9 Jenis Burung Lovebird yang Ada di Dunia

Burung lovebird dikenal sebagai burung yang paling romantis dan penuh cinta. Karena lovebird biasanya selalu berdekatan dengan pasangannya dan terlihat saling mencintai. Dengan ciri khas yang unik tersebut, tentu orang yang melihat akan dengan mudah menyukai lovebird. Warna bulu yang menarik dan ukuran tubuh yang cenderung mungil, lucu, dan menggemaskan, menjadikan lovebird memiliki nilai lebih sebagai burung favorit.

Burung lovebird berasal dari Madagaskar dan Afrika. Burung lovebird lebih menyukai daerah kering dan termasuk burung kicau yang terkenal. Setiap kali bertelur, lovebird dapat menghasilkan 3 sampai 6 butir telur dengan waktu pengeraman sekitar 22 hari. Dengan reproduksi yang cukup produktif, lovebird mudah diternak. Terdapat beberapa spesies lovebird di dunia, diantaranya ada tiga spesies yang sudah umum dan mudah ditemukan di tempat penangkaran burung, yaitu Peachfaced (lovebird muka salem), Fischeri (lovebird kacamata), dan Masked (lovebird dakocan/topeng). Sedangkan spesies lainnya masih langka sehingga jarang ditemukan.

Berikut ini 9 jenis burung lovebird dari keluarga Agapornis yang umum ditemukan maupun yang masih langka.

1. Madagaskar Lovebird (Agapornis Cana)

madagaskar lovebird, jenis burung lovebird yang jarang ditemui di indonesia

Madagascar Lovebird Image by: flickrhivemind.net

Lovebird jenis ini masih banyak di Madagaskar dan sulit ditemukan di Indonesia. Berat tubuh Madagaskar Lovebird ini hanya sekitar 30 gram sehingga terlihat mungil. Warna tubuh bagian atas adalah hijau dan tubuh bagian bawah berwarna hijau muda. Burung jantan memiliki tanda warna abu-abu di bagian kepala hingga dadanya, sedangkan burung betina berwarna hijau muda.

2. Nyasa Lovebird (Agapornis Lilianae)

Nyasa Lovebird, jenis burung lovebird mungil dan lucu

Nyasa Lovebird Image by: carolinabirds.org

Ukuran panjang tubuh lovebird jenis ini sekitar 13 cm. Warna tubuhnya dominan hijau dengan kepala berwarna orange kemerahan. Terdapat lingkar putih pada matanya, paruh merah tua, dan kaki abu-abu. Daerah penyebarannya adalah di Mozambik, Tanzania, dan Malawi.

3. Masked Lovebird (Agapornis Personata)

Masked Lovebird, jenis burung lovebird muka topeng

Masked Lovebird Image by: kidszoo.org

Masked lovebird? Mungkin anda bertanya-tanya mengapa dinamakan lovebird muka topeng. Nama ini diberikan bukan tanpa alasan, tetapi karena di bagian kepala sampai lehernya berwarna hitam kecoklatan sehingga tampak sedang memakai topeng. Warna kakinya abu-abu dan ekornya hijau. Jenis ini banyak ditemukan di Tanzania.

4. Peach-faced Lovebird (Agapornis Roseicollis)

Peach-faced Lovebird, jenis burung lovebird imut dan lucu

Peach-faced atau muka salem adalah salah satu jenis lovebird yang banyak ditemui di penangkaran. Badannya berwarna hijau, sayap bawah berwarna biru, dahi dan belakang matanya berwarna merah, paruh kuning, serta kakinya abu-abu. Penyebarannya paling banyak di Afrika bagian barat daya.

Rekomendasi bacaan: 17 Jenis Udang Hias yang Bisa Mempercantik Aquascape

5. Fischeri Lovebird (Agapornis Fischeri)

Fischery Lovebird, jenis burung lovebird yang menggemaskan

Fischeri Lovebird Imag by: theonlinezoo.com

Lovebird jenis Fischeri ini menyebar di wilayah Tanzania. Tubuhnya berwarna hijau, bagian dada berwarna orange kemerahan, dan pada lingkaran matanya terdapat warna putih yang melingkar. Paruhnya berwarna merah.

6. Black-collared Lovebird (Agapornis Swindernia)

Black-collared Lovebird, jenis lovebird yang sudah langka

Black-collared Lovebird Image by: aulaagapornis.blogspot.com

Lovebird ini memiliki ciri khusus yaitu adanya lingkaran berwarna hitam pada lehernya sehingga tampak seperti kerah. Bulunya dominan hijau dengan bagian punggung berwarna biru. Kakinya kuning kehijauan dan paruhnya abu-abu kehitaman. Black-collared Lovebird terkenal masih sulit ditangkar. Penyebarannya di Afrika Barat dan Afrika Tengah.

7. Redfaced Lovebird (Agapornis Pullaria)

Red Face Loebird, jenis burung lovebird asal afrika

Red Face Loebird Image by: travelnewsnamibia.com

Sesuai dengan namanya, lovebird jenis ini memiliki khas muka dan dahinya yang berwarna merah. Tetapi pada burung betina mukanya berwarna orange atau merah muda. Redfaced betina mempunyai bulu hijau di bawah sayapnya sedangkan bulu di bawah sayap redfaced jantan berwarna hitam. Badannya berwarna hijau dan kakinya abu-abu. Seperti jenis Black-collared, jenis Redfaced ini juga masih sulit ditangkar. Penyebaran burung ini di Afrika Barat dan Tengah.

8. Black-cheeked Lovebird (Agapornis Nigrigenis)

Black-cheked Lovebird, jenis lovebird berkaki abu-abu

Black-cheked Lovebird Image by: nejohnston.org

Black-cheeked banyak terdapat di Zambia dan Zimbabwe. Bagian pipinya berwarna hitam sedangkan badannya berwarna hijau dan bulu di dahinya berwarna coklat kemerahan. Lingkar matanya berwarna putih, paruh atasnya terdapat bercak hitam, ekornya hijau dan kakinya abu-abu.

9. Abyssinian Lovebird (Agapornis Taranta)

Abyssinian Lovebird, jenis lovebird dengan warna dominan hijau

Abyssinian Lovebird Image by: lietzow-naturfotografie.de

Ciri fisik yang khas dari jenis Abyssinian ini adalah warna sayapnya hitam, terdapat lingkar merah pada bagian muka burung jantan sedangkan yang betina mempunyai lingkar hijau. Abyssinian Lovebird menyebar di daratan Eropa.

Demikian artikel 9 jenis burung lovebird dari keluarga Agapornis. Semoga informasi ini bermanfaat.

Oh iya, sebelum kita akhiri pembahasan tentang burung lovebird, ada baiknya mendengarkan merdunya kicau burung lovebird yang satu ini.

Leave a Reply