Jenis-jenis Aglaonema Thailand

Bagi sebagin orang mungkin sangat sulit membedakan berbagai jenis aglaonema, karena memang ada banyak sekali jenisnya. Tapi bagi penghobis tanaman aglaonema sudah hal biasa jika bisa membedakan jenis-jenisnya. Baiklah, kali ini kita akan membahas jenis-jenis aglaonema thailand.

1. Aglaonema Legacy

jenis aglaonema thailand legacy

kaskus.co.id

Aglaonema legacy merupakan varian sangat berkualitas dari thailand, varian ini banyak kelebihan yang diantaranya: mudah bertunas, kondisi batang hingga daun sangat kokoh, merupakan jenis aglaonema yang berakar banyak, warna daun yang berbentuk pola batik, permukaan daun bergelombang sehingga terlihat kekekarannya dan kondisi stang daun rose set.

Perawatan aglaonema legacy cukup mudah, yaitu cukup diberi penyiraman secara teratur yang disesuaikan dengan kondisi cuaca, jika cuaca panas, penyiraman bisa tiap hari namun jika kondisi hujan, tidak perlu dilakukan penyiraman. Aglaonema legacy cukup kuat jika terkena air hujan.

Harga aglaonema legacy saat ini cukup terjangkau sebab kondisi stok di pasaran cukup banyak. Banyaknya stok karena kemampuan aglaonema legacy untuk mengeluarkan anakan mudah sehingga kondisi stok semakin banyak.

2. Aglaonema Happiness, Aglaonema Mungil yang Cantik

jenis aglaonema thailand happiness

aglaonemaplant.blogspot.com

Sekilas aglaonema happiness nampak seperti aglaonema Legacy namun jika diperhatikan dengan cermat, kedua aglaonema tersebut tidaklah sama.

Aglaonema Happiness bentuk pohonnya relatif kecil dibandingkan dengan aglaonema Legacy. Selain itu bentuk daun aglaonema Legacy menggelombang sedangkan aglaonema Happiness lurus. Corak warna daun aglaonema happiness lebih didominasi warna bintik-bintik merah tajam sedangkan aglaonema Legacy cenderung didominasi warna kekuningan membentuk batikan merata.

Aglaonema Happiness tahan terhadap serangan penyakit, oleh karena itu walaupun terkesan mungil namun tetap banyak peminatnya. Aglaonema Happiness dijual di pasaran relatif murah, tidak lebih dari lima puluh ribu. Namun biasanya stock di pedagang tidaklah banyak sehingga terkadang sulit mendapatkannya.

3. Aglaonema Dud Unyamani Merah

jenis aglaonema thailand dud unyamani merah

aglaonema thailand happiness

 

Aglaonema dud unyamani merupakan aglaonema terlaris dari warian warna merah. Kelebihan aglaonema dud unyamani diantaranya adalah mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga sangat cocok bagi hobis pemula, warna daun merah terang sehingga terlihat seperti bunga plastik, bentuk stang rose set dan mudah dilakukan stek pucuk.

Namun dari beberapa kelebihan tersebut terdapat kekurangan dari aglaonema dud unyamani diantaranya yaitu: sulit mengeluarkan anakan, jumlah akar tergolong sedang dan kondisi daun tidak terlalu kokoh. Harga aglaonema dud unyamani relatif stabil karena perbanyakan aglaonema dud unyamani lebih banyak dilakukan dari stek dibandingkan dari hasil anakan.

4. Aglaonema Dud Unyamani Putih

jenis aglaonema dud unyamani putih

www.tokopedia.com

Aglaonema dud unyamani putih tergolong aglaonema terbaru dari thailand. Aglaonema dud unyamani putih mempunyai kelebihan pada daunnya yang berwarna hijau dan putih terang serta bentuk daun bulat melebar. Selain itu, susunan daunnya membentuk kekompakan mengelilingi batang.

