15 Khasiat Susu Kedelai Ini Wajib Kamu Ketahui

Manfaat Susu Kedelai – Susu kedelai sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai minuman yang menggunakan bahan alami dan aman untuk dikonsumsi.

Selain disajikan dengan rasa asli (original), susu kedelai juga disajikan dalam beberapa varian rasa seperti strawberry, coklat, green tea dan lain sebagainya.

Susu kedelai merupakan salah satu sumber protein yang baik dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi karena mengandung lebih sedikit lemak dan bebas kolesterol.

Kandungan yang terdapat dalam susu kedelai yaitu asam amino esensial, vitamin, kolin, fitonutrien, mineral, dan mangan yang dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang. Susu kedelai mempunyai rasa yang enak, tidak berbau amis, dan memiliki manfaat yang banyak.

Berikut 15 khasiat susu kedelai untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Susu sapi mengandung lemak jenuh yang tinggi, tetapi pada susu kedelai terkandung lebih banyak lemak tak jenuh dan non-kolesterol. Lemak tak jenuh yang terdapat dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah.

2. Menurunkan Berat Badan

Jumlah kalori yang terkandung pada susu kedelai jauh lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Secangkir susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula, sedangkan susu kedelai memiliki sekitar 7 gram gula. Meminum susu kedelai akan memberikan efek dalam waktu lebih lama.

Selain susu kedelai, kamu juga bisa menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gelatin. Tapi kamu juga harus selektif memilih gelatinnya, pilihlah gelatin halal agar makanan yang kamu konsumsi juga halal.

3. Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai kaya akan phytoestrogen yaitu hormon tanaman yang menghambat produksi hormon testosteron pria. Kadar testosteron yang berkurang tersebut dapat mengurangi peluang atau resiko kanker prostat.

4. Menopause Lebih Nyaman

Wanita pada masa menopause akan lebih rentan terhadap masalah kesehatan, antra lain penyakit jantung, dabetes, obesitas, serta gangguan psikologis (depresi, mudah marah, dll).

Hal tersebut terjadi akibat produksi hormon estrogen menurun drastis. Phytoestrogen yang terkandung pada kedelai dapat menggantikan estrogen sehingga wanita menopause lebih nyaman dan sehat.

5. Mencegah Osteoporosis

Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan Kalsium oleh tubuh serta mencegah hilangnya massa tulang.

susu kedelai bermanfaat mencegah osteoporosis

www.crosswalk.com

6. Sumber Protein

Seperti manfaat yang dapat dirasakan apabila kita mengkonsumsi susu sapi, susu kedelai juga merupakan sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh.

7. Tidak Mengandung Laktosa

Ada beberapa konsumen yang intoleransi atau tidak dapat mengkonsumsi laktosa, maka susu kedelai dapat dijadikan alternatif untuk memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh.

8. Alternatif Bagi Bayi yang Mengalami Galaktosemia

Galaktosemia adalah kelainan yang terjadi karena tingginya kadar galaktosa dalam darah. Bayi yang mengalami galaktosemia ini ditandai dengan kondisi bayi yang tidak toleran pada susu, diare, kejang perut, dan kembung.

9. Susu Kedelai Baik untuk Jantung

Kandungan lemak jenuh yang sangat sedikit pada susu kedelai sangat aman untuk jantung. Kandungan lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) serta meningkatkan resiko jantung.

Rekomendasi bacaan: 7 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

10. Mencegah Diabetes Mellitus

Susu kedelai mengandung asam amino glisin dan asam amino arginin mampu menjaga keseimbangan hormon insulin. Diabetes Melitus terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin. Selain itu, protein nabati pada kedelai mudah diterima oleh ginjal daripada protein hewani.

11. Minuman untuk Penderita Autisme

Penderita autisme sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung Kasein (protein susu) dan Glutein (protein tepung) karena akan sulit dicerna dan dapat mengganggu fungsi otak.

Susu kedelai mengandung protein nabati yang dapat dijadikan asupan protein yang aman bagi penderita autisme.

susu kedelai bermanfaat untuk penderita autisme

psicologaparapais.com.br

12. Minuman untuk Vegetarian

Sebagai sumber protein nabati, susu kedelai dapat dijadikan minuman yang dapat dikonsumsi oleh vegetarian.

13. Mencegah Migrain

Susu kedelai merupakan sumber vitamin B kompleks (kecuali B12), mineral terutama Kalium, asam amino terutama Lisin. Dengan kandungan yang terdapat pada susu kedelai tersebut dapat mencegah terjadinya migrain.

14. Minuman Anti Kanker

Susu kedelai adalah salah satu minuman anti-oksidan yang dapat mengatasi pemicu kanker. Kandungan Selenium, vitamin E, dan Genistein secara sinergis dapat mencegah kanker.

15. Mencegah Penuaan Dini (Anti-Aging)

Susu kedelai sebagai salah satu minuman anti-oksidan selain menjadi pencegah kanker juga dapat mencegah penuaan dini.

Demikian 15 khasiat susu kedelai bagi kesehatan. Apakah anda ingin merasakan khasiatnya?

Baiklah, selamat mencoba!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.