Memilih Website Gratis Atau Berbayar

Sebagai pebisnis di jaman sekarang, kehadiran website untuk keperluan bisnis menjadi hal yang wajib. Bahkan lebih wajib daripada toko fisik atau kantor fisik. Saat ingin membuat website, kamu mungkin dihadapkan pada pilihan membuat website gratis atau berbayar.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami untuk menentukan hal tersebut. Daripada bingung, yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui apakah kamu perlu membuat website yang seperti apa.

Bisnismu masih baru atau sudah lama?

Ada perbedaan penting mengenai kemapanan bisnis. Untuk bisnis yang baru dibangun sebaiknya menggunakan website yang gratis lebih dulu. Setidaknya untuk mengetes pasar, mencoba memperkenalkan produk, dan sebagainya. Kecuali jika kamu memiliki modal yang cukup besar, boleh saja mencoba memakai website yang berbayar

Ukur ketersediaan budget untuk marketing online

Website umumnya digunakan untuk keperluan marketing online atau digital marketing. Nah, biaya pembuatan website akan dimasukkan ke anggaran tersebut. Oleh karena itu pastikan budget untuk pembuatan website sudah dianggarkan dengan cukup. Kalau anggaran itu belum ada, kamu bisa mencoba membuat website gratis dulu. Karena kualitasnya gak kalah dengan website berbayar.

Seberapa kompleks bisnismu

Pertimbangan selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah kompleksitas bisnismu.

Jika bisnismu termasuk yang simpel. Misalnya hanya menawarkan satu jenis produk atau layanan saja maka website gratis sepertinya sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Tapi jika bisnismu cukup kompleks, maka kamu perlu memakai website berbayar. Karena biasanya website yang gratis hanya terdiri dari 3 halaman saja.

Waktu dan tenaga

Selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah waktu dan tenaga. Untuk membuat website tentu kamu harus meluangkan waktu untuk itu dan juga orang yang memang bertugas untuk mengerjakannya.

Tidak mesti orang yang paham coding, sebab provider website seperti Sitebeat sudah menyediakan platform yang non coding sehingga bisa dikerjakan oleh orang yang awam coding sekalipun.

Namun begitu, kamu harus memastikan ada person in charge untuk menangani pembuatan website tersebut.

Jika kamu punya cukup waktu dan tenaga, kamu bisa pakai website gratis. Tapi jika kamu tidak punya cukup waktu atau tidak ada person in charge yang bisa kamu andalkan, kamu bisa memakai jasa pembuatan website berbayar.

Dengan jasa tersebut, kamu akan dibantu oleh tim yang sudah berpengalaman untuk membuat website. Jadi kamu tinggal order sesuai kebutuhan dan website bisnismu bisa langsung dipakai.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat ingin memilih membuat website gratis atau berbayar.

Secara umum, perbedaan dari kedua hal itu ada pada beberapa aspek seperti person in charge yang mengerjakannya. Jika memakai website yang gratis, kamu harus siap mengerjakan semuanya sendiri.

Sedangkan jika memakai website berbayar, kamu bisa memakai jasa dari tim pembuatan website seperti Sitebeat. Meskipun kamu harus membayar lebih, tapi hasilnya bisa lebih memuaskan. Tapi jika kamu tidak punya biaya yang cukup sedangkan kamu merasa punya waktu untuk mengerjakannya, kamu bisa memakai platform gratis dari Sitebeat untuk pembuatan websitemu.

Jangan kuatir jika memakai website gratis, websitemu akan tetap terlihat profesional kok. Karena fitur-fitur dan template yang disuguhkan sudah profesional dan layak pakai.

Setelah membaca ulasan di atas, kamu sudah punya keputusan, belum? Apakah akan membuat website yang gratis atau berbayar. Keputusan ada di tanganmu. Apapun untuk pemilihan jasa dan platformnya, kamu bisa menggunakan Sitebeat. Karena Sitebeat adalah layanan pembuatan website profesional dan menawarkan berbagai pilihan untuk website gratis ataupun berbayar. Sehingga kamu gak perlu bingung mencari ke sana kemari. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.