhuha #1

doa setelah melaksanakan sholat dhuha

egypttoday.com

Doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah melaksanakan sholat dhuha adalah sebagaimana yang diriwayatkan Aisyah Radhiyallahu ‘anha,

   عن عائشة رضي الله عنها قالت: صلَّى رسولُ الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الضحى، ثم قال: “اللهُمَّ اغْفِرْ لي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ   حتى قالها مائة مرة

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sholat dhuha kemudian membaca doa “Allahummaghfirli wa tub ‘alayya innaka antat tawwaburrahim” (Ya Allah, ampunilah aku, terimalah taubatku, karena sesungguhnya Engkau maha menerima taubat lagi Maha Penyayang), beliau membacanya hingga seratus (100) kali”. (HR. Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad No. 619; HR. Al-Nasa-i No. 9935).

Hadis ini dishahihkan oleh syekh Al-Albani.

Doa Setelah Sholat Dhuha #2

doa sesudah sholat dhuha

www.beliefnet.com

Selain membaca doa tersebut Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga membaca doa berikut selepas melaksanakan sholat dhuha,

   اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Untuk mempermudah pembelajaran bagi yang belum menguasai baca Alqur’an, berikut ini kami sertakan bacaan doa setelah sholat dhuha dalam bahasa Indonesia:

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ‘ishmatuka. Allaahuma inkaana rizqii fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’assaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’iidan fa qarribhu, bihaqqi duhaa-ika wa bahaa-ika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash shaalihiin.

Terjemahan doa tersebut adalah:

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang saleh.”

Leave a Reply