Aglaonema dud unyamani saat ini masih dihargai hingga ratusan ribu, beda dengan aglaonema dud unyamani merah yang sudah terjangkau sekitar lima puluh ribu per pohonnya. Aglaonema dud unyamani putih mempunyai kekurangan pada bagian daunnya yaitu: jika kondisi lingkungannya sirkulasi udaranya buruk atau kondisi cuaca tidak stabil maka permukaan daunnya mudah terkena virus/ jamur. Awalnya hanya berupa titik kuning kemudian lama kelamaan bertambah meluas hingga kondisi permukaan daun mengering.

Walaupun begitu, penyebaran virus/ jamur tergolong lambat, sehingga pada saat ditemukan kondisi cacat karena virus/ jamur maka segera semprotkan Fungisida dan bakterisida untuk mematikan virus/ jamur yang menempel pada daun aglaonema dud unyamani putih tersebut.

Aglaonema dud unyamani tergolong lambat untuk mengeluarkan tunas. Biasanya para penghobis menggunakan metode stek batang untuk melakukan perbanyakan, karena tingkat keberhasilannya cukup tinggi. Karena lambatnya perbanyakan tersebut maka harga aglaonema dud unyamani relatif stabil.

5. Aglaonema Siam Pearl

jenis aglaonema thailand siam pearl

aglaonemaonline.wordpress.com

Aglaonema Siam Pearl merupakan aglaonema jenis hibrid Thailand yang kelasnya tidak terlalu tinggi namun sangat menawan dilihat. Aglaonema Siam Pearl daunnya berwarna hijau kekuningan yang terlihat merona. Dengan tebaran warna hijau kekuning-kuningan yang terlihat merona, apalagi penempatannya pada daerah yang cukup cahaya dan bersuhu hangat maka corak batik warna kekuningan lebih mudah terlihat.

Sepintas, aglaonema siam pearl terlihat mirip dengan aglaonema Butterfly. Namun aglaonema butterfly corak warna daunnya terdiri dari warna hijau, putih dan merah.

Penampilan aglaonema siam pearl cukup menarik karena selain warna daun yang indah, posisi stang daun kompak dan tidak terlalu panjang sehingga posisi daun memutar kesekeliling batang.

Perawatan aglaonema siam pearl tidak terlalu sulit karena tanaman hias ini cukup tahan terhadap virus yang biasanya penyakit yang paling ditakuti oleh penghobis tanaman hias.

6. Aglaonema Megawati, Aglaonema Berdaun Merah

jenis aglaonema thailand megawati

aglaonemaonline.wordpress.com

Aglaonema Megawati merupakan Hibrid terbaru dari keturunan aglaonema Chochin. Aglaonema Megawati mempunyai keistimewaan dibandingkan dengan aglaonema chochin karena aglaonema Megawati mempunyai stang daun yang pendek dan posisinya rose set.

Selain itu, daun yang pada saat mudah berwarna hijau keputih-putihan lama-kelamaan berubah menjadi warna merah terang hingga keseluruh permukaan daun. Jika ada warna hijau, biasanya hanya terdapat pada tepi daun membentuk lipstik.

Aglaonema Megawati lebih tahan terhadap virus yang biasanya menyerang pada stang daun aglaonema chochin. Virus jika dibiarkan maka kondisi daun akan membusuk. dan karena banyak keunggulannya tersebut maka aglaonema megawati harganya jauh lebih mahal dibandingkan aglaonema chochin.

Awal dinamainya aglaonema Megawati hingga saat ini kurang jelas asal usulnya. Namun diperkirakan masih berhubungan dengan Ibu Megawati yang hingga saat ini memimpin salah satu partai di Indonesia yang partai tersebut identik dengan warna merah.

Aglaonema Megawati keberadaannya masih sedikit, saat ini masih merupakan koleksi penghobis aglaonema yang biasanya dibeli dari Importir langsung. Biasanya pedagang ditepian jalan baru tersedia jenis aglaonema chochin itupun jumlahnya terbatas.

One Response

  1. Angie Januari 23, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.