7 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Rosella – Pengobatan herbal masih menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Alasannya? Ya, selain lebih ekonomis dan dipercaya lebih aman karena menggunakan bahan-bahan alami.

Pengobatan herbal merupakan warisan dari nenek moyang yang dapat menyembuhkan maupun mencegah terjadinya berbagai penyakit sejak zaman dulu. Maka tidak heran walaupun dunia kesehatan semakin canggih dan mengalami banyak kemajuan, sebagian masyarakat tetap menjadikan pengobatan herbal sebagai pilihan.

Tanaman rosella berasal dari benua Afrika dan merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan bahan pengobatan herbal. Mulai dari daun, bunga, kelopak, dan buahnya mengandung banyak zat kaya manfaat, yaitu vitamin (D, B1, B2, C, A), zat besi, beta carroten, asam esensial, magnesium, riboflavin, omega 3, dan masih banyak lagi.

Rosella dapat mengatasi batuk, batu ginjal, penyakit kanker, hipertensi, penyakit kulit, diabetes, asam urat, dan sariawan.

Bunga rosella dengan nama latin Hibbicus Sabdarifa memiliki sekitar 8-11 kelopak berwarna merah. Bunga rosella dapat dijadikan teh, salad, puding, maupun sirup.

Kandungan arginin pada bunga rosella dapat meremajakan sel dan kandungan antosianin dapat mencegah kerusakan sel dari bahaya sinar UV yang berlebihan. Selain itu, berikut manfaat bunga rosella untuk kesehatan.

1. Obat Sariawan

manfaat bunga rosella untuk sariawan

www.doctorwellgood.com

Bunga rosella mengandung vitamin C yang ampuh mengatasi sariawan. Caranya adalah dengan rutin berkumur dengan teh bunga rosella sampai sariawan sembuh.

2. Mencegah Kanker

manfaat bunga rosella untuk mencegah kanker

500px.com

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi menjadikan bunga rosella sebagai pencegah kanker. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Taiwan membuktikan bahwa rosella dapat menghambat bahkan mematikan pergerakan kanker dengan dosis normal 4 mg/ml.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan meminum teh bunga rosella secara rutin.

3. Obat Diabetes

manfaat bunga rosella untuk diabetes

www.b4uage.com

Diabetes sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mencegah terjadinya diabetes. Lalu, bagaimana kalau sudah terlanjur mengalami diabetes?

Selain dengan melakukan tindakan medis lainnya, bunga rosella dapat dijadikan solusi. Dengan merebus bunga rosella yang sudah dibersihkan kemudian meminumnya 2 kali sehari, diabetes dapat diatasi.

4. Mencegah Osteoporosis

manfaat bunga rosella untuk osteoporosis

www.albanydailystar.com

Osteoporosis adalah pengeroposan pada tulang. Tentunya hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan karena tulang tidak mampu menopang tubuh dengan baik. Agar tulang tetap sehat, minumlah teh bunga rosella secara rutin.

Kandungan vitamin D, zat besi, kalsium serta kalium sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Bahkan, zat besi yang terkandung dalam bunga rosella mencapai 8,89 mg/ 100 gram-nya.

5. Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit

manfaat bunga rosella untuk mengencangkan kulit

www.tbo.com

Untuk memiliki kulit cerah dan kencang diperlukan berbagai mineral yang cukup bagi kulit. Bunga rosella yang kaya mineral dapat dijadikan pilihan sebagai solusi permasalahan kulit anda. Caranya?

Cukup buat teh bunga rosella kemudian minum secara rutin. Apabila diminum secara teratur, kulit akan merasakan manfaatnya dan menjadi cerah serta kencang.

6. Anti-hipertensi

manfaat bunga rosella terhadap tekanan darah tinggi

350sav.fotomaps.ru

Bunga rosella yang bersifat hipotensif atau dapat dijadikan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Peneliti Iran telah melakukan pengujian terhadap 54 orang penderita hipertensi dan diberikan secangkir teh rosella.

Setelah 12 hari mengkonsumsi teh rosella, tekanan darah mereka menurun secara signifikan.

7. Melindungi Tubuh dari Penyakit Degeneratif

manfaat bunga rosella untuk penyakit degeneratif

www.huffingtonpost.com

Rosella mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah penyakit yang mengiringi proses penuaan. Penyakit ini terjadi seiring bertambahnya usia.

Ada sekitar 50 penyakit degeneratif, diantaranya penyakit jantung, diabetes, stroke dan osteoporosis. Dengan rutin mengkonsumsi ekstrak bunga rosella, bisa mencegah penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dll.

Dari ketujuh manfaat bunga rosella untuk kesehatan, mana yang sesuai dengan kebutuhan anda?

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply