Beberapa Faktor yang Menyebabkan Turunnya Harga Anthurium

Akhir-akhir ini penjualan tanaman hias mengalami penurunan. Namun yang paling terkena dampaknya adalah tanaman hias jenis Anthurium. Tahun 2007, Anthurium masih di bandrol sangat mahal. Bahkan ada yang harganya hingga satu Milyar, fantastis sekali. Namun sejak tahun 2010 lalu, untuk jual dibawah sepuluh juta saja cukup sulit.

Beberapa faktor yang menyebabkan turunnya harga tanaman hias Anthurium:

1. Tingginya harga Anthurium merupakan efek dari pemberitaan yang sangat berlebihan

Hal tersebut menyebabkan terjadi persaingan untuk mengoleksi ataupun pembelanjaan untuk dijual lagi sehingga harga naik tanpa ada kontrol mekanisme pasar, karena berapapun harganya, banyak pembeli yang rela mengeluarkan uangnya karena stok Anthurium di pasaran sedikit, tentu saja dengan dasar pemikiran bahwa “Anthurium nilai prestisnya tinggi dan harga dapat naik dengan cepat”.

Saat terjadi penurunan secara drastis sebenarnya merupakan hukum pasar saja yaitu: ” Pada saat ini stok Anthurium di pasaran membanjir, hal ini terjadi karena tongkol Anthurium sekali panen bisa mencapai ribuan sedangkan minat masyarakat untuk membeli staknan atau malah turun. Tentu saja penjual menurunkan harga, agar tetap dapat bersaing dalam penjualan.”

2. Kualitas Anthurium saat ini dipasaran kurang baik

Hal ini terjadi karena Anthurium tersebut merupakan hasil dari perkembangbiakan pecinta Anthurium kagetan pada saat Anthurium sedang terkenal, yang akhirnya mempengaruhi kualitas bibit Anthurium. Jika dibandingkan dengan awal terkenalnya Anthurium, Anthurium dihasilkan oleh pecinta tanaman hias yang memang sudah berpengalaman.

3. Susahnya untuk mendapatkan corak baru, terutama dalam warna daun

Warna daun Anthurium masih didominasi hijau dan kuning. Jika telah ada warna daun Anthurium layaknya Aglaonema, kemungkinan besar akan mendongkrak harga lebih tinggi lagi.

4. Perlu perawatan yang cukup ektra agar Anthurium tetap menarik

Hal ini terjadi karena, tidak semua pecinta Anthurium otomatis tahu bagaimana merawat Anthurium yang baik. Sehingga pada saat perawatan salah dan akhirnya rusak atau mati, pembeli enggan untuk belanja Anthurium kembali.

Demikian, sedikit informasi tentang anthurium. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply