Khasiat Sirih Kalimantan Untuk Kesehatan

Sirih Kalimantan – Tanaman Sirih sudah terkenal dengan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti jantung koroner, diabetes militus (kencing manis), kanker, lever, radang pada mata dan keputihan. Baik itu dari sirih merah ataupun hitam.

Namun ada juga jenis sirih lainnya yang juga memiliki khasiat serupa, yaitu Sirih Merah Kalimantan. Tanaman ini memiliki kandungan kimia seperti flavonoid, alkaloid, senyawa planolod, tanin dan minyak atsiri.

Sesuai dengan namanya (Kalimantan), tanaman ini memang berasal dari Kalimantan. Dengan embel-embel Kalimantan, maka sekaligus menjadi pembeda dengan sirih yang sudah kita kenal sebelumnya. Dikarenakan diantara keduanya memang ada kemiripan, bukan hanya dari nama tapi juga karakteristiknya.

Karakteristik Sirih Merah bentuk dan warna daun Sirih Merah kalimantan hampir sama dengan Sirih Merah biasa yaitu agak oval dan berwarna hijau. Yang membedakan adalah pada urat atau serat daunnya. Serat daun Sirih Merah kalimantan berwarna agak kemerahan, begitu juga dengan batangnya berwarna merah.

Pertumbuhan Sirih Merah secara merambat, karena itu perlu ditancapkan sebatang kayu berdiameter kecil sebagai media rambatnya. Media tanam Sirih Merah Kalimantan sedikit berbeda dengan tanaman pada umumnya. Hal ini menyesuaikan dengan habitat aslinya. Dan kebetulan di kalimantan sana, Sirih Merah hidup pada tanah moss seperti yang banyak digunakan pada tanaman nepenthes.

Tanaman moss adalah media yang mirip dengan lumut halus berwarna kehijauan. Konon media ini mampu menjaga kelembaban alias selalu basah. Selain itu, tanaman ini menyukai tempat yang teduh. Di habitatnya, Sirih Merah ini banyak ditemukan dibawah pepohonan yang rindang.

Leave a Reply